10 alasan terbaik untuk berhenti merokok

0
17
berhenti merokok

Apakah Anda seorang perokok? Apakah Anda lelah orang-orang yang meminta Anda untuk berhenti merokok dan Anda terus bertanya pada diri sendiri untuk ‘mengapa Anda’? Nah, jika Anda sedang mencari alasan untuk berhenti kebiasaan ini, maka artikel ini akan memberikan Anda 10 alasan teratas untuk berhenti merokok.

Jadi bagaimana jika Anda adalah seorang perokok? Jadi bagaimana jika mulut Anda berbau seperti asap rokok sepanjang waktu…? Tidak, permen tidak membantu sama sekali, kita masih mendapatkan bau! Tapi itu tidak masalah bagi Anda! Jadi bagaimana jika suara Anda tampaknya berat dan retak? Jadi bagaimana jika Anda terlihat tua dan keriput daripada Anda sebenarnya? Jadi bagaimana jika Anda adalah seorang perokok? Anda mungkin mulai merokok sejak anda masih remaja dan mungkin itu hal yang ‘keren’ untuk dilakukan, tetapi apa yang Anda coba untuk bersenang-senang telah menjadi kebiasaan yang merupakan bagian dari Anda, Anda merasa nyaman dengan Rokok, dan meskipun memiliki efek samping , tampaknya bekerja dengan baik untuk Anda sekarang. Saya ulangi, itu tampaknya bekerja dengan baik untuk Anda sekarang! Hidup ini tidak selalu bagaimana tampaknya. Mungkin orang lain memiliki masalah dengan Anda Merokok dan Anda tidak, tapi setelah membaca top 10 alasan untuk berhenti merokok yang disebutkan di bawah ini, percayalah, Anda akan memiliki masalah yang sama juga.

10 alasan mengapa Anda harus berhenti merokok

Baiklah, saya tahu bahwa Anda pernah mendengarnya (atau melihatnya di bungkus rokok Anda) jutaan kali bahwa ‘merokok itu berbahaya bagi kesehatan’ atau ‘merokok membunuh’. Dan saya juga tahu bahwa Anda berpikir bahwa ‘kita semua harus mati pada suatu hari atau hari lain, jadi bagaimana hal itu benar-benar penting asalkan Anda menjalani kehidupan normal’! Nah, Anda perlu berpikir apakah Anda benar-benar menjalani ‘kehidupan normal’! Hampir semua perokok yang saya kenal, tidak terlalu peduli dengan kesehatannya, karena mereka tidak dapat melihat bagaimana merokok mempengaruhi mereka dan orang di sekitar mereka. Di sisi lain, ada beberapa di antaranya yang pelan, tapi tidak punya motivasi atau kekuatan untuk berhenti. Entah Anda termasuk mantan, atau kelompok yang terakhir, daftar alasan untuk berhenti merokok akan menunjukkan kepada Anda apa yang tidak dapat Anda lihat, dan memberi Anda semua kekuatan dan motivasi untuk berhenti merokok.

# 1: Anda Ditonton dan Diikuti

Tidak, saya tidak bermaksud bahwa Anda sedang diawasi dan diikuti oleh departemen kesehatan yang akan menagih denda kepada Anda atau menempatkan Anda di belakang jeruji rokok untuk merokok, maksud saya Anda terus-menerus diamati oleh orang-orang di sekitar Anda, terutama anak-anak dan remaja; Apakah kamu mempunyai anak? Atau apakah Anda dekat dengan anak yang benar-benar menengadah kepada Anda sebagai contoh? Sebuah survei menyatakan bahwa sebagian besar anak-anak mulai merokok di usia remaja karena anggota keluarga adalah seorang perokok. Anda sudah lama memiliki kebiasaan ini, apakah Anda ingin menghentikannya atau menyebarkannya?

# 2: Anda Mempengaruhi Orang-orang di Sekitar Anda

Selain sebagai contoh buruk, merokok Anda juga menghambat kesehatan dan kebugaran orang-orang di sekitar Anda. Pernah dengar tentang perokok pasif? Apakah Anda menyadari bagaimana asap yang keluar melalui rokok menyebabkan masalah kesehatan kronis seperti masalah jantung, penyakit paru-paru, dan gangguan pernapasan pada orang-orang di sekitar? Bagaimana jika saya memberitahu Anda bahwa merokok Anda bisa membuat pasangan atau anak Anda menderita kondisi ini, apakah Anda tidak akan berhenti saat itu?

