DesainTeknologi

Rekomendasi Tablet untuk Desain Grafis Spesifikasi Terbaik

×

Rekomendasi Tablet untuk Desain Grafis Spesifikasi Terbaik

Sebarkan artikel ini
tablet untuk desain grafis
tablet untuk desain grafis

Selain laptop, para desainer kini dapat menggunakan tablet untuk desain grafis sebagai media kerjanya. Berkat perkembangan teknologi, tablet kini tidak lagi digunakan untuk hiburan maupun komunikasi saja, melainkan juga untuk menunjang aktivitas kerja.

Salah satu aktivitas atau pekerjaan yang umumnya membutuhkan tab atau tablet ialah mendesain, baik itu dalam hal menggambar maupun mengedit. Karena layarnya yang luas namun tidak seberat komputer atau laptop, gadget ini dianggap lebih nyaman dipakai.

Apalagi, hampir setiap tablet untuk desain grafis tentu telah mendukung penggunaan stylus pen sebagai alat atau media tambahan. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang telah dibekali dengan built-in stylus alias pen yang telah diikut sertakan sebagai satu paket dengan tabletnya.

Karena bentuknya praktis dan portable, maka gadget satu ini lebih fleksibel digunakan para desainer yang senang bekerja berpindah-pindah. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk tab terbaik demi menunjang aktivitas kerja atau mendesain agar lebih maksimal.

5 Rekomendasi Tablet untuk Desain Grafis Spesifikasi Terbaik

tablet untuk desain grafis
tablet untuk desain grafis

Pada dasarnya, pemilihan gadget untuk membuat desain grafis dapat dilakukan dengan melihat dan membandingkan spesifikasinya. Jika Anda membutuhkan referensi pilihan tab untuk bekerja, berikut ini 5 rekomendasi tablet desain grafis beserta harganya.

  1. iPad Mini Generasi 6 (Rp9,4-12,4 juta)

Ada 2 jenis tipe desainer berdasarkan preferensi gadgetnya, yaitu penyuka layar besar serta penyuka layar yang lebih kecil. Sejak 2021 lalu, tablet berukuran kecil mulai populer penggunaannya sejak perilisan iPad Mini Generasi keenam ini.

Karena lebih kecil dengan layar hanya 8.3-inci, iPad Mini dianggap lebih praktis untuk dibawa bekerja kemana-mana. Meski berukuran mini, namun si kecil-kecil cabe rawit ini juga memiliki performa tidak kalah baik sebab telah didukung oleh chipset dari Apple Bionic A15.

  1. Samsung Galaxy Tab S7 FE (Rp7,6-20 juta)

Rekomendasi tablet untuk desain grafis dengan spesifikasi terbaik berikutnya yaitu Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G. Gadget ini memiliki performa kuat dengan sejumlah spesifikasi memukau, termasuk dengan dukungan S Pen untuk membantu aktivitas desain Anda.

Menariknya lagi, S Pen ini dapat digunakan untuk menulis serta berkreasi di berbagai aplikasi sekaligus. Selain itu, Galaxy Tab S7 FE telah menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung stylus pen terbaru mereka ini, seperti Samsung Notes, Canva, Noteshelf, hingga Clip Studio.

  1. Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 (Rp5,3-6,9 juta)

Sebagai pilihan tablet untuk desain grafis lainnya yang lebih terjangkau dari Samsung, Anda dapat mencoba Samsung Galaxy Tab S6 Lite versi 2022. Dengan layar hingga 10.4-inci, tablet ini juga telah dilengkapi dengan built-in stylus S Pen dalam paket penjualannya.

Meski dibanderol dengan harga lebih murah, namun spesifikasinya tidak kalah memukau dengan Galaxy Tab S7 FE terbaru. Bahkan, Samsung telah menyediakan memori dengan RAM 4GB serta pilihan ROM mulai dari 64GB hingga 128 GB untuk varian satu ini.

  1. Lenovo Pad Pro (Rp6,1-9,1 juta)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lenovo merupakan salah satu merek produsen laptop terlaris di dunia, sehingga kualitas produknya tentu tidak bisa diremehkan. Termasuk juga Lenovo Pad Pro sebagai pilihan tablet untuk desain grafis dengan layar berukuran 11-inci.

Selain layarnya yang luas dan nyaman digunakan mendesain, tampilan grafisnya pun lebih baik dari versi Lenovo Pad terdahulu. Dari segi performa, Lenovo Pad Pro juga tidak mau kalah ganas dengan menghadirkan chipset Snapdragon 870 5G.

  1. Xiaomi Pad 5 (Rp4,3-19,9 juta)

Pilihan tablet untuk desain grafis terakhir yang lebih terjangkau namun tidak kalah saing dengan produk lain ialah Xiaomi Pad 5. Meskipun dikenal kerap menghadirkan tablet harga murah, namun Xiaomi konsisten membekali produknya dengan spesifikasi kelas atas.

Hal ini bisa dilihat dari media penyimpanan yang ditawarkan, yaitu RAM 6GB serta ROM hingga 256GB dan baterai mencapai 8.720 mAh. Dengan kelas harga tersebut, tab ini sudah sangat mampu menunjang berbagai aktivitas harian para desainer grafis profesional.

Pada dasarnya, spesifikasi terbaik tidak selalu menjadi patokan dalam memilih tablet untuk digunakan mendesain. Dalam menentukan pilihan tablet untuk desain grafis yang cocok, Anda juga perlu membandingkannya sesuai dengan kebutuhan desain Anda sehari-hari.