7 Cara Mengobati Sembelit Pada Bayi

0
9
mengobati sembelit pada bayi

Berita7.id – Saat si kecil sakit, orang tua akan begitu khawatir. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami bayi yaitu sembelit atau susah buang air besar, dimana penyakit yang satu ini tentunya terjadi karena terdapat masalah di saluran pencernaan.

Banyak hal yang menyebabkan si kecil susah buang air besar baik dari asupan makanan yang diberikan bayi juga bisa diakibatkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi ibu nya.

Banyak ciri-ciri yang bisa Anda lihat saat si kecil mengalami sembelit, seperti jarang buang air besar dalam waktu seminggu, feses yang keras, sulit buang air besar bahkan sampai mengejan begitu keras. Bahkan jika sudah parah sampai mengeluarkan darah.

Jika sudah terlihat salah satu ciri-ciri tersebut, sebagai orang tua tentunya kita harus sikap dan mencari solusi untuk mengobati susah buang air besar pada bayi Anda.

Cara mengatasi sembelit tentunya berbeda untuk orang dewasa dengan untuk bayi. Saat mengalami sembelit orang dewasa bisa mengkonsumsi obat-obat tertentu untuk mengatasinya.

Sedangkan cara mengobati sembelit pada bayi tidak boleh dengan sembarangan memberikan obat. Lalu bagaimana mengobati sembelit pada bayi secara alami?

Berikut ini cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengobati sembelit pada bayi:

Kurangi kekentalan susu formula

Tidak sedikit orang tua yang memberikan susu formula sebagai asupan nutrisi pengganti asi untuk si kecil. Tahukah Anda ternyata bayi yang mengkonsumsi susu formula lebih rentan terkena masalah pencernaan salah satunya yaitu sembelit. Saat bayi Anda mengalami sembelit, salah satu penyebab bayi Anda mengalami sembelit bisa jadi dari asupan susu formula yang ia terima. Untuk mencegah sembelit, usahakan untuk tidak memberikan susu formula yang begitu kental kepada bayi. Susu formula dengan tekstur yang begitu kental dapat menjadi salah satu penyebab sembelit. Untuk itu usahakan untuk memberikan susu formula yang agak encer dan mengurangi kekentalan susu formula yang diberikan kepada bayi Anda.

Asupan makanan ibu yang memberikan ASI

Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu penyebab sembelit pada bayi bisa jadi karena asupan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Saat ibu masih menyusui atau memberikan asi eksklusif segala sesuatu yang dikonsumsi ibu akan diterima juga oleh bayi lewat ASI tersebut, hal tersebut karena terjadi lintas nutrisi saat menyusui. Untuk mencegah dan mengobati jika bayi terlanjur mengalami sembelit, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung banyak serat agar proses pencernaan tetap lancar. Beberapa makanan yang mengandung banyak serat yaitu seperti sayuran hijau seperti bayam, brokoli atau buah-buahan seperti pisang, pepaya dan buah-buahan lainnya yang mengandung banyak serat.

Jangan memberikan makanan padat untuk bayi

Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna, sehingga bayi hanya boleh mengkonsumsi makanan-makanan tertentu saja. Selain susu formula yang terlalu kental, salah satu penyebab yang membuat bayi susah buang air besar yaitu asupan makanan yang terlalu padat. Untuk mengobati sembelit pada bayi, hindari memberikan makanan yang terlalu padat, seperti sereal yang terlalu padat. Ganti asupan makanan si bayi dengan ASI eksklusif serta makanan bergizi lainnya dengan tekstur yang lebih halus dan encer.

Berikan ASI secara eksklusif

Saat bayi Anda mengalami susah buang besar, salah satu obat paling sederhana dan aman tentunya yaitu ASI eksklusif. Selain dapat mencegah masalah sembelit pada bayi, ASI memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan tulang, gigi dan otak si kecil. Untuk itu setiap orang tua dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi untuk menghindari segala penyakit. Namun perlu diperhatikan, asupan makanan yang ibu konsumsi tidak boleh sembarang. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mampu menunjang gizi dan kesehatan bayi.

Makanan dengan serat tinggi

Saat bayi Anda sudah mulai mengkonsumsi makanan lain selain ASI atau susu, saat mengalami sembelit Anda bisa memberikan sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi untuk mengobati sembelit yang dialami bayi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu melancarkan kembali sistem pencernaan bayi dan mengurangi resiko sembelit.

Pijat perut bayi

Langkah lain yang bisa dilakukan orang tua saat bayi nya mengalami sembelit atau susah buang air besar yaitu dengan memberikan pijatan lembut di daerah perut. Saat bayi mengalami sembelit, tentunya daerah perut akan mengalami sakit dan membuat bayi rewel dan suka menangis. Untuk mengatasinya, Anda bisa memijat perut bayi Anda secara lembut dengan menggunakan lotion atau minyak telon. Selain dapat meredakan rasa sakit juga dapat membantu melancarkan buang air besar pada si kecil.

Ganti Susu Formula

Salah satu penyebab sembelit yang dialami bayi yaitu tidak cocok dengan merek susu formula yang dikonsumsinya. Banyak sekali brand susu formula, namun setiap bayi tentunya memiliki kecocokan masing-masing dengan susu formula yang dikonsumsinya. Untuk mengobati masalah sembelit yang terjadi pada bayi, Anda bisa mengganti merek atau brand susu formula yang dikonsumsi bayi Anda dengan susu formula lain yang lebih cocok.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here