Desain

Mengenal Tipografi dalam Desain Grafis dan Fungsinya

×

Mengenal Tipografi dalam Desain Grafis dan Fungsinya

Sebarkan artikel ini
tipografi dalam desain grafis
tipografi dalam desain grafis

Tipografi dalam desain grafis merupakan salah satu elemen penting yang tidak dapat diabaikan oleh setiap desainer. Selain digunakan untuk menarik perhatian, elemen ini juga berfungsi penting dalam menyampaikan karakter maupun pesan dari suatu desain.

Secara sederhana, arti dari tipografi yakni sebuah seni memilih dan menata huruf, kata, paragraf bahkan hingga jarak antar hurufnya secara apik pada suatu ruang. Adapun fungsi umum yang dituju ialah untuk memberikan kesan atau impresi tertentu.

Oleh karena itu, unsur desain satu ini digunakan untuk membuat desain nampak menjadi lebih sempurna serta eye catching. Sebab, penggunaan tipografi yang baik dan benar dapat mempermudah penyampaian informasi kepada audiens menjadi lebih tepat sasaran.

Hal ini karena rangkaian hurufnya tidak hanya dibuat untuk mengacu pada suatu makna saja, namun juga sebagai penggambar dari suatu citra atau kesan secara visual. Itulah sebabnya, setiap huruf dikenal memiliki nilai fungsional maupun nilai estetikanya sendiri-sendiri.

Mengenal Definisi Tipografi dalam Desain Grafis

tipografi dalam desain grafis
tipografi dalam desain grafis

Sesuai makna sederhana di atas, tipografi adalah sebuah seni atau teknik menyusun huruf dan teks dengan cara sedemikian rupa. Sehingga teks atau huruf tersebut dapat terbaca secara jelas dan menarik secara visual bagi audiens selaku pembacanya.

Penyusunan tersebut biasa dilakukan dengan menggunakan typeface dan gaya huruf atau font berbeda, menyesuaikan ukuran, space atau jarak antara huruf dan kata, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tipografi dalam desain grafis merupakan salah satu bagian terpenting.

Pasalnya walaupun kata-katanya sama, namun dengan penataan sedemikian rupa, seseorang dapat menyampaikan pesan dan kesan berbeda tergantung pada desainnya. Sebagai contoh, Anda dapat melihat berbagai variasi tulisan pada logo, poster, website, buku, dan lain-lain.

Masing-masing tentu memiliki jenis huruf, penataan, ukuran, hingga warna teks berbeda-beda tergantung tema hingga impresi atau kesan yang ingin ditonjolkan. Jadi, tipografi secara penggunaan berarti sebuah teknik khusus untuk menghidupkan makna sebuah teks.

Berbagai Fungsi Penggunaan Tipografi dalam Desain Grafis

Selain dari segi visual, sebenarnya mengapa elemen tipografi dianggap sebegitu pentingnya dalam dunia desain grafis? Untuk mengetahui secara lebih rinci terkait apa saja kegunaan penting dari unsur desain ini, Anda dapat menyimak berbagai fungsinya berikut ini.

  1. Menarik perhatian audiens secara instan dan langsung

Saat Anda melihat brosur, poster, atau media lainnya, hal apakah yang lebih dulu menarik perhatian Anda? Tentu saja judulnya, bukan? Sementara, judul tersebut tentu memiliki ciri khas tertentu yang menarik, minimal melalui pemilihan font hingga penempatan teksnya.

Jadi, fungsi utama dari tipografi dalam desain grafis adalah menarik perhatian audiens selaku pembacanya. Sebab, desain tidak selalu seputar gambar saja, melainkan ada tulisan yang harus diperhatikan penempatannya agar nampak bagus dan mencolok secara visual.

  1. Memberikan dan menyampaikan value maupun tone dari brand

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak sekali jenis tulisan atau font di dunia ini? Saat melihatnya, Anda tentu akan memperoleh kesan atau impresi berbeda-beda tergantung pada modelnya seperti apa, sebab tipografi akan menciptakan harmoni dalam sebuah desain.

Hal tersebut menunjukkan salah satu pentingnya tipografi dalam desain grafis, yaitu memberikan tone serta value yang bisa mewakili. Misalnya, teks dengan font dekoratif yang bergaya dapat memberi kesan ceria, sedangkan font sederhana dapat memberi kesan serius.

Sebab dalam desain grafis, font merupakan elemen visual yang dapat diingat oleh audiens dalam waktu lama selain gambar. Visual inilah yang kemudian dapat membantu suatu bisnis atau brand dalam membangun brand recognition mereka untuk menarik pelanggan.

  1. Memudahkan pembacaan

Fungsi tipografi dalam desain grafis selanjutnya yaitu untuk memudahkan pembacaan, sebab penempatan teks secara cermat dapat membuat audiens dapat membacanya dengan mudah. Sebab, keterbacaan konten sangat penting demi memastikan sampainya pesan dari desain.

Oleh karena itu, dengan menetapkan hierarki atau susunan informasi bacaannya, Anda dapat menarik perhatian audiens untuk membaca informasi penting terlebih dahulu. Misalnya yaitu dengan menggunakan berbagai ukuran font berbeda pada judul, sub judul, hingga isinya.

Berdasarkan ketiga fungsi utama di atas, dapat diartikan bahwa kegunaan paling penting dari tipografi ialah untuk memberikan kepribadian bagi sebuah desain. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan elemen tipografi dalam desain grafis Anda secermat mungkin.