5 Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

0
10
penipuan online

Berita7.idPerkembangan teknologi saat ini, bisa dirasakan dari kemudahan – kemudahan yang bisa kita peroleh, misalnya saja untuk aktivitas berbelanja. Dulunya, jual beli mesti mempertemukan antara penjual dan pembeli secara fisik dan langsung. Namun seiring berjalannya waktu, transaksi jual beli bisa dilakukan tanpa bertemunya penjual dan pembeli secara langsung sekalipun, menggunakan fasilitas jaringan internet. Namun dibalik kemudahan yang dihadirkan, ada pula sisi negatifnya, yaitu rawannya penipuan online, yang banyak oknum penjual online lakukan.

Akan tetapi, saat ini, banyak cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengantisipasi penipuan online ini. Cara – cara ini dilakukan agar nantinya anda bisa tetap aman berbelanja online, tanpa perlu khawatir akan terjadinya penipuan. Selain itu, dengan mengetahui berbagai tips agar terhindar dari penipuan online ini, anda juga nantinya akan semakin menjadi lebih waspada. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba lakukan agar terhindar dari penipuan online.

5 Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

1. Pastikan Reputasi Penjual Dengan Baik

Barang yang ditawarkan bagus, ternyata belum cukup meyakinkan, bahwa si penjual merupakan salah satu online
shop yang jujur. Salah satu cara untuk menyakinkan apakah anda sedang berbelanja melalui online shop yang jujur adalah dengan melihat reputasinya. Caranya, bisa dengan melihat aneka testimonialnya, serta attitude nya ketika sedang melayani anda via chatting. Selain itu, biasanya online shop yang baik juga akan sering memposting barang dagangannya, dan juga aktif berpromosi.

2. Menggunakan Rekening Bersama Jauh Lebih Baik

Rekening bersama merupakan fasilitas perantara antara si pembeli dengan si penjual, yang mana rekening bersama ini, bisa menjadi salah satu jaminan keamanan anda agar bisa terhindar dari penipuan online. Banyak layanan baik berupa grup atau situs belanja yang memfasilitasi pembelinya untuk mentrasnfer uang pembayaran melalui rekening bersama. Selain itu, dengan rekening bersama, keamanan transaksi anda pun akan semakin terjaga.

3. Cash On Delivery

Salah satu hal yang paling aman yang bisa anda lakukan ketika sedang melakukan transaksi online, adalah melakukan cash on delivery (COD). Cara yang demikian bisa anda lakukan, untuk meminimalisir penipuan. Selain itu, anda bisa langsung bertemu dengan si penjual untuk memastikan reputasinya. Namun yang perlu diperhatikan, anda pun juga mesti waspada, karena banyak juga oknum penjual yang memanfaatkan kesempatan ini, untuk melakukan tindak kejahatan lainnya. Pastikan jika anda ingin melakukan Cash On Delivery, anda tidak sendirian.

4. Minta Resi Pengiriman

Salah satu cara agar memastikan keamanan anda dalam bertransaksi online, adalah dengan meminta resi pengiriman, jika barang yang anda beli sudah terkirim. Resi pengiriman ini, sangat bermanfaat antara lain untuk memastikan paket anda apakah benar terkirim atau tidak. Selain itu, anda pun bisa melacak keberadaan paket anda, dengan tracking, melalui nomer resi yang anda miliki.

5. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Yang Murah

Barang yang memiliki harga murah memang memiliki daya tarik tersendiri bagi hampir semua orang. Selain itu, memasarkan produk dengan harga miring juga akan semakin menarik minat pembeli. Namun bagi anda seorang pembeli, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Karena bisa saja ini merupakan salah satu umpan untuk menarik korban penipuan.

Demikian beberapa tips agar anda bisa terhindar dari penipuan online. Selain itu, jika ada teman atau mungkin anda yang sudah terlanjur tertipu secara online, anda bisa melaporkan nomer rekening si pelaku penipuan, agar nantinya nomer rekeningnya bisa diblokir dan dibekukan oleh bank yang bersangkutan. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here