# 3: Anda Mengambil Jalan Menuju Kesepian

Apa jawaban Anda atas pertanyaan yang saya tanyakan di atas? Maukah Anda berhenti, atau apakah Anda lebih suka sendirian, jauh dari kekasih Anda, sehingga merokok tidak akan mempengaruhi mereka? Anda punya jawaban di sana. Saya telah melihat orang-orang menolak perokok saat harus berkencan dengannya. Saya telah melihat pasangan tidur di ruangan yang berbeda karena merokok terlalu banyak untuk dikonsumsi. Saya telah melihat anak-anak menderita asma sejak usia dini karena orang tua tidak dapat berhenti merokok. Di tempat kerja, saya telah melihat orang-orang membuat wajah aneh dan menjauhkan diri dari perokok karena baunya terlalu menyengat. Percayalah, setiap orang yang sadar kesehatan akan memilih untuk menjadi seorang non-perokok daripada perokok.

# 4: Merokok Mempengaruhi Kesehatan Anda

Ya, saya tahu Anda mengetahuinya, tapi ini pasti alasan utama Anda untuk berhenti merokok! Untuk memulainya, saya bertanya kepada Anda, apakah Anda lelah atau mengalami sesak napas setelah berolahraga sedang atau mendaki dua atau tiga lantai menaiki tangga? Apakah Anda mengalami batuk pagi? Apakah Anda pikir Anda kekurangan energi? Apakah Anda memiliki gigi kekuningan, kulit kering, dan keriput di wajah Anda? Nah, jika jawaban atas salah satu dari pertanyaan ini adalah ya, maka Anda punya alasan untuk berhenti. Terlepas dari ini, fakta yang berulang namun diketahui masih ada, perokok rentan terhadap serangan jantung dan stroke, paru-paru mereka ditutupi dengan tar dan dahak yang akhirnya menyebabkan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Merokok juga dianggap sebagai penyebab utama kanker, termasuk kanker paru-paru dan kanker payudara!

# 5: Merokok Menuju Depresi

Studi lain menunjukkan bahwa perokok sangat rentan mengalami depresi bila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Sebenarnya, merokok dikenal sebagai penyebab utama depresi, apakah Anda tahu itu? Saya tidak tahu apakah Anda memperhatikan ini atau tidak, tapi hal ini membuat saya berpikir. Sebagian besar semua perokok yang saya kenal, nampaknya sangat tegang, kecewa, atau tertekan dalam hidup. Ketika Anda berbicara dengan mereka dan mengamati bahasa tubuh mereka, mereka benar-benar tampak kesepian dan depresi dalam beberapa cara atau yang lain. Bukankah begitu?? Bagaimanapun, kabar baiknya adalah, bahwa orang-orang yang berhasil menghentikan kebiasaan ini, juga berhenti dari kesempatan untuk mengalami depresi berat. Tidakkah kamu menginginkan itu?

# 6: Merokok Mempengaruhi Kesuburan Anda

Nah, berbicara tentang masalah kesehatan, depresi, dan kesepian, tahukah Anda bahwa merokok juga bisa mempengaruhi kehidupan seks dan kesuburan Anda. Wanita yang merokok, cenderung mengalami kesulitan hamil, atau bahkan jika mereka bisa hamil, mereka menderita komplikasi seperti kehamilan ektopik, keguguran, atau kelahiran prematur. Bayi juga memiliki kemungkinan tinggi untuk mengembangkan cacat lahir dan kelainan. Berbicara tentang pria yang merokok, mereka juga mungkin memiliki masalah termasuk disfungsi ereksi dan jumlah sperma rendah yang bisa menyebabkan infertilitas. Masalah lain bahwa wanita yang merokok cenderung mengalami gejala ekstrim PMS. Mereka mengalami berbagai masalah Premenstrual Syndrome (PMS) seperti kembung, kram, nyeri payudara, dan rasa sakit. Mereka juga cenderung mengalami banyak perubahan suasana hati, jerawat, sakit punggung, dan sakit kepala.

