Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Ginjal Anda!

0
6
penyakit ginjal

Ginjal adalah organ yang terletak di atas rongga perut dekat otot-otot punggung tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang yang terlihat seperti kacang. Mereka mendetoksifikasi darah dan membantu tubuh kita dalam menyaring produk-produk limbah melalui urin.

Fungsi lain dari ginjal adalah untuk menghapus air tambahan dari tubuh. Juga mereka menjaga air untuk tubuh kita saat ini membutuhkan lebih banyak.
Juga, mereka dapat mengatur kadar mineral seperti fosfat dan kalsium dalam tubuh kita. Ginjal menghasilkan hormon-hormon penting yang membantu mengatur tekanan darah. Mereka juga membuat sel-sel darah merah untuk membawa oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Hal ini sangat penting untuk menjaga ginjal berfungsi dengan baik, jika Anda ingin tetap sehat. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat mengarah ke masalah ginjal atau perubahan dalam kuantitas atau warna urin, kelelahan atau kelelahan, muntah, pusing, bau mulut, kulit gatal, anemia, masalah pernapasan, merasa dingin sebagian besar waktu dan nyeri tak terduga di tubuh.

Asupan Air Mencukupi

Tidak minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Paling penting fungsi ginjal adalah untuk mengatur produksi eritrosit dan menyiram metabolik limbah dari tubuh.
Jika tubuh kekurangan air yang cukup, ada sedikit aliran darah ke ginjal sebagai darah datang akan terkonsentrasi. Karena ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun dari tubuh.
Yayasan Ginjal Nasional mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10-12 gelas cairan setiap hari, untuk menjaga ginjal sehat dan tubuh terhidrasi. Namun, ingat bahwa minum terlalu banyak air juga tidak baik pada ginjal. Jadi, jangan lakukan itu.

Mengkonsumsi Terlalu Banyak Minum Kopi

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh konsumsi kafein terlalu banyak, yang pada gilirannya akan memberikan tekanan pada ginjal. Ini dapat merusak ginjal Anda setelah beberapa waktu.
Menurut sebuah studi yang diterbitkan di 2012 dari International Ginjal, konsumsi kafein terkait dengan batu ginjal. Kafein juga dapat naik sekresi kalsium di urin.
Kafein dalam jumlah yang moderat tidak akan menyebabkan masalah kesehatan bagi kebanyakan orang. Anda bisa minum 1-2 cangkir kopi, 3 cangkir teh per hari. Selain itu, batasi asupan sumber kafein seperti minuman ringan, minuman energi, cokelat, kakao dan beberapa obat.

Tinggi Konsumsi Garam

Makan terlalu banyak garam sepanjang waktu juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Ginjal menyerap 95 persen dari natrium dikonsumsi melalui makanan.
Ginjal harus bekerja keras jika asupan garam tinggi untuk mengeluarkan kelebihan garam. Ini dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal, menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa asupan garam meningkat jumlah protein urin, salah satu faktor utama untuk penyakit ginjal.
Ahli menyarankan tidak lebih dari 5 gram per hari. Mengkonsumsi lebih dari ini dapat berbahaya bagi ginjal Anda serta kesehatan Anda. 1 sendok teh garam adalah sekitar 6 gram.

Minum Alkohol Berlebihan

Mengontrol minuman beralkohol boleh-boleh saja, tetapi bila minum secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang besar ke ginjal. Alkohol adalah racun yang dapat menyebabkan banyak stres untuk hati dan ginjal.
Jika Anda minum alkohol dalam jumlah yang tinggi, kemudian asam urat dapat disimpan di tubulus ginjal, menyebabkan obstruksi tubulus. Ini dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Juga, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi ginjal.
Jika Anda ingin minum, maka jangan berlebihan. Disarankan 2 kali minum sehari untuk pria dan 1 kali minum sehari untuk wanita dan remaja.

Kurang Tidur

Karena gaya hidup kita sibuk, banyak orang mengabaikan fakta tidur sangat penting. Tidur 6-8 jam sehari-hari sangat penting untuk kesehatan Anda seluruh.
Ketika Anda tidur selama malam, regenerasi sel-sel organ terjadi, jadi ketika Anda tidak mendapatkan suara tidur, ini mengganggu proses pembaharuan, menyebabkan kerusakan ginjal dan beberapa organ lainnya.
Beberapa studi mengatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis (penyumbatan arteri). Ini juga naik risiko penyakit ginjal.
Ada baiknya untuk memiliki kebiasaan tidur yang baik dan sehat dan menjaga keseimbangan antara kerja dan istirahat. Ini secara signifikan akan membantu Anda untuk melindungi ginjal Anda dari masalah kesehatan dan memungkinkan Anda untuk hidup sehat.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here