Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Smartphone Android

0
9
Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Berita7.id – Kepopuleran sistem operasi Android memang tidak dapat dipungkiri lagi, sistem operasi ini telah sukses mendominasi hampir sebagian besar sistem operasi yang digunakan pada perangkat mobile baik tablet maupun smartphone. Seiring dengan waktu yang terus berjalan, smartphone – smartphone yang beredar di pasaran ini telah dibekali oleh para vendor dengan berbagai teknologi canggih yang tujuannya tentu saja adalah untuk kepuasaan para pengguna smartphone itu sendiri.

Dengan dibekali dengan berbagai macam teknologi itulah maka smartphone kini telah menjadi sebuah perangkat yang bisa Anda gunakan untuk apa saja mulai dari berbagai hal yang sifatnya sebagai hiburan hingga berbagai hal yang dapat digunakan untuk membantu produktivitas. Oleh karena itulah untuk bisa melakukan berbagai hal tersebut maka dibutuhkan smartphone dengan kinerja yang lancar dan cepat dalam melakukan berbagai tugas. Berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa cara untuk mempercepat kinerja Android.

Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Smartphone Android

1. Cegah Memori Penuh

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja smartphone Android adalah dengan mencegah memori internal smartphone Anda menjadi penuh sebab salah satu faktor penyebab kinerja Android menjadi lamban adalah karena memori internal smartphone Anda terlalu penuh padahal smartphone membutuhkan ruang yang lega untuk bernapas supaya dapat menjalankan tugas dengan cepat.

Baca juga : 5 HP Android Murah Harga 1 Jutaan RAM 2GB

2. Kurangi Widget

Cara kedua untuk meningkatkan kinerja smartphone Android milik Anda adalah dengan mengurangi widget yang Anda pasang di layar home Anda sebab salah satu faktor penyebab lambatnya kinerja smartphone Anda adalah karena pemasangan widget yang terlalu banyak sehingga hal ini akan menambah beban kerja dari RAM, dengan mengurangi penggunaan widget maka kinerja smartphone milik Anda menjadi normal kembali.

3. Tutup Aplikasi

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan kinerja Android Anda adalah dengan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Sering sekali Anda lupa untuk menutup aplikasi pada saat sudah selesai digunakan sehingga hal ini tentunya akan membebani kinerja RAM yang akan membuat smartphone Android Anda menjadi lambat kinerjanya, untuk itu tutuplah aplikasi setelah Anda selesai.

4. Kurangi Animasi

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kinerja smartphone Android Anda adalah dengan mengurangi segala hal yang menggunakan animasi di dalamnya seperti misalnya transisi layar dan efek launcher, penggunaan animasi pada smartphone Anda baik pada transisi layar dan efek launcher akan meningkatkan beban pada RAM sehingga memperlambat kinerja smartphone Android.

5. Restart Android

Cara kelima yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kecepatan smartphone Android Anda adalah dengan melakukan restart pada smartphone, cara yang satu ini memang sangat mudah namun memiliki hasil yang luar biasa. Dengan melakukan restart maka Anda akan membersihkan cache yang tersimpan di dalam smartphone dengan sendirinya dan hal ini akan mempercepat kinerja Android.

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah kinerja smartphone Android yang lambat maka Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mempercepat kinerjanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here