Cara Mengatasi dan Gejala Cacingan Pada Anak

0
23
Gejala Cacingan Pada Anak

Berita7.id – Cacingan merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami anak-anak. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak.

Bahkan cacingan tidak hanya menyerang anak-anak, orang dewasa pun bisa saja terserang penyakit cacingan. Banyak sebab yang dapat memicu penyakit cacingan, baik itu dari makanan yang dikonsumsi dimana makanan ini kurang higienis dan terdapat telur cacing, sehingga telur tersebut berkembang biak di dalam tubuh kita.

Bagi anak-anak, biasanya cacingan ini disebabkan karena bermain di luar, saat tangan atau anggota tubuh lainnya terkena kotoran, debu dimana terdapat telur cacing yang tak terlihat masuk ke dalam tubuh.

Beberapa jenis cacing yang biasa menjadi penyebab penyakit cacingan ini yaitu cacing kremi, cacing tambang dan cacing pita. Orang dewasa biasanya terkena cacingan disebabkan oleh cacing gelang dan cacing cambuk.

Saat anak terlihat lahap namun tidak pernah bisa gemuk, sebagai orang tua Anda harus waspada. Gejala tersebut merupakan salah satu gejala cacingan pada anak.

Selain itu masih banyak gejala lainnya yang dialami anak yang terkena penyakit cacingan seperti badan kurus dengan perut yang buncit, sering garuk-garuk bagian pantat, sering mengalami gangguan pada sistem pencernaan khususnya lambung, tidak bersemangat dan sering mengalami batuk-batuk.

Saat gejala-gejala tersebut terlihat pada anak Anda, segeralah lakukan tindakan untuk menangani penyakit cacingan ini. Lalu, bagaimana caranya mengatasi cacingan pada anak? Berikut ini beberapa cara mengatasi cacingan pada anak :

1 . Menggunakan biji pepaya dan madu
Salah satu cara mengatasi cacingan pada anak yaitu dengan memberikan ramuan atau obat alami. Cara alami mengatasi cacingan yaitu dengan memberikan campuran biji pepaya dan madu. Cara membuat obat alami dari biji pepaya dan madu yaitu dengan menumbuk biji pepaya yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sampai halus. Jika sudah halus, Anda bisa menggunakan bubuk biji pepaya ini sebagai obat cacingan khususnya cacing gelang dengan menyeduhnya dengan air hangat dan menambahkan madu agar anak mau meminumnya.

2. Menggunakan daun pepaya
Pohon pepaya memang memiliki manfaat yang baik untuk diolah sebagai obat untuk mengatasi cacingan pada anak. Selain mengatasi cacingan dengan biji pepaya, Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Jika biji pepaya mampu menjadi obat untuk cacing gelang, daun pepaya justru baik digunakan untuk melawan cacing kremi. Cara mengatasi cacingan dengan daun pepaya yaitu dengan merebus beberapa helai daun pepaya. Jika sudah berikan rebusan air daun pepaya ini pada anak Anda secara teratur agar penyakit cacingan yang di derita lekas sembuh.

3 . Menggunakan bawang putih dan akar pepaya
Selain biji dan daun pepaya, salah satu cara untuk mengatasi cacingan pada anak yaitu dengan menggunakan akar pepaya serta bawang putih. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengatasi cacing kremi. Cara membuat obat alami untuk mengatasi cacingan ini yaitu dengan merebus bawang putih, akar pepaya dengan ditambahkan gula merah. Minum ramuan ini secara teratur agar penyakit cacingan lekas sembuh.

4. Wortel
Wortel tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi. Wortel ternyata bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi cacing-cacing di perut khususnya bagi anak maupun orang dewasa yang mengidap penyakit cacingan. Cara mengatasi cacingan dengan menggunakan wortel yaitu dengan minum air perasan wortel yang sudah dicampurkan dengan santan kental dan sedikit garam.

5.  Akar Delima
Selain akar pepaya, salah satu akar tanaman yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi cacingan pada anak yaitu akar delima. Cara membuat ramuan untuk mengobati cacingan dengan akar delima yaitu dengan merebus akar delima yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong kecil dengan setengah gelas air. Diamkan hingga 15 menit, jika sudah minumlah rebusan air akar delima ini untuk mengatasi cacingan.

6. Kulit Mangga
Siapa sangka kulit mangga yang biasa kita buang saat mengkonsumsi buah mangga ternyata memiliki khasiat yang baik untuk mengobati dan mengatasi cacingan pada anak. Di dalam kulit buah mangga mengandung zat antelmitik dimana zat ini mampu membantu mengatasi segala jenis bakteri yang ada di dalam perut termasuk cacing penyebab cacingan. Cara mengobati cacingan dengan kulit mangga yaitu dengan merebus kulit mangga sekitar 15 menit. Lalu berikan ramuan ini kepada si kecil agar cacing-cacing penyebab cacingan bisa hilang dan mati.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here