Desain

Macam Jenis Desain Grafis yang Bisa Dipelajari

×

Macam Jenis Desain Grafis yang Bisa Dipelajari

Sebarkan artikel ini
Jenis Desainer Grafis
Jenis Desainer Grafis

Ada banyak jenis desain grafis yang ada di luar sana. Bahkan sangat mungkin ada beberapa jenis yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Perlu diingat, menjadi seorang desainer grafis membutuhkan pemahaman mengenai jenis-jenis tersebut.

Itu karena jenis ini nantinya akan menentukan apakah karir Anda sebagai desainer grafis bisa berkembang atau tidak. Sebenarnya ada beberapa desainer grafis yang fokus pada satu bidang keahlian. Ini biasanya dilakukan oleh desainer grafis profesional.

Pemilihan bidang tersebut mungkin karena nama desainer grafis ini relatif besar. Dengan nama besar tersebut, tidak akan sulit untuk mendapatkan job walaupun hanya spesifik pada satu bidang. Anda sebagai desainer grafis baru tentu tidak bisa melakukan hal tersebut.

Berikut Daftar Jenis Desain Grafis

Jenis Desainer Grafis
Jenis Desainer Grafis

Untuk Anda yang ingin mengetahui berbagai jenis dari desain grafis, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan diberikan uraian rinci mengenai berbagai jenis dan Apa Saja Tugas Seorang Desainer Grafis. Perlu diketahui, jenis ini sendiri sebenarnya masih banyak.

Jika malah pilih-pilih bidang, orderan yang masuk pasti tidak stabil. Oleh karena itu, penting untuk menguasai semua jenis desain grafis lebih dulu. Nantinya hal ini akan membuat jumlah orderan yang didapat menjadi lebih banyak.

Tetapi jenis yang kali ini diberikan adalah yang paling populer. Intinya ini adalah jenis yang paling dibutuhkan di dunia desain grafis. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja berikut ulasan secara lebih rinci.

  1. Drafter

Jenis desain grafis pertama adalah drafter atau seorang perancang. Tugas seorang drafter sendiri sebenarnya sederhana. Nantinya drafter ini memiliki tugas untuk merancang bangunan. Biasanya ini dibutuhkan pada dunia arsitektur.

Kunci dari profesi sebagai drafter adalah ketelitian. Jika seseorang tidak teliti, sulit untuk bisa merancang bangunan berkualitas tinggi. Pemahaman mengenai beberapa aplikasi juga penting. Contoh aplikasinya seperti Archicad dan Autocad.

  1. Editor

Jenis desain grafis berikutnya adalah editor. Perlu diketahui, fungsi dari editor ini sangat banyak. nantinya editor bisa bertugas membuat banner, pamflet, logo, stiker, sampul, kartu nama, dan masih banyak lagi. Profesi dari editor sendiri bisa dibilang paling populer.

Itu karena, ini adalah jenis yang paling sering dibayangkan ketika membahas desain grafis. Editor sendiri biasanya sangat dibutuhkan di dunia publikasi. Beberapa aplikasi yang dibutuhkan seorang editor antara lain Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan Adobe Photoshop.

  1. Layouter

Jenis desain grafis berikutnya yang tidak kalah penting adalah layouter. Bagi masyarakat umum, profesi layouter memang tidak terlalu populer. Namun di dunia desain grafis, peran sebagai layouter memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Fungsi utama dari layouter adalah untuk membuat tata letak. Biasanya penentuan tata letak ini dibutuhkan oleh koran dan majalah.

Dengan adanya layouter, koran atau majalah yang dibuat akan semakin enak dipandang. Aplikasi yang dibutuhkan sendiri antara lain Adobe PageMaker, Ms. Publisher, hingga Adobe InDesign.

  1. Art Director

Tidak lengkap mengulas jenis dari desain grafis tanpa menambahkan Art Director ke dalamnya. Fungsi utama dari Art Director adalah untuk membuat karya seni. Contoh karya seni yang paling diminati seperti hiasan atau visual effect.

Inti dari menjadi Art Director adalah kreatifitas yang tinggi. Semakin tinggi kreativitas, maka hasil yang didapat pasti semakin memuaskan. Beberapa aplikasi yang biasanya dibutuhkan seorang Art Director antara lain Photoshop, Corel Draw, dan Photo Paint.

  1. Animator

Animator adalah jenis desain grafis berikutnya yang tidak kalah penting. Perlu diingat, kebutuhan animasi di dunia terus meningkat. Animator sendiri paling sering diminta untuk membuat motion grafis, iklan, hingga film fantasi.

Kunci utama jika ingin menjadi animator adalah memiliki daya tahan tinggi. Itu karena, animator perlu bertahan di depan layar dalam waktu lama.

  1. Visualisator

Jenis terakhir yang akan diulas pada daftar ini adalah visualisator. Visualisator ini biasanya dibutuhkan di dunia marketing produk. Tugas utama dari seorang visualisator sendiri adalah memberikan gambaran dari sebuah produk.

Gambaran yang diminta sendiri biasanya berbentuk tiga dimensi. Ada banyak aplikasi yang dibutuhkan jika ingin menjadi visualisator handal. Tetapi untuk sekarang, ada tiga aplikasi paling populer yaitu Digital Clay, Autocad, hingga 3D Max.

Pastikan untuk tidak sembarangan jika ingin menjadi desainer grafis. Itu karena, seorang desainer grafis yang handal biasanya memiliki kesiapan untuk terus mempelajari hal baru. Oleh karena itu, terus belajar untuk menguasai berbagai jenis desain grafis di atas.