DesainTeknologi

Rekomendasi Smartphone untuk Desain Grafis dan Harganya

×

Rekomendasi Smartphone untuk Desain Grafis dan Harganya

Sebarkan artikel ini
smartphone untuk desain grafis
smartphone untuk desain grafis

Untuk menunjang kebutuhan mendesain, dibutuhkan smartphone untuk desain grafis dengan spesifikasi terbaik. Umumnya, jenis smartphone ini memiliki desain layar besar serta dapat mendukung penggunaan stylus pen untuk membantu pekerjaan para desainer grafis.

Selain itu, spesifikasi yang dimiliki juga umumnya lebih tinggi, baik dari segi memori penyimpanan, RAM, hingga resolusi layar. Sehingga harga yang dipatok untuk jenis HP khusus mendesain biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis ponsel cerdas biasa.

Saat hendak memilih atau membeli sebuah gadget, tentu yang paling sering dipertimbangkan adalah merek. Namun, meskipun brand atau merek tertentu dapat menjadi penentu bagus tidaknya suatu produk, namun kualitasnya juga perlu diperhatikan.

Sebab, terkadang HP dengan harga terjangkau tidak kalah bagus untuk mendesain dibanding smartphone flagship yang mahal. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membandingkan kualitas dan spesifikasi antar suatu produk dengan produk lainnya sebagai referensi memilih.

5 Rekomendasi Smartphone untuk Desain Grafis dan Harganya

smartphone untuk desain grafis
smartphone untuk desain grafis

Seorang desainer grafis dituntut untuk memiliki gadget dengan spek maksimal sesuai kebutuhan agar dapat menunjang pekerjaannya. Jika Anda adalah seorang desainer grafis, berikut ini adalah 5 rekomendasi smartphone untuk desain grafis beserta harganya.

  1. Apple iPhone 13 (Rp13,9-28,9 juta)

Meskipun iPhone 14 baru saja dirilis dengan spek lebih baik, namun iPhone 13 masih lebih dari worth it untuk digunakan, sebab harga iPhone 14 masih sangat tinggi. Dengan prosesor A15 yang powerful dan display 6.1-inci, iPhone 13 sangat mendukung aktivitas desain.

Memiliki resolusi 1170×2532 pixel, iPhone 13 sangat idel untuk para pekerja kreatif, termasuk fotografer, editor, hingga desainer grafis. Meskipun tidak memiliki built-in stylus, namun Anda dapat membeli stylus secara terpisah untuk mendukung kegiatan mendesain Anda.

  1. OnePlus 9 Pro (mulai dari Rp8,2 juta)

Sebagai pilihan smartphone untuk desain grafis yang lebih terjangkau, ada OnePlus 9 Pro yang harganya telah turun sejak pertama kali rilis. Namun, performa OnePlus 9 Pro sangat powerful, bahkan kurang lebih setara dengan jenis ponsel semacam ROG Phone 5.

Dengan AMOLED panel 6.7-inci QHD+ serta 120Hz refresh rate yang adaptif, ponsel ini bahkan mampu bersaing dengan Galaxy S21 Plus serta iPhone 12 Pro. Namun sama seperti iPhone, OnePlus belum melengkapi ponselnya dengan built-in stylus.

  1. Samsung Galaxy S22 Ultra (Rp12,8-24,9 juta)

Jika Anda adalah seorang desainer grafis dengan kebutuhan cukup intens, Samsung Galaxy S22 Ultra adalah salah satu pilihan smartphone untuk desain grafis berkualitas terbaik. Dengan baterai 5.000 mAh, smartphone ini sangat cocok untuk produktivitas tinggi.

Selain 6.8 inci Dynamic AMOLED, WQHD+ (1440×3088 piksel) serta refresh rate 120Hz, ponsel cerdas ini juga telah dilengkapi built-in S Pen. Kelebihan S Pen dibanding stylus Samsung lain ialah performanya lebih cepat dan responsif dengan dukungan AI yang cerdas.

  1. LG Stylo-6 (mulai dari Rp3,29 juta)

Selain Samsung, smartphone untuk desain grafis asal Korea Selatan lainnya dengan kualitas tidak kalah baik adalah LG Stylo-6. Meskipun dirilis pada 2020 alias 2 tahun lalu, namun spesifikasinya masih sangat mendukung aktivitas mendesain secara maksimal.

Layarnya berukuran 6.8-inci dengan panel IPS LCD, memiliki kapasitas memori besar, serta telah dilengkapi built-in stylus pen. Jika Anda menginginkan handphone yang telah dilengkapi stylus namun lebih terjangkau, LG Stylo-6 dapat menjadi opsi terbaik.

  1. Motorola Moto G Stylus 2022 (mulai dari Rp4 juta)

Pilihan smartphone untuk desain grafis selanjutnya yang telah dibekali built-in stylus namun dibanderol dengan harga terjangkau adalah Moto G Stylus 2022 oleh Motorola. Dukungan stylus di ponsel ini dapat mendukung kemudahan navigasi, menulis, hingga kebutuhan desain.

Ukuran layarnya pun super jumbo dengan ukuran 6.8-inci serta refresh rate 90 Hz, sehingga sudah sangat mendukung aktivitas mendesain harian. Baterainya juga berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh, sehingga tahan digunakan bekerja seharian penuh.

Selain kelima gadget di atas, sebenarnya masih ada banyak pilihan ponsel cerdas lainnya yang dapat mendukung aktivitas para desainer grafis. Masing-masing tentu memiliki spesifikasi dan kelebihan berbeda-beda dari berbagai aspek.

Pada dasarnya, aspek utama yang harus diperhatikan saat memilih HP untuk mendesain adalah OS, prosesor, display, storage, kamera, serta baterai. Jadi, pilihlah smartphone untuk desain grafis yang sesuai dengan kebutuhan ataupun beban desain harian Anda.