Rekomendasi Tempat Wisata di Gunungkidul Yogyakarta

0
6
Tempat Wisata di Gunungkidul

Berita7.id – Gunungkidul merupakan daerah yang berbatasan dengan Klaten dan Wonogiri Timur. Selain itu pada bagian selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia. Kondisi inilah yang menjadikan banyak pantai-pantai memukau berada di Gunungkidul. Berwisata ke Yogyakarta sangat disarankan menyambangi Gunungkidul. Banyak pantai cantik yang tersebar disekitarnya. Selain itu kondisi alamnya cukup unik dengan perbukitan kapur yang ada disebagian besar wilayahnya.

Gunungkidul terkenal tandus namun keindahan pantai dan bukit kapurnya banyak menarik wisatawan untuk bersambang ke tempat-tempat wisatanya. Potensi wisata di Gunungkidul sangat besar. Maka tak heran pemerintah setempat giat mengelola destinasi wisata yang ada disekitarnya. Bagi anda yang berlibur ke Jogja maka Gunung Kidul merupakan tempat yang cocok dikunjungi. Berbagai tempat wisata seru akan menyambut liburan anda yang akan diulas lebih lengkap berikut ini.

Tempat Wisata di Gunungkidul Yogyakarta

1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal sangat terkenal dengan alamnya yang indah. Selain pasir putihnya, ombak pantai ini terbilang besar. pemandangan pantai yang indah bisa dinikmati dari tebing dengan tinggi 60 meter. Selain itu disekitarnya anda bisa mendapati sumber mata air tawar yang mengalir dibawah tanah. Kawanan monyet liar hidup bebas disekitar bukit pantai ini. untuk masuk ke pantai ini hanya 2 ribu rupiah per orangnya.


2. Pantai Siung

Masih berupa pantai kali ini adalah Pantai Siung. Lokasinya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Gunungkidul. Destinasi wisata ini memiliki 250 jalur pemanjatan tebing yang terkenal. Selain pantainya yang menawan, banyak pemanjat tebing internasional yang kagum dengan keindahan tebing karangnya. Sejumlah event panjat tebing berbagai skala kerap diadakan di Pantai Siung ini.


3. Pantai Indrayanti

Pantai ini termasuk yang paling populer di Gunungkidul. Pantai Indrayati merupakan pantai berpasir putih dengan fasilitas yang cukup lengkap. Destinasi wisata ini memiliki air laut yang jernih. Disepanjang pantainya terdapat spot kuliner hingga beberapa cottage untuk tempat menginap. Tiket masuk Pantai Indrayati sebesar 5 ribu rupiah per orangnya. Anda bisa bermain aneka olahraga air ketika berada di Pantai Indrayanti.


4. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan mempesona. Pantai Baron digunakan sebagai dermaga para kapal nelayan. Selain pantainya yang berpasir putih anda bisa melihat berbagai perahu nelayan yang bersandar sehingga pemandangan pantainya makin memukau. Pantai ini diapit oleh dua bukit dengan beberapa penginapan disekelilingnya. Lokasi Pantai Baron di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Bagi pecinta kuliner laut, Pantai Baron merupakan tempat yang cocok untuk mencicipi aneka kuliner laut.


5. Goa Gelatik

Didalam Goa Gelatik ini kumpulan stalaktit dan stalakmit tersusun sangat indah. Goa sepanjang 400 meter ini tetap terjaga keindahannya dengan perawatan yang baik. jika ingin menelusuri goa ini disarankan membawa peralatan yang diperlukan untuk keamanan. Wisata ini sangat cocok bagi pecinta petualangan. Selain itu banyak kelelawar liar yang masih hidup bebas disekitar Goa Gelatik.


Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Gunungkidul yang cocok disambangi. Semoga menambah referensi tempat liburan indah yang patut anda kunjungi.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here