# 7: Cukup Punya Pandangan Baik pada Diri Sendiri!

Jika Anda seorang perokok berat, atau ‘perokok biasa’, cukup perhatikan diri Anda sendiri. Atau tanyakan pada orang yang Anda cintai tentang penampilan Anda. Saat Anda berbicara dengan mereka, mulut Anda berbau busuk, saat Anda tersenyum, gigi Anda tampak berwarna kekuningan dan bernoda. Kulit Anda tampak pucat dan kering. Anda mungkin terlihat lebih tua dari Anda karena keriput sudah mulai terbentuk pada kulit Anda. Oh, bagaimana saya melupakan kuku? Mereka tampak kuning, seolah-olah Anda memiliki penyakit kuning atau semacamnya. Bagian mana dari deskripsi ini tampaknya menarik bagi Anda? Apakah Anda ingin diri Anda digambarkan seperti ini sepanjang hidup Anda?

# 8: Apakah Anda Tahu Berapa Banyak Anda Menghabiskannya untuk Asap?

Uang adalah pembicaraan di dunia sekarang ini, jadi mari kita bahas poin itu juga! Berapa bungkus biaya rokok di kota Anda. Nah, tergantung di mana Anda tinggal, harganya sekitar Rp.20rb atau lebih. Sekarang, jika Anda merokok sebungkus rokok setiap hari, berapa yang terjadi dalam sebulan? Dan dalam setahun, Anda melakukan matematika! Itu akan mencapai lebih dari Rp7juta setahun, bukankah Anda pikir Anda bisa memanfaatkan uang ini untuk alasan yang jauh lebih baik?

# 9: Tidakkah Anda Ingin Hidup dengan Penuh?

Penelitian menyatakan bahwa merokok mempengaruhi sensasi seseorang. Ini mempengaruhi ingatan, penglihatan, rasa, dan bau juga. Tuhan telah memberkati kita dengan indera ini sehingga kita dapat menjalani hidup kita sepenuhnya. Saya tahu seorang perokok berantai yang didiagnosis menderita depresi yang dikaitkan dengan merokok. Dia berjuang melawan semua godaan dan berhenti merokok. Anda tahu apa hal pertama yang dia katakan saat bertemu dengannya? Dia mengatakan bahwa sekarang dia menikmati makanannya lebih banyak, karena rasanya lebih enak. Dan bunga di kebunnya berbau segar dan aromatik. Tidakkah kamu ingin mengalami hal yang sama … menjalani hidup dengan maksimal?

# 10: Apakah Anda Ingin Hidup Sehat dan Panjang?

Orang-orang akhir-akhir ini tidak menginginkan kehidupan yang sangat panjang, tapi ya, hidup sehat adalah sesuatu yang setiap orang inginkan! Apakah Anda menginginkan hal yang sama? Nah, dengan alasan di atas yang disebutkan di atas, Anda pasti menyadari bahwa walaupun Anda mungkin bisa hidup dengan merokok, tidak mungkin menjalani hidup yang panjang dan sehat. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 500.000 orang meninggal setiap tahun karena tembakau, dan itu pun, kematiannya tidak damai. Penyebabnya adalah kanker mulut, PPOK, masalah jantung, dan stroke, untuk beberapa nama. Jadi sadari apa yang Anda inginkan, hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia, atau hidup merokok, mati muda, dan mati dengan rasa sakit?

Yang perlu Anda pahami adalah bahwa Andalah satu-satunya yang bisa membantu diri Anda sendiri untuk berhenti merokok! Anda mungkin akan bertemu dengan sepuluh ribu orang setiap hari yang meminta Anda untuk berhenti, mungkin Anda sudah membaca beberapa artikel mengapa Anda harus berhenti … dan Anda masih tidak dapat menemukan jawabannya. Ya, Anda memiliki kebiasaan dan Anda harus menghentikannya sebelum menjadi penyebab penderitaan yang tak dapat dipulihkan dalam hidup Anda atau kehidupan orang lain. Padahal, jika dipikir-pikir, hidup Anda juga terkait dengan kehidupan beberapa orang lainnya. Inilah 10 alasan saya untuk berhenti merokok.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here