7 Objek Wisata Menakjubkan di Dunia Namun Mematikan

0
1
Objek Wisata Menakjubkan

Objek Wisata Menakjubkan – Banyak objek wisata di dunia ini yang menampilkan pemandangan cantik & menakjubkan, namun tak sedikit pula yang diantaranya berbahaya bagi para pengunjungnya. Berikut ulasan tempat wisata yang mematikan :

1. Pantai Recife, Brazil

Menurut Wikipedia, Recife adalah kawasan metropolitan yang terletak di Brazil. Daerah ini dijuluki Venesia-nya Brazil karena karakteristik geologisnya yang memang mirip dengan daerah romantis di Italia. Pantainya sendiri adalah satu dari tujuan wisata alam paling terkenal di Brazil.

Setiap tahun pantai di sana bisa menarik ribuan turis. Pemandangan di pantai Recife memang terkenal menakjubkan. Tetapi pantai ini dikenal dengan salah satu dari pesisir paling berbahaya di muka bumi. Kenapa? Karena perairan Recife adalah habitat bagi hiu-hiu paling ganas. Perairan ini disebut-sebut menjadi satu dari pantai dengan populasi hiu terbesar di dunia. Bahkan di tepi pantai pun pengunjung senantiasa menemui papan peringatan wacana bahaya agresi hiu.

2. Danau Natron, Tanzania

Danau Natron adalah danau garam yang berlokasi di utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya. Air danau ini bersumber dari Sungai Ewaso Ng’iro & mata air panas mineral di dekatnya. Kedalamannya hanya kurang lebih 3 meter. Yang unik dari danau ini adalah bagian atas danau ini tampak seperti planet Mars yang kita bayangkan dalam cerita-cerita fiksi. Berwarna merah terang dengan bagian atas penuh retakan.

Seperti dilaporkan Amusing Planet warna merah yang unik tadi timbul karena tingkat evaporasi yang tinggi. Seperti halnya danau berkadar garam tinggi lainnya, kandungan garam di air danau ini menjadi habitat dari halofili, mikroorganisme yang menghasilkan pigmen merah untuk berfotosintesis. Sayangnya syarat lingkungan danau tersebut tak ramah buat makhluk hidup lain. Wilayah sekitar danau tersebut sangat gersang. Tidak terdapat binatang dapat bertahan hidup di danau ini. Kandungan alkalin yang tinggi dalam air danau mengakibatkan tubuh setiap makhluk hidup mengering.

3. Sungai Rio Tinto, Spanyol

Rio Tinto, sungai di barat daya Spanyol ini mungkin tampak menakjubkan dengan airnya yang berwarna merah & kuning. Tetapi jangan hingga terkecoh, air berwarna manis tadi sangat berbahaya karena tingkat keasamannya yang sangat tinggi.

Kawasan Sungai Rio Tinto menyimpan kekayaan alam berupa mineral murni. Selama berabad-abad, para penambang telah mengeksploitasi mineral di tempat ini. Bangsa Romawi bahkan membangun koin-koin emas & perak mereka dari yang akan terjadi tambang Rio Tinto. Sekarang area ini adalah satu dari sumber tambang tembaga & sulfur terpenting di bumi. Tetapi polusi yang disebabkan oleh eksploitasi mineral akbar-besaran selama ini telah menyebabkan sungai Rio Tinto ternoda, menjadi akibatnya warna airnya berubah merah kekuningan.

4. Kawah Hijau Dallol, Ethiopia

Dallol adalah kawah gunung berapi yang terletak di jantung gurun Danokil, Ethiopia. Sekilas Dallol tampak seperti danau dengan air hijau yang cerah. Selain itu pemandangan di sekitarnya memang sangat mengagumkan, dengan batu-batu karang berwarna kuning & oranye cerah. Warna hijau terang & kuning menyala di kolam-kolam asam itu disebabkan karena kandungan sulfur, besi, & mineral yang tinggi.

