Inilah 9 Langkah Tepat Cara Menyikat Gigi Anda dengan Benar

0
10
Cara Menyikat Gigi

Sangat penting untuk mengikuti teknik yang tepat saat menyikat gigi. Artikel ini memberikan beberapa informasi tentang metode penyikatan gigi yang benar agar tetap bersih dan sehat.

Sebagian besar masalah gigi dapat dihindari jika kita mengikuti saran perawatan gigi secara tepat. Tidak hanya sangat penting untuk menyikat gigi dua kali sehari, tapi juga mengikuti teknik penyikatan gigi yang tepat. Gigi harus disikat sedemikian rupa sehingga Anda bisa menghilangkan jumlah maksimum plak dan sisa makanan yang menempel di antara gigi. Masalah gigi seperti karies gigi, gusi berdarah, penumpukan tartar, dll, dapat dicegah dengan mengikuti teknik yang tepat. Sayangnya, perawatan gigi tidak terlalu penting dalam sehari-hari karena kehidupan kita yang serba cepat.

Metode yang Tepat Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Pertama, yang terpenting adalah memilih sikat gigi yang tepat. Pilih sikat gigi dengan bulu lembut.

Kedua, setelah Anda memilih sikat gigi, letakkan sedikit pasta gigi di atasnya. Selalu ingat bahwa jauh lebih baik menggunakan pasta gigi daripada bubuk gigi. Pasta gigi sedikit abrasif, bila dibandingkan dengan bubuk gigi. Hindari menyikat gigi dengan baking soda, karena hal itu akan menghilangkan permukaan gigi secara ireversibel.

Ketiga, pegang sikat gigi pada sudut empat puluh lima derajat ke gigi, sehingga bulu menempel pada kedua gusi dan gigi.

Keempat, letakkan sikat gigi pada permukaan luar gigi posterior. Setelah itu, buat gerakan sedikit mundur dan maju dengan gerakan lembut. Ulangi hal yang sama untuk permukaan luar gigi posterior bagian atas.

Kelima, demikian pula, tahan sikat gigi pada sudut empat puluh lima derajat ke gigi bawah Anda dan sikat permukaan luar gigi posterior sekali lagi.

Keenam, begitu permukaan bukal gigi posterior selesai, kemudian lanjutkan untuk membersihkan gigi depan. Ini adalah langkah yang sangat penting, karena kemungkinan pembentukan rongga di daerah interdental gigi depan cukup tinggi. Hindari menggosok gigi dengan kuat untuk mencegah abrasi. Metode yang benar adalah menyikat gigi bagian atas dari atas ke bawah, dan gigi bawah dari bawah ke atas. Logika utama di balik ini cukup sederhana. Menyikat gigi bagian atas dari atas ke bawah, dan gigi bawah dari bawah ke atas akan memastikan bahwa puing dan plak didorong menjauh dari garis gusi. Kedua gerakan ini akan mencegah plak memasuki gusi Anda, sehingga mencegah gusi berdarah, atau kemungkinan penyakit gusi lainnya.

Ketujuh, langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan oklusal gigi, yaitu permukaan gigitan gigi premolar dan geraham.

Kedelapan, Memijat gusi Anda juga membantu memperbaiki sirkulasi gusi, yang pada gilirannya membuat mereka lebih sehat. Sikat gigi minimal 2 sampai 5 menit.

Kesembilan, anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi, atau menggunakan pembersih lidah. Langkah terakhir adalah menggunakan benang pembersih gigi, atau obat kumur tergantung pada saran dokter gigi Anda.

Mengikuti prosedur yang disebutkan di atas sehari-hari tentu akan terbukti bermanfaat. Jika Anda memiliki kawat gigi ortodontik, maka Anda perlu lebih berhati-hati saat menyikat gigi. Meski teknik dasarnya tetap sama, ada sikat gigi khusus yang dirancang untuk kawat gigi. Masing-masing dari kita harus sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi kita.

Disclaimer : Artikel ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti nasihat ahli gigi.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here