6 Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

0
16
Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

Berita7.id – Salah satu penyakit yang rentan sekali menyerang bayi selain batuk dan pilek, salah satu penyakit lain yang sering terjadi yaitu sakit mata atau konjungtivitis.

Konjungtivitis merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan bagian mata bayi memerah akibat peradangan. Kongjungtivitis atau penyakit peradangan ini biasanya menyerang bagian putih mata atau tepat dibagian membran pelindung kelopak mata.

Gejala yang terjadi dari penyakit ini yaitu mata akan terlihat memerah akibat dari semakin jelasnya pembuluh darah di bagian mata bayi, bahkan penyakit ini pun dapat menyebabkan keluarnya cairan putih serta kekuningan di bagian mata.

Selain konjungtivitis, banyak hal yang dapat menyebabkan bayi mengalami sakit mata seperti debu yang masuk ke dalam mata, terinveksi bakteri dan virus, atau bisa jadi karena kekurangan vitamin A.

Saat bayi mengalami sakit, tentunya orang tua akan merasa khawatir. Orang tua akan melakukan segala cara agar si kecil sehat dan ceria kembali.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menyembuhkan sakit mata pada si kecil. Apa saja itu? Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit mata pada bayi :

Membersihkan mata bayi

Saat bayi mengalami sakit mata, hal pertama dan sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan mata bayi Anda secara rutin. Caranya yaitu dengan mengusapkan mata dengan menggunakan handuk serta air secara perlahan, pelan dan hati-hati tentunya. Pastikan air dan handuk yang digunakan bersih dan steril. Lakukan hal ini saat si kecil sedang tidur atau istirahat serta saat bangun tidur. Membersihkan mata bayi juga bisa Anda lakukan saat sedang memandikan bayi Anda. Jika bayi tetap mengalami sakit dan tidak ada perubahan, segera periksakan bayi Anda ke dokter.

Kompres dengan air dingin

Salah satu penyebab mata bayi mengalami sakit yaitu alergi. Saat bayi mengalami sakit mata biasanya bayi akan semakin rewel karena rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan. Untuk mengatasi rasa sakit, perih dan tidak nyaman saat bayi mengalami sakit mata, Anda bisa mengompres bagian mata bayi Anda dengan menggunakan air dingin serta handuk yang halus.

Kompres dengan air hangat

Selain menggunakan air dingin, mengompres mata bayi dengan menggunakan air hangat bisa Anda lakukan agar penyakit yang diderita si kecil lekas sembuh. Dengan mengompres mata bayi dengan menggunakan air hangat serta handuk yang bersih, selain dapat menghilangkan rasa sakit dan pedih juga dapat membersihkan bakteri dan virus yang menjadi salah satu akibat dari penyakit mata.

Baca Juga : 7 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

7 Cara Alami dan Efektif Mengatasi Diare Pada Bayi

6 Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi Yang Direkomendasikan Dokter

Gunakan Salep Oles

Setelah membersihkan mata bayi dengan mengompresnya baik dengan menggunakan air dingin atau pun air panas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar sakit yang dialami si kecil lekas sembuh yaitu dengan memberinya salep mata. Oleskan salep tersebut pada bagian mata yang sakit. Usahakan untuk menggunakan salep mata dengan dosis yang telah disesuaikan untuk bayi.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Selain virus, bakteri dan debu yang dapat menyebabkan bayi mengalami sakit mata, kekurangan vitamin A bisa menjadi salah satu penyebab bayi Anda mengalami sakit mata. Untuk mengatasi penyakit mata yang terjadi pada bayi Anda, Anda bisa memberikannya asupan seperti buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti apel serta sayuran seperti wortel yang terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang tinggi.

Konsumsi Vitamin A

Untuk menambah asupan vitamin A, selain memberikan asupan makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin A yang tinggi, Anda bisa memberikan suplemen Vitamin A untuk membantu mempercepat menyembuhkan penyakit mata yang dialami bayi. Namun perlu diperhatikan, sebelum  memberikan suplemen vitamin A, pastikan Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar segala sesuatunya aman dan tidak terjadi hal-hal yang justru memberikan dampak negatif kepada kesehatan bayi.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here