TutorialTips dan Trick

Cara Nonton TV Digital Tanpa STB (Set Top Box)

×

Cara Nonton TV Digital Tanpa STB (Set Top Box)

Sebarkan artikel ini
Nonton TV Digital
Nonton TV Digital

Cara Nonton TV Digital Tanpa STB, Televisi merupakan media informasi sekaligus media hiburan yang paling merakyat, tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan sarana yang satu ini seakan begitu vital bagi masyarakat kita.

Sesuai dengan perkembangan jaman pemerintah berusaha meningkatkan kualitas akan siaran televisi, maka pada Rabu, 02 November 2022 lalu pemerintah secara resmi memberlakukan program Analog Switch Off (ASO) yaitu pemberhentian siaran tv analog dan mengantinya dengan siaran tv digital. Setelah lebih dari 60 tahun tv analog beroprasi.

Cara Nonton TV Digital Tanpa STB

Nonton TV Digital

Sebagaimana diketahui STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara sehingga bisa ditangkap di TV analog biasa. Namun yang ramai diperpincangkan saat ini ialah harga STB (Set Top Box) TV digital yang meroket naik dan itu menjadi sumber masalah baru bagi sebagian masrakat.

Meski begitu, ada perangkat TV yang sudah bisa menangkap siaran digital tanpa pakai STB. Dengan kata lain anda bisa menonton TV digital tanpa STB jika perangkat TV anda sudah bisa menangkap siaran TV digital.

Cara Cek TV Digital dan Analog

Untuk yang masih bingung apakah TV anda digital atau analog, Berikut cara lengkap mengecek apakah TV sudah digital atau belum?

Cek Saluran Digital

Langkah yang pertama adalah mengecek saluran digital pada televisi anda, Anda dapat dengan  mudah untuk mengetahui TV anda sudah digital atau masih analog adalah dengan mengeceknya. Dengan cara cari atau search channel pada televisi anda, Jika muncul pilihan DTV atau channel digital, berarti televisi Anda sudah bisa terima siaran TV digital. Kalau tidak ada sama sekali, sudah dipastikan bahawa TV anda masih analog karena televisi Anda tidak dapat menangkap channel TV digital.

Cek Spesifikasi TV Anda

Cara ini bisa langsung anda cari di internet atau di halaman resmi merek TV anda, tentang spesifikasi TV yang anda miliki, dengan memasukkan nomor model televisi Anda. mudah bukan?

Cek Fitur HDTV

Untuk mengecek fitur HDTV ini biasanya bisa terlihat pada badan TV. Pada TV yang sudah mendukung siaran digital, akan terdapat label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan sejenisnya, Jika Anda tidak bisa menemukan salah satu dari label tersebut, maka dipastikan TV anda belum bisa mengakses sinyal digital.

Cara Nonton TV Digital Menggunakan STB Pada TV Analog

Jika sudah bisa dipastikan TV anda masih analog bukan berarti anda tidak menonton siaran TV digital,  Anda hanya perlu menyiapkan STB untuk TV analog anda. Dengan memiliki STB kamu pasti akan bisa menikmati tontonan yang jernih.

Karena dengan adanya set top box akan berguna untuk konversi sinyal digital ke dalam TV analog dengan bentuk gambar dan juga suara. Untuk anda yang belum mengetahui beberapa hal mengenai pemindahan ataupun pemasangan Set Top Box pada perangkat anda. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan :

  1. Langkah pertama anda bisa menyiapkan Set Top Box dengan kode DVB-T
  2. Anda bisa memastikan beberapa hal seperti menyabut kabel dan matikan televisi yang kamu miliki.
  3. Anda perlu menyambungkan antena ke port dengan tulisan ANT IN yang tepat berada di punggung set top box.
  4. Sambungkan HDMI dari port di STB yang berada di analog.
  5. Jika TV anda belum mendukung fitur HDMI maka bisa anda sambungkan kabel AV yang biasanya berwarna kuning, merah dan putih.
  6. Kemudian hidupkan TV dan STB selanjutnya anda bisa ubah TV ke mode AV.
  7. Jika sudah muncul STB anda bisa pilih opsi pencarian saluran.
  8. Jika sudah selesai anda bisa pilih simpan.
  9. Sekarang anda sudah bisa langsung menikmati siaran TV digital melalui TV analog anda.