Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Bayi

0
9
Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Bayi

Berita7.id – Saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan, biasanya anak sudah diberikan makanan lain selain ASI atau biasa disebut MPASI atau makanan pendamping ASI. Saat bayi baru berusia 6 bulan, seorang ibu boleh memberikan makanan lain selain ASI sebagai asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh.

Meskipun begitu, seorang ibu harus tetap berhati-hati dan selektif dalam memberikan makanan. Jika usia bayi Anda masih berkisar 6-8 bulan, makanan yang diberikan haruslah bertekstur halus bahkan cenderung encer. Anda boleh memberikan makanan dengan tekstur kasar dan semi padat saat bayi Anda berusia 12 bulan.

Berbicara mengenai asupan makanan, selain tekstur dari makanan tersebut tentunya sumber makanan yang diberikan kepada si kecil haruslah makanan yang bergizi. Salah satu asupan makanan yang baik untuk diberikan si kecil yaitu sayuran. Sayuran memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil.

Anda bisa mengolah sayuran menjadi makanan yang bertekstur encer atau pun semi padat, disesuaikan dengan kebutuhan usia bayi Anda. Selain baik untuk mencukupi kebutuhan gizi dan  nutrisi bayi, memberikan sayuran saat si kecil mulai mengkonsumsi makanan selain ASI baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil.

Sayuran merupakan makanan bergizi namun paling banyak tidak disukai oleh anak-anak. Dengan memberikan sayuran sebagai makanan saat pertama kali bayi mulai mengenal makanan dan rasa, Anda bisa melatih dan membiasakan si kecil agar menyukai sayuran ini.

Banyak sekali jenis sayuran, namun hanya sayuran-sayuran tertentu saja yang boleh dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk dijadikan bahan makanan bagi si kecil. Lalu sayuran apa saja yang baik di konsumsi untuk bayi? Berikut ini sayuran yang baik dikonsumsi untuk bayi :

Bayam

Salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk bayi yaitu sayur bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang dikenal dengan kandungan gizi nya yang tinggi, baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat besi yang cukup tinggi yang dimiliki sayur bayam berfungsi untuk mencegah anemia. kandungan gizi lainnya yang terdapat pada sayur bayam yaitu vitamin A, asam folat, kalsium, mineral dan serat. Beberapa kandungan nutrisi ini baik untuk pertumbuhan dan tumbuh kembang si kecil. Sayur bayam ini bisa Anda olah menjadi bubur tim dengan cara menghaluskan dan mencampurkan nya dengan bubur yang tentunya memiliki tekstur lembut.

Brokoli

Sayuran berikutnya yang baik dikonsumsi untuk bayi yaitu brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki bentuk mirip dengan bunga kol. Sayuran hijau ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah baik dengan sayur bayam. Brokoli memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi yang baik untuk kesehatan si kecil. Beberapa kandungan gizi yang penting yang terdapat pada brokoli yaitu protein, kalsium, kalium, natrium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6 & B12, vitamin C dan D. Cara mengolah brokoli untuk makanan bayi yaitu dengan merebus brokoli tersebut dan menghaluskannya dan mencampurkannya dengan bubur.

Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan. Banyak yang kurang tahu bahwasannya jenis sayuran satu ini ternyata baik sebagai asupan makanan bagi si kecil. Sayuran berwarna merah ini mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk sistem imun atau kekebalan tubuh si kecil. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya yaitu protein, karbohidrat, lemak, Vitamin A, vitamin B1,B2,B3 dan vitamin C,kalsium, kalium, zat besi, fosfor, natrium, serat dan air. Berikan tomat ini kepada si kecil dengan mengolahnya menjadi jus.

Wortel

Sayuran yang baik dikonsumsi oleh bayi berikutnya yaitu wortel. Wortel merupakan salah satu sayuran terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang begitu tinggi yang baik untuk kesehatan mata. Sayuran berwarna orange ini selain kaya akan kandungan vitamin A nya juga mengandung zat dan nutrisi lain yang baik untuk perkembangan si kecil. Beberapa kandungan tersebut seperti serat, kalsium, kalium, karbohidrat, karoten, vitamin C, dan air. Cara mengolah wortel untuk dikonsumsi bayi yaitu dengan mengolahnya menjadi bubur tim.

 Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan tambahan bahan makanan sebagai penyedap. Seledri ternyata memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan si kecil. Beberapa kandungan zat yang terkandung di dalam seledri yaitu natrium, kalium, karbohidrat, serat,vitamin A, vitamin B12, vitamin B6 dan vitamin C. Kalsium, magnesium, dan zat besi. Berikan seledri sebagai bahan tambahan pada makanan yang akan dikonsumsi oleh si kecil seperti bubur dan sup ayam.

Beberapa sayuran tersebut merupakan sebagian jenis sayuran yang memiliki kandungan zat baik gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil, tumbuh kembang si kecil bahkan sistem imun atau kekebalan tubuh si kecil. Olah sayuran diatas menjadi menu makanan dengan tekstur yang disesuaikan dengan usia si kecil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here