Desain

11 Jenis Font Desain Grafis yang Cocok untuk Berbagai Tema

jenis font desain grafis
jenis font desain grafis

Pemilihan jenis font desain grafis merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan tampilan sebuah desain secara visual. Sebab, kesesuaian font alias jenis huruf dengan tema sangat penting untuk menonjolkan impresi atau kesan yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap desainer untuk memahami atau mengetahui berbagai kategori jenis huruf dalam seni tipografi. Hal ini karena tipografi merupakan elemen penting dalam desain grafis yang berfungsi menarik perhatian pembaca selaku audiens.

Pada dasarnya, saat ini ada banyak sekali jenis font di seluruh dunia. Apalagi karena kemudahan teknologi, kini siapapun dapat membuat dan mempublikasikan variasi jenis hurufnya sendiri ke internet untuk digunakan secara luas.

Namun, setiap jenis font tentu memiliki kesan tersendiri yang cocok untuk sebuah tema secara spesifik. Jadi, setiap desainer tidak dapat menggunakan sembarang jenis tulisan untuk desainnya tanpa memperhatikan tema atau kesan keseluruhan yang ingin ditampilkan.

11 Pilihan Jenis Font Desain Grafis yang Cocok untuk Berbagai Tema

jenis font desain grafis

Setiap jenis atau variasi tulisan yang digunakan oleh desainer dalam membuat karyanya harus disesuaikan dengan tujuan maupun kebutuhan pembuatan karya tersebut. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis font dalam desain grafis untuk disesuaikan dengan tema desain Anda.

  1. Typewriter

Sesuai namanya yaitu Typewriter alias mesin ketik, tipe font ini dibuat menyerupai tulisan dari mesin ketik tradisional zaman dahulu. Meski mesin ketik saat ini sudah jarang digunakan, namun penggunaan gaya Typewriter dapat memberi kesan estetik sekaligus vintage.

  1. Helvetica

Berikutnya adalah Helvetica, salah satu pilihan karakter tulisan yang sederhana dan banyak digunakan dalam dunia desain grafis. Karena bentuknya simple dan mudah dibaca, font ini cocok untuk desain bertema formal dan sederhana.

  1. Handwritten

Handwritten dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai tulisan tangan, sehingga gaya tulisannya dibuat menyerupai tulisan tangan. Jenis font desain grafis satu ini sangat cocok untuk memberi kesan unik, stylish, klasik, bahkan luxury, tergantung penempatannya.

  1. Comic

Pernahkah Anda membaca komik alias cerita bergambar? Jika iya, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai karakter tulisan ala komik. Kategori font satu ini terinspirasi dari model penulisan pada kolom percakapan komik, sehingga cocok untuk anak-anak hingga remaja.

  1. Serif

Selain Helvetica, Serif juga merupakan salah satu jenis font desain grafis dari bangsa Romawi yang biasa digunakan untuk memberi kesan formal. Ciri khas dari tulisannya yaitu terdapat tambahan aksen berupa garis pendek pada ujung huruf, contohnya yaitu Times New Roman.

  1. Dekoratif

Berikutnya adalah dekoratif, yaitu tipe karakter penulisan yang dimodifikasi dari bentuk huruf yang sudah ada agar terlihat bervariasi. Misalnya melalui tambahan ornamen atau garis dekoratif untuk memberi kesan unik bagi sebuah desain.

  1. Calligraphic

Calligraphic alias kaligrafi pada dasanya merupakan salah satu jenis font desain grafis yang serupa dengan handwritten alias tulisan tangan. Bedanya, kaligrafi lebih terkesan artistik sebab dibuat berdasarkan hasil penulisan menggunakan pena kuno berujung datar.

  1. Retro

Sesuai namanya, retro merupakan salah satu jenis font dengan kesan vintage atau kuno. Sebenarnya, beberapa tipe font juga dapat dikategorikan dalam jenis retro, di antaranya seperti Serif, Sans Serif, Script, dan banyak lagi.

  1. Pixel

Setiap desainer grafis tentu tahu apa itu pixel, yaitu elemen atau unsur terkecil citra digital berupa titik. Pixel sendiri merupakan jenis font desain grafis yang terinspirasi dari pixel itu sendiri, yaitu dibuat struktur bentuknya yang kotak ala visual pixel.

  1. Blackletter

Pernahkah Anda melihat font bergaya Gothic atau Old English? Kedua gaya tersebut sebenarnya termasuk kategori Blackletter, yaitu font dengan tekstur hitam serta unsur dekoratif yang sedikit rumit untuk menambah gaya penulisan dengan kesan vintage.

  1. Script

Ciri khas dari Script yaitu penulisannya hampir mirip dengan tulisan biasa. Ada banyak sekali jenis font yang termasuk pada kategori ini, seperti Lucida, Vivaldi, hingga Segoe Script yang masing-masing dapat memberi kesan berbeda.

11 pilihan karakter atau gaya penulisan di atas dapat digunakan pada berbagai tema desain sesuai dengan peruntukannya. Selain itu, sebenarnya masih terdapat banyak lagi jenis font desain grafis lainnya yang dapat Anda pergunakan dalam mendesain.

Exit mobile version