Desain

Prospek Kerja Desain Grafis yang Menarik untuk Ditekuni

×

Prospek Kerja Desain Grafis yang Menarik untuk Ditekuni

Sebarkan artikel ini
Prospek kerja desain grafis
Prospek kerja desain grafis

Prospek kerja desain grafis seringkali dipertanyakan oleh sebagian orang. Banyak orang belum mengetahui, bahwa desain menjadi salah satu prospek pekerjaan yang menarik untuk ditekuni karena dapat memberikan penghasilan tinggi.

Desainer grafis sendiri dapat diartikan sebagai pekerjaan di mana seseorang memiliki keahlian untuk merancang hingga membuat ilustrasi visual, di mana umumnya akan digunakan untuk memberikan pesan tertentu.

Profesi tersebut semakin mendapatkan antusiasme di era digital, baik dari sisi pelaku maupun pengguna jasanya. Kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya minat masyarakat pada graphic design.

Prospek Kerja Desain Grafis di Tengah Majunya Era Digital

Prospek kerja desain grafis
Prospek kerja desain grafis

Meskipun untuk menguasai bidang ini tidaklah mudah, namun Anda bisa mencoba untuk berlatih dengan ekstra, baik melalui pendidikan formal, mengikuti berbagai pelatihan, maupun belajar secara otodidak.

Karya bernilai tinggi dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjadi desainer dengan prospek kerja yang menarik seperti beberapa pekerjaan berikut ini.

Graphic design menjadi topik yang semakin diminati di tengah kemajuan era digital. Beberapa prospek kerja berikut ini menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus mencoba untuk menekuni bidang graphic design.

  1. Animator

Menjadi animator profesional merupakan salah satu pekerjaan yang bisa Anda pilih setelah menyelesaikan pendidikan di bidang desain grafis. Animator bertugas untuk menghasilkan gambar yang biasanya disebut dengan frame.

Karya yang dihasilkan pada prospek kerja desain grafis ini berkaitan dengan beberapa gambar untuk diurutkan sehingga mampu menciptakan ilusi gerakan atau biasa dikenal dengan sebutan animasi.

Gambar yang dihasilkan tidak hanya berbentuk digital, melainkan gambar tangan, model hingga hasil potret. Animator sendiri cenderung bekerja dalam pembuatan karya dalam bentuk 2D, model 3D, stop-frame atau animasi lainnya.

  1. Web Designer

Web designer merupakan bidang pekerjaan di mana seseorang bertanggung jawab dalam membuat berbagai desain website dengan visual menarik, sehingga mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang baik pada penggunanya.

Selanjutnya, prospek kerja desain grafis ini juga bisa membuat Anda bekerja sama dengan klien dalam mendiskusikan visual website yang diinginkan. Dengan begitu, pekerjaan ini sangat membantu Anda dalam membangun relasi.

Kemudian, agar bisa menjalankan pekerjaan ini dengan baik, Anda perlu memiliki pemahaman terkait warna, font, layout, hingga berbagai hal berkaitan dengan visual yang baik untuk ditampilkan pada website sesuai fungsinya.

  1. Logo Designer

Sebagai logo designer, pekerjaan sehari-hari yang perlu dilakukan tidak lain berkaitan dengan mendesain beragam marketing campaign serta logo untuk bisnis. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian tersendiri.

Hal tersebut dikarenakan logo designer harus mampu membantu bisnis untuk mengomunikasikan brand dengan baik melalui first impression dalam sebuah iklan berupa marketing campaign maupun logo brand itu sendiri.

Prospek kerja desain grafis ini memiliki beberapa tugas utama, di antaranya yaitu konsultasi dengan klien, membuat layout desain, mengelola proyek branding, hingga memberikan solusi desain yang unik dan fungsional pada klien.

  1. UX Designer

User Experience (UX) Designer bertugas untuk membuat produk, proses kerja, hingga layanan pada sebuah aplikasi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga menjadi intuitif serta mudah untuk digunakan oleh penggunanya.

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk merencanakan konsep desain dengan baik agar pengguna merasa nyaman saat memanfaatkan sebuah aplikasi. Prospek kerja desain grafis ini sangat cocok bagi Anda penggemar tantangan.

Hal tersebut dikarenakan pekerjaan ini melibatkan pemikiran yang out of the box hingga intuisi kreatif. Adapun Anda juga perlu menjalankan berbagai tes pengguna secara aktif untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.

  1. UI Designer

User Interface (UI) Designer dianggap sebagai bagian dari UX Designer karena memiliki tujuan utama yang sama secara keseluruhan. Perbedaannya terletak pada fokus pekerjaan yang dilakukan keduanya.

Prospek kerja desain grafis UI berfokus pada tampilan sebuah produk, di mana Anda perlu menunjukkan kecantikan visualnya. Pekerjaan ini memfokuskan pada desain setiap layar halaman hingga tata letak seluruh tools.

Tata letak perlu dibangun agar mampu menunjukkan visual terbaik namun secara keseluruhan tetap sejalur dengan pemetaan yang dibuat UX Designer. Koherensi gaya desain pada produk juga perlu dipertimbangkan.

Prospek kerja ini sangat mengharuskan Anda untuk bisa memastikan bahwa user memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan produk, terutama saat menggunakannya user tidak akan kebingungan.

Masih banyak jenis pekerjaan yang bisa menjadi prospek kerja dari menekuni bidang graphic design. Namun beberapa prospek kerja desain grafis di atas berpotensi untuk Anda pilih karena sangat menjanjikan.