9 Tips Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

0
13
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berita7.id – Kehamilan adalah saat tubuh Anda mulai mengalami perubahan mendadak dan cepat. Ada saatnya ibu diberi makan yang cukup untuk dua orang. Saat ini, penelitian baru menemukan bahwa dalam hal kuantitas, ibu hamil hanya membutuhkan 300 kalori ekstra. Jadi, ibu hamil yang biasa makan cukup untuk dua mungkin menemukan kondisi kesehatan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, makanan sehat untuk ibu hamil haruslah benar-benar dipahami oleh setiap ibu. Karena setiap ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk bayinya.

Bahkan jika Anda telah makan makanan sehat sebelum kehamilan Anda, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang Anda konsumsi saat hamil. Diet sehat sangat penting untuk kehamilan seorang ibu, karena hal ini memastikan pertumbuhan janin yang benar dan mengurangi komplikasi.

Berikut di bawah ini adalah beberapa panduan mengenai makanan sehat untuk ibu hamil:

1. Pilihlah makanan whole grain (gandum) dan ganti makanan berkalori tinggi dengan makanan yang memiliki nilai gizi lebih tinggi.

2. Wanita hamil membutuhkan sekitar 1.500 mg kalsium setiap hari. Ini memasok cukup kalsium ke janin untuk pertumbuhan tulang dan mencegah ibu kehilangan kepadatan tulangnya. Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup kalsium bahkan saat mereka tidak hamil. Jadi, usaha ekstra harus dilakukan untuk mendapatkan jumlah kalsium yang tepat selama kehamilan. Makanan kaya kalsium termasuk tahu, salmon, sayuran berdaun hijau dan produk susu.

3. Aspek penting lainnya dari makanan sehat untuk ibu hamil adalah mengenai kebutuhan untuk makanan yang kaya zat besi. Ini termasuk ikan, unggas, telur, biji-bijian dan sayuran hijau. Namun, karena penyerapan zat besi dari makanan tersebut berlangsung dengan sangat lambat, banyak dokter menyarankan asupan suplemen zat besi. Suplemen zat besi sering menyebabkan sembelit, meski bisa membantu jika Anda mengonsumsi suplemen Anda dengan makanan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, makannlah makanan yang kaya akan vitamin C.

4. Asam folat penting untuk pertumbuhan janin Anda. Mengonsumsi 400 mg asam folat setiap hari dapat mencegah lebih dari 70% cacat lahir yang biasa ditemukan pada bayi yang baru lahir. Makanan alami seperti sayuran hijau tua, jeruk, biji-bijian, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan hati kaya akan asam folat. Anda juga mendapatkan suplemen asam folat, dan dokter sering merekomendasikan asupan vitamin prenatal yang mengandung asam folat.

Baca juga : Buah Yang Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

5. Ibu hamil tidak harus mengikuti diet ketat. Jangan lewatkan makan. Makanlah yang cukup untuk menambah berat badan pada tingkat yang dianjurkan. Sertakan berbagai macam makanan karena ini memastikan bahwa Anda mendapatkan semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda. Makanlah makanan secara teratur sehingga kadar gula darah Anda pun stabil.

7. Minumlah air yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi. Hindari alkohol dan JANGAN merokok.

8. Dewasa ini, sudah biasa bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi suplemen dalam jumlah besar. Meski sejumlah makanan sehat sangat membantu, tetapi dalam dosis besar bisa menyebabkan masalah kesehatan. Jadi selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen apapun.

9. Wanita hamil harus menghindari makanan mentah seperti ikan todak, mackerel karena ini mungkin mengandung kadar merkuri yang tinggi.

Dengan mengikuti prinsip nutrisi yang baik ini, ibu hamil dapat memastikan kesehatan dan perkembangan bayinya yang tepat. Pada saat yang sama, Anda juga dapat mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan di kemudian hari. Demikianlah beberapa tips makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here