Desain

7 Situs Belajar Desain Grafis Secara Online untuk Pemula

×

7 Situs Belajar Desain Grafis Secara Online untuk Pemula

Sebarkan artikel ini
situs belajar desain grafis
situs belajar desain grafis

Jika ingin belajar mendesain sendiri secara online, Anda dapat memanfaatkan berbagai situs belajar desain grafis sebagai media pembelajaran. Berkat kemudahan teknologi, Anda kini tidak harus kuliah jurusan DKV dahulu untuk bisa belajar desain secara otodidak.

Pada dasarnya, desain grafis ialah sebuah bentuk seni komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasinya. Selama memiliki basic skill serta kemauan yang tinggi, belajar mendesain grafis sendiri secara online bukanlah hal yang tidak mungkin.

Sebab sebenarnya, bidang ini merupakan salah satu ilmu yang bisa dipelajari baik melalui pendidikan formal maupun nonformal. Jadi, jika tertarik dengan bidang satu ini, Anda dapat mempelajarinya secara otodidak melalui berbagai media, seperti buku hingga internet.

Apalagi dengan berbagai aplikasi serta platform online untuk belajar mendesain, siapapun kini dapat mengakses ilmunya. Meskipun beberapa di antaranya ada yang berbayar, namun ada juga yang pembelajarannya dapat diakses secara gratis alias cuma-cuma.

7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Grafis Secara Online untuk Para Pemula

situs belajar desain grafis
situs belajar desain grafis

Saat ini, sudah ada banyak sekali sumber untuk mempelajar desain grafis melalui internet. Jika Anda adalah seorang pemula, 7 rekomendasi pilihan situs untuk belajar desain grafis secara online ini sangat layak untuk dicoba.

  1. Canva Design School

Hampir semua desainer tentu pernah mendengar atau bahkan menggunakan situs belajar desain grafis satu ini. Selain menyediakan platform mendesain, Canva juga menyediakan Canva Design School untuk membantu Anda belajar dasar-dasar desain grafis melalui kursus singkat.

Dengan total 12 belas materi singkat tentang elemen dasar mendesain grafis sekaligus cara praktiknya, situs ini sangat cocok untuk pemula. Contoh pengetahuan yang diajarkan yaitu seperti membuat moodboard, color wheel, dasar-dasar tipografi, dan masih banyak lagi.

  1. Creative Pro

Pilihan situs belajar desain grafis selanjutnya adalah Creative Pro, yang metode pembelajarannya banyak berupa artikel tentang tips mendesain. Menariknya, Creative Pro ini menyajikan materi dalam bentuk artikel secara gratis untuk diakses pengunjungnya.

Ada yang berbentuk artikel panjang disertai gambar, ada juga yang berupa video tutorial dengan disertai artikel penjelasan. Meskipun kebanyakan materi di situsnya diperuntukkan bagi kategori desainer tingkat lanjut, namun para pemula juga dapat mempelajarinya.

  1. Coursera

Coursera adalah program spesialisasi desain grafis dari Institut Seni California (CalArts) yang dapat diakses secara gratis. Untuk pembelajarannya, terdapat lima kursus tingkat pemula dari para pengajar di CalArts serta tambahan wawasan dari para profesional industri.

  1. CreativeLive

Rekomendasi situs belajar desain grafis berikutnya yaitu CreativeLive, situs yang secara umum ditujukan bagi para desainer dan seniman. Melalui situs ini, Anda dapat menemukan berbagai video belajar yang diakses secara gratis dan berbayar.

Untuk mengakses materi pembelajaran berbayar, Anda perlu merogoh kocek sekitar 13 USD atau setara dengan sekitar Rp200 ribu. Meskipun biayanya cukup terjangkau, namun Anda dapat memilih mengakses materi gratis saja.

  1. Envato

Berikutnya yaitu Envato, salah satu situs yang menyediakan lebih dari 1000 kursus dan tutorial desain grafis. Mulai dari topik seperti Illustrator, Photoshop, Cinema 4D, Vector, Digital Painting, dan lain-lain, Anda dapat memilihnya sesuai tingkat kemampuan secara gratis.

  1. Adobe’s Discover Graphic Design

Pilihan selanjutnya adalah Adobe’s Discover Graphic Design dari software khusus desainer ternama yaitu Adobe. Pembelajaran di situs belajar desain grafis ini berupa artikel terkait dasar-dasar mendesain secara sederhana.

Anda juga dapat mempelajari berbagai bidang untuk menentukan atau melihat, bidang mana yang paling sesuai dengan keterampilan Anda. Mulai dari pemilihan font alias tipografi, inspirasi pembuatan logo, informasi terkait file vektor, dan masih banyak lagi.

  1. Udemy

Pilihan situs pembelajaran terakhir bagi para desainer pemula ialah Udemy. Di sini, tersedia berbagai macam materi, mulai dari merancang design thinking, design sprint, membuat karikatur, dan masih banyak lagi yang dapat diakses secara gratis.

Ketujuh pilihan situs tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai akses untuk mempelajari dasar-dasar bagi desainer pemula secara otodidak. Karena ada yang aksesnya gratis, Anda hanya perlu mempersiapkan semangat belajar yang tinggi saja.

Yang penting, pastikan untuk selalu berlatih agar kemampuan serta kreativitas Anda senantiasa terasah setiap waktu. Anda juga dapat belajar melalui lebih dari satu situs belajar desain grafis untuk memperkaya referensi.