Buah Yang Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

0
12
buah yang baik untuk ibu menyusui

Berita7.id – Saat masa kehamilan, sang ibu dipaksa untuk tetap menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya agar tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisi untuk kesehatan kandungannya.

Seusai melahirkan, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi masih menjadi tugas dan tanggungan sang ibu. Saat masa menyusui seorang ibu tetap dituntut untuk mengkonsumsi makanan tertentu saja yang tentunya memiliki kandungan gizi yang baik untuk sang buah hati maupun si ibu nya sendiri.

Mengkonsumsi makanan yang tepat saat menyusui tidak hanya memberikan manfaat yang baik untuk sang ibu saja, apa yang dikonsumsi si ibu juga akan diterima oleh sang bayi.

Salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi saat menyusui yaitu buah buahan. Banyak sekali jenis buah-buahan namun hanya beberapa jenis buah tertentu saja yang baik dikonsumsi bagi ibu menyusui.

Baca juga : 7 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Agar tidak salah mengkonsumsi buah saat menyusui, berikut ini beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi saat masa menyusui :

1. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang cukup aman dan baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang menyusui. Bahkan saat bayi memasuki usia 6 bulan ke atas, salah satu asupan makanan yang dipilih selain bubur yaitu buah pisang yang dihaluskan.
Selain mengandung serat yang cukup tinggi untuk melancarkan proses pencernaan bagi ibu dan buah hati, pisang juga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi, dimana potasium merupakan salah satu zat yang dibutuhkan ibu menyusui maupun ibu hamil. Zat potasium ini memiliki manfaat penting bagi tubuh seperti membantu menjaga cairan di dalam tubuh serta elektrolit agar tetap seimbang.

2. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang sering dijadikan jus. Selain memiliki rasa yang lezat, buah yang berwarna hijau ini memiliki kandungan zat yang baik bagi kesehatan, sehingga buah yang satu ini cocok dikonsumsi bagi ibu menyusui untuk asupan nutrisi tubuh.
Di dalam buah alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang berwarna hijau yang satu ini juga ternyata memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan potasium yang terdapat pada buah pisang.
Selain zat potasium, di dalam buah alpukat terdapat zat yang berperan penting bagi perkembangan sel dalam tubuh bayi seperti protein dan asam amino.

3. Jeruk
Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C pada tubuh, buah jeruk merupakan salah satu buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan Vitamin C nya yang tinggi.
Pada masa menyusui, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan vitamin C, selain untuk menjaga tubuh agar tetap fit, mengkonsumsi buah jeruk dapat membantu proses pertumbuhan si kecil yakni berperan penting dalam pertumbuhan tulang, otot serta gigi sang buah hati.
Dengan kandungan vitamin c yang dikonsumi melalui buah jeruk, dapat meningkatkan kekebalan tubuh sang ibu maupun si kecil sehingga keduanya tidak mudah sakit. Bahkan dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat membantu proses perbaikan jaringan oto serta pertumbuhan jaringan otot baru pada ibu menyusuhi.
Namun perlu diingat, meskipun kandunga vitamin c pada jeruk sangat baik bagi kesehatan tubuh, dengan begitu bukan berarti sang ibu boleh mengkonsumsi buah jeruk secara berlebihan. Setiap bayi memiliki kecenderungan yang berbeda. Ada yang cocok dan baik-baik saja saat sang ibu mengkonsumsi jeruk, ada juga yang sensitif dan tidak cocok, malah berakibat pada diare.

4. Aprikot
Buah berikutnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui yaitu  Aprikot. Aprikot mengandung zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Zat tersebut diantaranya yaitu vitamin A, C, kalsium , potasium serta zat fitoestrogen.
Zat fitoestrogen merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan ibu hamil maupun ibu menyusui.  Zat ini merupakan salah satu zat yang dibutuhkan ibu menyusui karena dampaknya yang mirip dan menyerupai hormon estrogen. Dimana hormon estrogen ini memiliki fungsi salah satu nya dapat membantu menghasilkan produksi asi.

5. Blueberry
Blueberry merupakan salah satu keluarga bery-beryan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan nya yang sangat tinggi dipercaya ampuh untuk mencegah serangan penyakit. Bagi ibu menyusui, buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi agar kesehatan tubuh sang ibu dan bayi tetep terjaga.

6. Apel
Buah berwarna merah dengan daging berwarna putih ini selain memiliki rasa yang nikmat ternyata memiliki khasiat penting untuk dikonsumsi bagi ibu menyusuhi.
Kandungan zat nya yang baik untuk tubuh seperti Vitamin A, B, C dan K , fosfor, kalium, kalsium dan omega 3 baik untuk perkembangan tulang dan otak si kecil.
Kandungan zat antioksidan nya yang tinggi baik untuk melawan radikal bebas serta kandungan air nya yang cukup tinggi dapat mencegah panas dalam serta membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai buah yang baik untuk ibu menyusui yang layak untuk dikonsumsi. Semoga info ini bermanfaat para ibu-ibu yang sedang menyusui.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here