7 Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Secara Alami dan Efektif

0
5
Cara Menurunkan Berat Badan

Berita7.id – Saat masa kehamilan bukan hal yang aneh jika berat badan mulai bertambah. Hal tersebut dikarenakan porsi makan dan asupan gizi yang dikonsumsi ibu hamil jauh lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Maka nya tidak heran jika banyak ibu-ibu yang mencari cara menurunkan berat badan pasca melahirkan agar tubuh nya kembali ideal.

Saat setelah melahirkan berat badan yang berlebih menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi seorang ibu. Banyak yang mampu mengembalikan bentuk tubuh nya menjadi ideal, tapi tidak sedikit juga yang gagal menurunkan berat badan karena tidak tahu cara yang tepat menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Berat badan yang berlebih menjadi salah satu momok masalah yang ditakuti para kaum hawa. Untuk itu banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan lemak agar berat badan kembali seimbang dan ideal.

Bagi ibu ibu yang baru saja melahirkan, berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan pasca melahirkan :

Olahraga

Saat masa kehamilan, ibu hamil cenderung mengurangi gerak untuk menjaga kandungan agar tetap sehat dan tidak terjadi apa-apa terhadap bayi nya. Wajar jika saat hamil berat badan meningkat secara drastis. Untuk menurunkan dan mengembalikan bentuk tubuh Anda pasca melahirkan, salah satu cara yang paling efektif yaitu olahraga. Selain mampu membakar kolesterol serta lemak jahat yang membuat berat badan meningkat, olahraga pun bisa menjadikan tubuh sehat dan segar. Namun sebelum melakukan olahraga, alangkah lebih baik berkonsultasi dengan dokter olahraga apa saja yang diperbolehkan dan waktu yang tepat diperbolehkan untuk olahraga setelah melahirkan.

Baca Juga : Buah Yang Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

7 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Konsumsi Buah dan Sayur

Banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu yang usai melahirkan tidak boleh mengkonsumsi makanan kecuali nasi putih serta lauk yang dimasak dengan cara dikukus tanpa penyedap apapun. Padahal mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayuran sah-sah saja untuk mencukupi kebutuhan gizi dan energi agar tenaga cepat pulih kembali usai melahirkan. Bahkan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dapat melancarkan pencernaan serta meluruhkan lemak jenuh dalam tubuh.

Bercengkerama Dengan Bayi

Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan yaitu dengan bermain dan bercengkerama dengan bayi Anda tercinta. Kegiatan yang satu ini selain menyenangkan ternyata gerakan-gerakan kecil saat bermain bersama si kecil dapat membantu membakar kalori pada tubuh Anda. Kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti menggendong bayi sembari berjalan-jalan kecil baik di dalam rumah maupun diluar atau bisa ajak bayi Anda menghirup udara segar diluar rumah dengan menggunakan stroller.

Menyusui Bayi

Setelah melahirkan, memberikan asi eksklusif merupakan kewajiban bagi ibu. Selain memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan bayi, menyusui dapat mencegah berbagai macam penyakit bagi sang ibu sendiri, seperti kanker payudara. Bahkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan cepat, menyusui menjadi salah satu cara yang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan usai melahirkan.

Mengkonsumsi Air Putih

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan berikutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Air putih memiliki fungsi untuk mendorong makanan serta melarutkan agar proses pencernaan dan peredaran darah lancar.  Saat proses pencernaan lancar tentunya dapat menghindari penumpukan sampah sisa-sisa pencernaan, bahkan dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah banyak mampu membantu melangsingkan tubuh.

Mengubah Kebiasaan Makan

Untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi lebih ideal, salah satu cara yang bisa dilakukan ibu pasca melahirkan yaitu dengan mengubah kebiasaan makan. Biasakan untuk makan teratur 3 kali sehari dengan asupan makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah dengan nasi yang tidak terlalu banyak. Kurangi mengkonsumsi makanan ringan seperti cemilan, makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan serta makanan fast food.

Kurangi Porsi Tidur di Siang Hari

Kebiasaan buruk yang sering terjadi dan dialami oleh kebanyakan ibu yaitu mudah ikut tidur saat menyusui anaknya.  Jika anda menginginkan berat badan anda turun dengan cepat, kurangi waktu tidur di siang hari terutama setelah makan. Tidur setelah makan akan membuat kolesterol menumpuk diperut dan membuat perut Anda menjadi buncit dan berat badan menjadi naik.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here