Desain

Skill Graphic Designer yang Perlu Dimiliki agar Sukses

×

Skill Graphic Designer yang Perlu Dimiliki agar Sukses

Sebarkan artikel ini
skill graphic designer
skill graphic designer

Pada era digital yang semakin berkembang ini, skill graphic designer sangat dibutuhkan pada berbagai industri. Desainer grafis diperlukan hampir di berbagai sektor seperti lini organisasi, baik pemerintahan maupun swasta.

Untuk menjadi seorang desainer grafis, seseorang tidak harus mengambil pendidikan di bidang terkait. Namun, terdapat berbagai keahlian atau skill yang perlu dikuasai jika ingin sukses dalam bidang ini.

Desainer grafis dapat didefinisikan sebagai komunikator visual yang berfokus pada pembuatan konsep dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak khusus, di mana pekerjaan ini juga memiliki tujuan tertentu.

Skill Graphic Designer yang Perlu Dikuasai Jika Ingin Sukses

skill graphic designer
skill graphic designer

Seorang desainer grafis bertujuan membuat karya untuk mengomunikasikan ide, khususnya ide tersebut digunakan dalam menginspirasi, menginformasikan, bahkan melakukan kampanye persuasif terhadap konsumen melalui seni fisik dan virtual.

Seni virtual tersebut mencakup gambar, kata, hingga grafik yang perlu dibuat semenarik mungkin. Oleh sebab itu, untuk menekuni bidang ini, Anda perlu menguasai beberapa keahlian berikut ini.

Profesi sebagai graphic designer terus dibutuhkan dalam dunia media digital yang semakin berkembang ini. Pekerjaan ini juga memiliki jenjang karir jelas dan sangat menjanjikan untuk dicoba.

Oleh sebab itu, agar daya saing Anda semakin kompetitif di pasar lapangan kerja, maka beberapa skill berikut ini perlu dikuasai agar mampu menarik minat recruiter dalam menggunakan jasa Anda.

  1. Typography

Meskipun sangat umum, keterampilan dalam bidang typography sangat penting dalam dunia desain grafis. Meskipun saat ini ketersediaan font sangat mudah didapatkan, ada baiknya desainer juga menguasai cara untuk membuatnya sendiri.

Menciptakan desain typography akan membuat desain yang dibuat memiliki karakteristik tersendiri. Dengan begitu, kemampuan ini dapat menjadi poin unggul saat bersaing dalam pasar jasa desain.

  1. Prinsip Desain

Skill graphic designer berikutnya yang perlu dikuasai berkaitan dengan prinsip desain. Prinsip seperti hierarchy, contrast, repetition, alignment, serta balance, harus dikuasai dengan baik untuk membuat desain yang menarik dan terstruktur.

  1. Menguasai Penggunaan Tools

Dunia visual digital didukung dengan hadirnya berbagai tools untuk memudahkan proses pengerjaan desain. Sebagai seorang graphic designer tentu Anda perlu menguasai penggunaan berbagai tools tersebut.

Berbagai tools seperti software akan membantu pengerjaan desain Anda menjadi semakin efektif dan efisien. Beberapa software yang perlu dikuasai di antaranya yaitu Adobe Illustrator, InDesign, hingga Blender.

  1. Time Management

Sebagai seseorang yang menekuni bidang desain, time management merupakan skill graphic designer dan wajib untuk dikuasai. Pekerjaan ini berhubungan erat dengan klien, sehingga ketepatan waktu dalam mengerjakan project sangat diutamakan.

Oleh sebab itu, desainer perlu mengatur waktu agar pekerjaan dapat diselesaikan sesuai jadwal. Ketepatan waktu dalam pengerjaan project juga dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas Anda di dunia kerja.

  1. Kemampuan Berpresentasi

Seorang graphic designer dituntut untuk bisa mempresentasikan hasil karya kepada klien bahkan perekrut. Dengan keahlian tersebut, Anda bisa menyampaikan portofolio pekerjaan dengan lebih baik dan meyakinkan seluruh audiens.

  1. Bahasa Pemrograman

Skill graphic designer berikutnya yang perlu dikuasai adalah bahasa pemrograman. Skill ini memang tidak perlu dikuasai hingga mendalam, namun penting bagi desainer untuk mengetahui dasar ilmu tersebut.

Dengan memahami basic pengetahuan dari berbagai bahasa pemrograman seperti Java, HTML ataupun C++, Anda bisa membuat tampilan sebuah situs menjadi semakin menarik dengan visual menakjubkan.

  1. Kreatif

Sebagai seorang desainer, Anda akan berhubungan dengan banyak klien dengan berbagai permintaan yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki pemikiran kreatif untuk mencapai ekspektasi klien.

Dengan pemikiran kreatif, Anda bisa menemukan dan menyampaikan ide serta memberikan solusi terbaik kepada klien. Maka, Anda juga bisa menghasilkan karya terbaik yang memuaskan seluruh klien.

  1. Komunikasi

Skill graphic designer berikutnya yang perlu Anda pelajari adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan ini mengharuskan Anda bekerja sama dengan banyak orang.

Saat menekuni pekerjaan ini, Anda perlu bekerja sama dengan berbagai klien maupun tim dari berbagai latar belakang pendidikan. Maka, komunikasi yang baik akan sangat membantu Anda menyampaikan sebuah suatu hal.

Skill ini dapat membantu Anda untuk menerangkan ide dengan lebih mudah tanpa perlu menjelaskannya secara teknis yang berpotensi membuat audiens menjadi bingung karena kurangnya pengetahuan terkait desain.

Memiliki berbagai skill di atas dapat membantu Anda meningkatkan daya saing. Skill graphic designer yang diasah dengan baik dapat menjadi senjata tersendiri untuk memenangkan persaingan dunia kerja.