6 Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi Yang Direkomendasikan Dokter

0
73
Batuk Pilek Pada Bayi

Berita7.id – Flu, batuk dan pilek merupakan salah satu penyakit yang mudah sekali menyerang manusia, baik itu prang dewasa, anak-anak bahkan bayi. Saat bayi mengalami batuk dan pilek, banyak orang tua yang masih  kebingungan bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada bayi.

Penyakit flu, batuk dan pilek biasanya mudah sekali menyebar, khususnya bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah mudah sekali terjangkit penyakit ini.

Sistem imun atau kekebalan tubuh pada bayi masih lemah sekali dan belum sempurna, itu sebabnya tidak sedikit bayi yang rentan sekali terkena penyakit flu, batuk dan pilek.

Selain faktor sistem kekebalan tubuh, masih banyak sekali faktor lain yang dapat menyebabkan bayi mudah terkena batuk dan pilek, seperti makanan yang dikonsumsi ibu maupun bayi, faktor lingkungan dan masih banyak lagi.

Saat bayi  mengalami batuk dan pilek, si bayi akan lebih rewel, sering menangis dan susah tidur. Keadaan ini membuat orang tua justru akan semakin cemas.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengatasi batuk dan pelik untuk bayi, berikut ini beberapa cara mengatasi batuk dan pilek untuk bayi :

1. Istirahat Yang Cukup
Salah satu penyebab yang dapat memicu penyakit batuk dan pilek yaitu sistem kekebalan tubuh yang lemah. Salah satu hal yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun yaitu kurang nya istirahat. Saat tubuh kekurangan istirahat, tubuh akan mudah lemas, lemah dan kekurangan energi. Sedangkan energi dalam tubuh memiliki fungsi yang baik bagi tubuh salah satunya dapat menjadi benteng bagi tubuh untuk mencegah virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
Saat bayi mengalami gejala batuk dan pilek, pastikan bayi Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hindari terlebih dahulu segala macam aktivitas seperti mengajaknya bermain, ngoceh dan lain-lain.

2. Berikan Minyak Oles 
Saat bayi mengalami batuk dan pilek, harusnya si kecil mendapat waktu istirahat yang cukup. Namun kebanyakan yang terjadi , si bayi justru susah untuk tidur dan cenderung lebih rewel. Hal tersebut diakibatkan karena saat batuk dan pilek, hidung terasa mampet dan sesak nafas. Untuk itu berikan minyak oles seperti minyak telon atau minyak oles lain yang diperuntukan khusus untuk bayi yang bertujuan untuk melegakan nafas agar bayi tidak rewel dan bisa istirahat.

3. Minum Air Putih Yang Cukup
Air putih memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Saat tubuh mengalami sakit, jumlah cairan tubuh akan mudah terkuras. Agar tidak terjadi dehidrasi, pastikan bayi Anda mengkonsumsi air putih yang cukup. Selain dapat mencegah dehidrasi, dengan mengkonsumsi air putih dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit batuk dan pilek yang terjadi pada bayi, dahak dan lendir yang menyumbat hidung dan tenggorokan akan mengencer sehingga mudah untuk dikeluarkan.

4. Penyedot Ingus (Saline Drops & Bulb Syringe )
Saat batuk dan pilek, dahak dan lendir akan menumpuk di bagian hidung dan tenggorokan. Hal ini umum terjadi pada orang dewasa maupun bayi. Gejala penyumbatan lendir dan dahak memberikan efek tidak nyaman. Selain tenggorokan akan terasa gatal, sistem pernafasan pun akan terganggu.
Mengeluarkan dahak dan lendir pada tenggorokan maupun hidung mudah sekali bagi orang dewasa, namun jika hal ini terjadi pada bayi, justru hanya akan membuatnya semakin rewel. Untuk itu, sang ibu harus bisa mengeluarkan dahak dan lendir yang menyumbat pada bagian hidung si kecil. Gunakan alat penyedot ingus atau Saline Drops & Bulb Syringe agar lendir yang menyumbat dapat dikeluarkan sehingga penyakit batuk dan pilek sehingga mempercepat proses penyembuhan dan bayi tidak rewel lagi.
Saline Drops merupakan cairan yang diteteskan dibagian hidup sedangkan Bulb Syringe sendiri alat yang dipakai untuk menyedot lendir yang menyumbat. Saline Drops dan Bulb Syringe ini bisa Anda dapatkan di Apotek. Cara menggunakannya yaitu teteskan saline drops ke bagian hidung bayi, setelah 30 detik baru disedot dengan menggunakan Bulb Syringe.

5. Konsumsi Madu
Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, salah satu obat alami lain untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi yaitu dengan memberikannya madu. World Health Organisation dan American Academy Pediatrics menyatakan bahwa madu alami dapat meredakan batuk serta sakit tenggorokan. Kandungan nutrisi nya yang tinggi seperti antioksidan dan antimikroba dapat membantu meredakan batuk serta radang tenggorokan yang terjadi pada si kecil.

6. Melembabkan Udara
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi yaitu dengan melembabkan udara. Udara yang lembab dapat membantu mempermudah pengenceran lendir yang menyumbat sehingga dapat  mempercepat prose penyembuhan. Pastikan ruangan untuk bayi Anda lebih lembab saat si kecil sedang mengalami batuk dan pilek.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here