Objek Wisata Istana Air Tamansari Yogyakarta

0
6
Istana Air Tamansari Yogyakarta

Berita7.id – Dari sekian banyak tempat wisata di Jogja, salah satu yang wajib anda kunjungi adalah Tamansari. Destinasi liburan ini merupakan tempat yang menarik yang mudah diakses dari pusat kota. Hanya 15 menit dari alun-alun keraton Yogyakarta, anda bisa berekreasi menikmati indahnya pemandian yang dulu digunakan Sultan. Selain tempat pemandian, dulunya Tamansari digunakan sebagai benteng pertahanan pada tahun 1758-1765. Saat ini Tamansari ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya di Yogyakarta.

Luas bangunannya sebesar 10 hektar dengan kolam pemandian, hingga pulau buatan. Selain itu terdapat terowongan bawah tanah yang ada didalamnya. Arsitektur Tamansari cukup unik. Perpaduan arsitektur Eropa, Hindhu, Islam dan Cina sangat kental disetiap sisi bangunannya. Bangunannya terdiri atas beberapa kompleks yang hingga sekarang masih terawat baik. berikut ini ulasan lengkap untuk destinasi istana Tamansari Yogyakarta yang bisa menjadi referensi tempat liburan anda.

Destinasi Wisata Istana Air Tamansari Yogyakarta

1. Gedhong Gapura Panggung

Kompleks di Tamansari ini merupakan gerbang utama yang menjadi tempat masuk sisi timur Taman Sari. Keunikan kompleks ini ada pada bangunan bertingkat dua dengan relief ular yang menggambarkan tahun 1758 yang merupakan tahun selesai dibangunnya istana tamansari ini. Disebelah timurnya, anda akan mendapati sebuah tempat penjagaan dengan suasana arsitektur bangunannya yang khas. Untuk tiket masuknya sebesar 3 ribu rupiah turis lokal dan 7 ribu rupiah turis asing. Jasa pemandu wisata bisa anda gunakan untuk memandu perjalanan mengelilingi tamansari.


2. Umbul Pasiraman

Umbul pasiraman merupakan tempat pemandian sultan bersama keluarga. Umbul ini dikelilingi tembok tinggi disetiap sisinya. Terdapat 3 kolam utama yaitu Umbul Muncar, Blumbang Kuras serta Umbul Binangun. Hiasan air manjur berbentuk jamur menjadi daya tarik di Umbul Pasiraman. Dibagian utara, terdapat bangunan yang digunakan untuk tempat istirahat dan berganti pakaian putri sultan. Terdapat pula menara yang sayang sekali sudah dikotori oleh ulah vandalisme.


3. Gedhong Gapura Hageng

Tempat ini merupakan pintu gerbang yang ada disebelah barat. Namun saat ini sudah tidak digunakan lagi dan pengunjung hanya bisa masuk melalui pintu timur. Disini anda akan menjumpai sebuah ruangan dua tingkat dengan relief tahun awal pembangunan tamansari. Selain itu disekitarnya terdapat Gedhong lopak-lopak yang dulunya bangunan 2 lantai dan saat ini berganti menjadi taman segi delapan.


4. Pulo Kenongo

Pulo Kenongo adalah pulau buatan yang ada ditengah kompleks tamansari. Pulau kecil ini merupakan tempat yang memiliki bangunan menara untuk melihat sekitar area tamansari secara luas. Selain itu terdapat terowongan bawah tanah tempat yang dulu digunakan untuk melarikan diri dari musuh. Pada saat matahari terbenam merupakan momen terbaik berada di menara, karena pemandangan tamansari akan jauh lebih indah. Disebelah selatan terdapat Pulo Cemethi yang dulunya digunakan sultan untuk bermeditasi.


Sekian ulasan mengenai Tamansari yang merupakan destinasi wisata yang menarik untuk disambangi. Semoga menambah referensi anda ketika berlibur ke Jogja.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here