Inilah 7 Kota Mati Paling Menakjubkan di Dunia

0
6
7 Kota Mati Paling Menakjubkan di Dunia

7 Kota Mati Paling Menakjubkan di Dunia – Anda pernah menonton film-film yg terdapat zombie di dalamnya, tentu saja Anda akan melihat bagaimana suasana kota tewas yg bisasanya menjadi latar belakang cerita. Kota yg sepi karena semua orang sudah meninggal atau sudah menjadi zombie, dan perginya orang-orang yg masih hidup untuk mengungsi ke tempat yg lebih aman. Semua fasilitas kota terbengkalai, semua gedung-gedung kosong, tak ada bunyi apapun hanya ada bunyi angin yg berhembus.

Tapi tanpa kita sadari, meskipun kota tersebut adalah kota yg sepi dan tewas, ada juga sisi estetika yg ditinggalkan begitu saja.

Dalam fenomena, ternyata ada 6 daerah metropolitan kepada zamannya di global yg selama beberapa puluh tahun terakhir ini sudah ditinggalkan dan dibiarkan terbengkalai. Ada yg karena kejadian alam, ada juga yg dikarenakan ulah manusia. Dilansir dari thrillist , inilah 6 kota mati paling rupawan di dunia.

1. Pripyat, Ukraine
Pripyat
Dinamai Pripyat karena terdapat Sungai Pripyat di dekatnya. Pripyat didirikan 4 Februari 1970 menjadi kota nuklir kesembilan di Uni Soviet, untuk menopang Chernobyl Nuclear Power Plant. Diresmikan menjadi kota kepada tahun 1979 dan di huni 49.360 jiwa.

Namun pada tahun 1986 terdapat kebocoran nuklir yg sudah merenggut banyak korban jiwa. Penduduk yg masih selamat diungsikan ke tempat yg lebih aman, hingga waktu ini Pripyat masih menjadi kota yang seram dikarenakan masih terdapat kandungan berbahaya yg diakibatkan oleh kebocoran nuklir di kota itu.

2. Craco, Italia
Craco
Craco adalah sebuah kota mati berikutnya di Provinsi Matera, di wilayah Italia Selatan. Kota tua itu menjadi terbengkalai yg diakibatkan karena musibah tanah longsor yg dahsyat dan gempa bumi kepada tahun 1980.

Sebagai kota tewas, Craco sudah dijadikan objek wisata dan lokasi pembuatan film. Film yg didesain disana antara lain, The Passion Of The Christ dan Quantum of Solace.

3. Humberstone, Chili
Humberstone
Humberstone terletak 48km sebelah timur dari kota Iquique di Gurun Atacama di Wilayah Chili Utara. Setelah komunitas pertambangan nitrat berkembang, Humberstone sudah ditinggalkan karena para ilmuwan menemukan cara lain untuk mesintesis amonia.

4. Villa Epecun, Argentina
Villa Epecun
Villa Epecun adalah sebuah desa yg menjadi destinasi wisata di Provinsi Buenos Aires, Argentina. Pariwisata berkembang baik di Epecuen, sebagian wisatawan dari Buenos Aires akan mencari perairan asin untuk terapi di Epecuen. Pada puncaknya, Villa Epecuen dapat menampung setidaknya 5000 pengunjung.

Namun di tahun 1985 terjadi banjir dahsyat yg ditimbulkan oleh pola cuaca yg langka dan hancurnya bendungan di dekatnya, maka air naik secara progresif mencapai 10 meter. Akhirnya desa hancur dan menjadi tidak layak huni, hingga waktu ini tidak pernah dibangun kembali.

5. Bodie, California
Bodie
Bodie adalah sebuah kota mati di Bodie Hills timu di California, Amerika Serikat. Awalnya kota ini adalah penghasil emas yg berjaya, akan tetapi kepada tahun 1915 tidak ada lagi emas yg dapat dihasilkan dari tambang yg ada di Bodie, dan membuat warga setempat berpindah ke kota lain.

6. Hashima Island, Japan
Hashima
Ditemukan pada tahun 1800an, pulau ini menjadi  kota yg mempunyai tambang batubara di bawahnya. Namun tambang ditutup kepada tahun 1974, dan tak lama selesainya itu semua orang meninggalkannya dan kota ini menjadi kota tewas. Kota ini pernah menjadi lokasi syuting film Skyfall.

7. Simacem, Indonesia
Simacem
Simacem adalah desa yg ada di kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Pada tahun 2014 desa ini sudah hancur diterjang abu vulkanik yg akan terjadi letusan Gunung Sinabung yg memaksa warganya untuk pindah ke tempat yg lebih aman.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here