Lansekap dataran tadi terdiri dari sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam, & geyser yang sekali waktu menyemburkan gas. Dallol disebut-sebut menjadi satu dari tempat terpanas di muka bumi. Suhu di sana mampu mencapai 94 derajat Fahrenheit. Suhunya yang tinggi beserta gas beracun yang siap menyembur sewaktu-waktu dari satu dari geyser di sana mengakibatkan Dallol menjadi tempat menakjubkan namun membahayakan nyawa. Selain itu syarat keamanan Ethiopia yang mengkhawatirkan mengakibatkan Dallol tampat tersembunyi.

5. Kawah Ijen, Indonesia

Kawah Ijen terletak antara Banyuwangi & Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Kawah gunung berapi ini terletak pasti di zenit Gunung Ijen.

Gunung Ijen adalah satu dari lokasi yang paling dicari para pendaki. Selain pemandangannya yang cantik, di sini pengunjung mampu menemui tanaman langka misalnya edelweis yang kelestariannya dilindungi oleh pemerintah. Jika mendaki di malam hari, sewaktu-waktu pendaki mampu menyaksikan bara api biru yang timbul dari zenit gunung.

Kawah ijen sendiri adalah danau kawah panas dengan panorama menakjubkan. Warna airnya bening, biru kehijauan. Kawah Ijen dikenal menjadi satu dari danau kawah dengan kandungan asam paling tinggi di bumi ini. Begitu pekatnya kandungan asam di sana hingga mampu membuat segala benda yang diceburkan ke sana lenyap tak bersisa. Apalagi timbunan sulfur yang mampu membangun siapapun yang menghirup keracunan.

6. The Wave, Amerika Serikat

The Wave yang terletak di lereng Coyote Buttes, Paria Canyon-Vermilion Cliffs Wilderness, Plato Colorado memang adalah objek favorit para fotografer landscape. Permukaan bukitnya membangun pola alfabet U yang saling berhimpitan. Daerah perbukitannya tampak misalnya bagian atas gelombang bahari ada warna gradasi warna merah & cokelat. Dari sanalah nama The Wave berasal. Kalau diperhatikan sekilas misalnya hamparan rambut panjang seorang wanita berwarna cokelat kemerahan. Jika beruntung pengunjung bahkan mampu menemukan jejak dinosaurus & fosil arthropoda & serangga yang hidup kepada zaman jurassic.

Keindahan The Wave ternyata menyimpan bahaya. Sudah banyak nyawa pelancong yang melayang di tempat ini. Sehingga┬á bukit ini menerima julukan Devil’s Playground atau tempat bermain setan. Suhu di The Wave sangat panas. Beredar kabar, puncaknya mampu membangun siapa saja yang mencoba mendaki bukit tadi mengalami dehidrasi akut hingga meninggal di tempat. Selain itu lansekap The Wave yang begitu luas & hampir tidak terdapat jalur pendakian sehingga para pendaki amatir gampang tersesat.

7. Kolam Setan, Zambia

Kolam alami yang satu ini punya nama yang mengerikan, Devil’s Pool atau Kolam Setan. Terletak di bagian atas Air Terjun Victoria, Zambia. Setidaknya satu orang wisatawan kehilangan nyawa di tempat ini setiap tahunnya. Aliran air yang deras, batu-batuan yang licin & tingginya air terjun mengakibatkan kolam ini sangat berbahaya. Tetapi hal itu tak menghentikan ratusan wisatawan yang mendatangi tempat ini.

Kolam Setan ialah kolam berupa cerukan landai yang berada pasti di ujung air terjun. Jadi sembari berenang pengunjung mampu mencicipi sensasi derasnya adrenalin karena memandang dasar air terjun di bawahnya yang berjarak 360 kaki. Tetapi pengunjung hanya mampu berenang di sini antara bulan September hingga Desember, karena kepada bulan-bulan tadi sungai yang menjadi sumber air Kolam Setan dangkal & tidak terlalu deras.

Sumber : Wikipedia, merdeka, National Geographic Indonesia

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here