7 Cara Alami dan Efektif Mengatasi Diare Pada Bayi

0
13
Mengatasi Diare Pada Bayi

Berita7.id – Diare merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi dan menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun diare merupakan hal yang umum, kita tidak boleh mengabaikan penyakit yang satu ini.

Diare yang terus menerus akan menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan, sedangkan kekurangan cairan dapat berdampak kematian jika tidak ditangani secara cepat.

Penyakit diare akan jauh lebih berbahaya jika menyerang bayi atau anak-anak. Maka dari itu sebagai orang tua, anda harus waspada. Setiap bayi umumnya memiliki fases yang lembut saat buang air besar, karena asupan makanan yang diperoleh pun belum banyak dan hanya makanan tertentu saja.

Namun apabila bayi Anda mengalami buang air besar dengan waktu yang tidak berselang lama dengan feses yang agak encer, Anda sebagai orang tua harus cekatan karena hal tersebut kemungkinan bayi Anda mengalami diare.

Banyak faktor yang menjadi penyebab bayi mengalami diare, bisa karena asupan makanan yang ia  konsumsi bisa juga karena asupan makanan yang dikonsumsi orang tua nya apabila bayi ini masih mengkonsumsi ASI.

Lalu, bagaimana cara mengatasi diare pada bayi? Bagi orang tua yang bayi nya sedang mengalami diare, Anda tak perlu panik. Berikut ini cara mengatasi diare pada bayi :

1. Berikan ASI
Seperti yang telah disebut diatas, penyakit diare memang umum terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak bahkan bayi. Namun jika diare ini semakin parah, Anda harus waspada karena semakin parah diare akan menyebabkan dehidrasi yang dapat menimbulkan kematian jika tidak ditangani secara cepat. Khususnya pada bayi, diare justru akan membuat tubuh bayi lebih cepat mengalami dehidrasi jika dibandingkan dengan orang dewasa atau anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut, usahakan untuk memberikan ASI eksklusif saat bayi Anda mengalami diare. Selain baik untuk kesehatan dan sistem imun, dengan memberikan ASI dapat mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi akibat diare.

2. Hentikan Susu Formula
Salah satu penyebab paling umum yang dapat memicu penyakit diare yaitu asupan makanan. Tidak cocok, alergi dari sebuah makanan bisa menyebabkan perut sakit serta mencret-mencret. Saat bayi Anda mengalami diare, bisa jadi penyebabnya yaitu susu formula. Kandungan gula yang lumayan tinggi pada susu formula dapat memicu diare. Jadi, usahakan untuk tidak memberikan atau menghentikan pemberian susu formula pada bayi Anda ketika mengalami diare. Memberikan susu formula hanya akan memperparah diare yang dialami  si kecil.

3. Berikan Makanan Padat 
Saat terserang penyakit diare, tubuh akan mengalami lemas karena kekurangan energi serta cairan akibat dehidrasi. Jika bayi Anda sudah mengkonsumsi makanan selain ASI, Anda bisa memberikan makanan sehat dengan tekstur yang lumayan padat namun tidak terlalu padat juga agar bayi tetap sehat dan berenergi. Berikan sup ayam atau cream sup ayam, bubur khusus bayi sebagai sumber energi serta buah-buahan dan sayuran segar agar tubuh kembali fresh dan normal.

4. Berikan Yogurt Khusus untuk Bayi
Yogurt merupakan salah satu minuman yang sudah terkenal dengan kandungan bakteri Lactobacillus nya yang baik untuk kesehatan usus maupun sistem perncernaan. Saat bayi Anda mengalami diare, yogurt bisa dijadikan salah satu pilihan asupan yang bisa dijadikan obat untuk diare. Kandungan bakteri Lactobacillus pada Yogurt dapat melawan bakteri-bakteri jahat pada usus yang menjadi penyebab sakit perut atau diare. Bahkan dengan mengkonsumsi yogurt dapat membantu membuat feses menjadi lebih padat tidak cair lagi seperti saat diare. Namun pastikan untuk memberikan yogurt khusus untuk bayi. Karena yogurt yang diperuntukan untuk orang dewasa tidak baik untuk dikonsumsi bayi karena mengandung zat yang kurang bagus untuk kesehatan bayi.

5. Berikan Larutan Elektrolit
Larutan elektrolit merupakan salah satu larutan yang sudah umum menjadi salah satu obat untuk mengatasi diare. Saat bayi Anda mengalami diare, Anda bisa menggunakan larutan elektrolit ini agar diare pada bayi bisa disembuhkan. Larutan elektrolit ini bisa Anda buat dengan mencampurkan air putih dengan garam yang jernih dan bersih dengan takaran yang tepat. Namun sebelum memberikan larutan elektrolit ini kepada bayi Anda, usahakan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

6. Pijat dengan Bawang Merah
Selain memberikan cairan elektrolit, salah satu tindakan yang bisa orang tua lakukan saat bayi nya mengalami diare yaitu dengan memberikan pijatan secara lembut dibagian perut dan punggung dengan menggunakan bawang merah serta minyak lentik. Hal tersebut dilakukan karena salah satu penyebab lain dari diare selain dari asupan makanan juga bisa jadi karena bayi mengalami masuk angin atau merasa kelelahan. Dengan memberikan pijatan dengan menggunakan bawang merah bisa meredahkan sakit perut, perut begah atau kembung akibat masuk angin.

7. Hindari gula untuk ibu menyusui
Salah satu penyebab timbulnya diare pada bayi selain dari asupan makanan yang ia makan secara langsung juga bisa jadi karena asupan makanan yang dikonsumsi orang tua nya, khususnya bagi bayi yang masih mengkonsumsi ASI eksklusif. Bayi yang masih mengkonsumsi ASI dari ibu nya bisa mengalami diare akibat asupan makanan yang salah yang dikonsumsi oleh orang tua nya, salah satu nya yaitu makanan yang mengandung gula. Bagi ibu yang masih menyusui, ketika bayi Anda mengalami diare, usahakan untuk tidak mengkonsumsi segala jenis makanan atau pun minuman yang mengandung gula terlalu tinggi. Kandungan gula yang begitu tinggi dapat mengakibatkan sakit perut atau diare pada bayi Anda.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here