Waspadalah terhadap penipuan Whatsapp yang menawarkan ‘internet gratis tanpa WI-FI’

0
6

Berita7.id – Pengguna Whatsapp di seluruh dunia melaporkan ada penipuan yang baru di aplikasi chatting mereka. Orang-orang yang menerima pesan spam ditawarkan kepada mereka internet gratis tanpa WI-FI. Ini mungkin terdengar mustahil pada awalnya, tetapi ada orang-orang tertentu tergoda dengan pesan tersebut dan dengan demikian merekan akan menghadapi masalah.

Kebanyakan orang menerima undangan link di grup Whatsapp dipilih secara acak dengan mengatakan, “Anda sudah bisa mendapatkan internet gratis tanpa WI-FI. Di sini saya memberikan anda sebuah undangan.

Setelah seseorang mengklik link ini, mereka memasuki halaman browser yang mendeteksi bahasa komunikasi di perangkat dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari pengguna sambil menunjukkan info palsu yang mengatakan internet gratis yang benar-benar bekerja.

Spam ini mencuri data-data penting dengan menggunakan perangkat untuk mengirim link undangan untuk orang lain di daftar kontak dan grup obrolan. Seperti yang Anda lihat dalam gambar di bawah, penipuan juga dapat dilihat dalam bahasa Spanyol (Anda akan secara otomatis diarahkan ke bahasa default mereka tergantung pada pengaturan browser). Semua ini terjadi tanpa Anda bahkan menyadari:

3-whatsapp-scam-spanish

Tips untuk menghindari jatuh dalam kampanye ini

Kita harus diingat bahwa pendidikan dan solusi keamanan masih dibutuhkan sebagai alat utama pengguna agar aman berinternet. Kesadaran tentang penipuan ini harus menjadi virus lebih cepat daripada penipuan sendiri; Namun, kejahatan seperti ini memang masih sangat mengkhawatirkan.
Jika Anda tahu korban, Anda dapat membantu dengan mengingatkan kontak mereka untuk menghindari nomor kontak spam tersebut. Jika Anda ingin melaporkan penipuan, Anda dapat mem-flag(melaporkan sebagai link penipuan) di browser anda seperti yang biasanya dilakukan dalam kampanye phishing.

Source

http://dunyanews.tv/

BAGIKAN