7 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

1
9
meningkatkan produksi ASI

Berita7.id – Saat anak baru lahir, ASI merupakan asupan yang sangat penting untuk dikonsumsi si bayi. Saat lahir hingga usia 6 bulan, ASI merupakan asupan wajib yang harus diberikan sang ibu kepada bayi nya.

Menyusui atau memberikan ASI kepada sang bayi selain baik bagi kesehatan tubuh sang bayi, dengan menyusui juga dapat mencegah beberapa penyakit baik bagi sang ibu maupun si bayi nya sendiri.

Di dalam ASI terdapat kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh baik itu untuk perkembangan tubuh maupun sistem imun sang buah hati.

Namun kadang kala seorang ibu terpaksa memberikan susu bubuk untuk sang bayi dikarenakan produksi ASI sang ibu terhambat atau terganggu.

Padahal memberikan ASI secara ekslusif  atau menyusui dapat mencegah penyakit kanker payudara, dapat membantu merangsang pembentukan hormon oksitosin dan yang tidak kalah penting dengan menyusui ikatan sang ibu dan bayi akan terasa lebih erat.

Banyak cara yang dilakukan untuk membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang baru melahirkan, salah satu nya yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Berikut ini beberapa makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI

1. Sayur Bayam

Jenis sayuran hijau ini memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat phytoestrogens yang terkandung di dalam sayur bayam ini memiliki manfaat yang penting khususnya bagi ibu yang baru melahirkan yakni untuk memproduksi ASI. Selain sayuran bayam, Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran hijau lainnya sebagai bahan makanan untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain membantu memproduksi ASI melalui enzim phytoestrogens, masih banyak kandungan zat lainnya yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, B6, C, E dan K. Serta kandungan lainnya seperti kalsium, kalium, magnesium, asam folat dan juga fosfor.

Dengan mengkonsumsi sayur bayam selain dapat membantu produksi ASI juga membantu mencegah anemia karena kandungan zat besi yang cukup tinggi pada bayam. Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin menjadi asupan penting untuk daya tahan tubuh sang bayi dari vitamin B6 yang terkandung dari sayur bayam tersebut.

2. Bawang Putih

Bawang putih selain sebagai penyedap makanan, ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh bahkan bisa menjadi obat yang mampu membantu produksi ASI bagi ibu menyusui. Dengan memberikan bawang putih pada setiap menu makanan yang hendak di konsumsi, produksi ASI anda akan lebih meningkat. Saat anda sedang  mengalami masa kehamilan, bumbu dapur yang satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena mampu mencegah hipertensi.

3. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan memang memiliki kandungan zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Bagi ibu menyusui yang ingin meningkatkan pasokan ASIuntuk sang bayi, bisa mengkonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan. Selain mampu membantu memproduksi asi, jenis kacang-kacangan juga memiliki nutrisi penting lainnya bagi sang ibu maupun si bayi seperti zat besi serta vitamin lainnya. Jenis kacang-kacangan yang paling baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI diantaranya yaitu kacang Almond dan kacang Mete.

4. Sayur Merah

Selain sayuran hijau, ternyata beberapa jenis sayuran merah pun mampu membantu meningkatkan produksi ASI melalui zat-zat yang terkandung di dalamnya. Beberapa sayuran merah yang baik dikonsumsi bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI yaitu diantaranya ubi jalar, bayam merah, sawi merah serta sayuran merah lainnya. Dengan mengkonsumsi sayuran merah selain dapat meningkatkan produksi ASI juga mampu memenuhi kebutuhan asam folat bagi sang ibu.

5. Labu

Siapa sangka ternyata labu menjadi salah satu sayuran yang mampu meningkatkan produksi ASI sacara alami. Beberapa jenis labu seperti labu kuning maupun labu siam memiliki kandungan gizi yang tinggi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat nya yang tinggi baik untuk kesehatan pencernaan. Anda bisa mengolah labu ini menjadi sup atau pun kolak sebagai asupan makanan yang sehat dan lezat.

6. Kemangi

Kemangi merupakan jenis sayur hijau yang biasa digunakan sebagai lalapan. Selain memiliki rasa yang segar seperti daun mint, ternyata dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat membantu meningkatkan produksi ASIbagi ibu menyusui. Di dalam daun kemangi terkandung zat phytoestrogens yang cukup tinggi sehingga mampu mempercepat proses produksi asi. Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi ini sebagai lalapan atau sebagai campuran bahan makanan lainnya seperti kukus oncom atau tahu.

7. Wijen Hitam

Bahan makanan yang memiliki bentuk kecil-kecil ini selain biasa digunakan sebagai pelengkap makanan atau taburan makanan, ternyata memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan suplai ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan, biji wijen hitam juga bisa dijadikan obat oles dengan menjadikannya maker dengan tambahan bahan kencur. Obat alami ini bisa dioleskan dibagian payudara untuk mempercepat proses produksi asi.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here