4 Tips Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

0
13
Cara Memasarkan Produk

Berita7.idMedia sosial, atau yang lebih dikenal sebagai jejaring sosial, merupakan sarana yang sengaja dibuat sebagai salah satu tempat untuk memudahkan anda dalam berinteraksi, dengan rekan – rekan anda yang jauh maupun dekat dengan lebih mudah lagi. Biasanya selain untuk berkomunikasi, media sosial bisa digunakan sebagai sarana share informasi, baik berupa teks, gambar bahkan video. Dari fungsinya yang sangat bermanfaat ini, banyak juga yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana untuk berpromosi jualan mereka. Hal ini sangatlah efektif, mengingat media sosial ibarat tempat berkumpulnya banyak orang, dan berinteraksi antara satu dengan lainnya.

Jadi, jangan heran jika banyak orang yang sukses usaha jualannya, hanya dengan memanfaatka media sosial sebagai sarana promosinya. Bahkan ada yang sampai bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta setiap bulannya, melalui promosi di facebook, instagram, BBM, Whatsapp, dan banyak jenis media sosial lainnya. Jika anda ingin mengikuti jejak orang – orang yang telah dahulu sukses dalam berpromosi atau memasarkan produk melalui jejaring sosial, berikut ini adalah beberapa tips atau cara dalam memasarkan produk melalui media sosial yang bisa anda coba terapkan.

Tips Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

1. Tentukan jenis media yang akan anda gunakan

Yang pertama adalah menentuan target media social mana yang akan anda gunakan sebagai salah satu sarana promosinya. Cara menentukannya adalah dengan menentukan target konsumen seperti apa yang akan anda bidik, apakah itu, pelajar, mahasiwa, atauj uga bisa jadi kalangan eksekutif muda. Setelah menentukan target, anda tentu bisa mengambil keputusan akan lebih fokus berpromosi melalui jejaring sosial yang mana saja. Jika anda ingin membidik target kalangan muda seperti mahasiswa atau pelajar, menggunakan facebook atau instagram bisa menjadi salah satu cara jitu untuk memasarkan produk anda.

2. Buat konten promosi yang kreatif

Pengguna internet, terutama untuk media sosial, sangat lebih tertrik dengan berbagai konten yang kreatif dan inovatif. Jadi anda tidak hanya sekedar berpromosi saja, namun juga memasukan feel atau jiwa kreatif anda kedalam konten yang akan anda promosikan. Misalkan saja, untuk foto produknya, jika anda menggunakan foto yang biasa saja, hanya akan ada sedikit yang tertarik. Namun jika anda mampu lebih memasukan unsur seni kedalam foto produk anda, bisa jadi inilah yang akan memudahkan anda dalam menjaring minat pembeli.

Baca juga : 4 Contoh Usaha Sampingan Untuk Karyawan

3. Komunikasi efektif dengan pelanggan secara personal

Selain berpromosi secara umum, anda bisa menjalin kedekatan dengan calon pembeli, melalui interaksi secara personal. Hal ini, akan memberikan kemungkinan yang besar, bahwa produk anda akan lebih mudah laku. Karena disinilah pembeli akan bisa memberikan informasi secara detail dan lebih leluasa akan kebutuhan apa yang mereka cari. Selain itu, hal ini akan memberikan dampak posistif bagi bisnis anda, karena hubungan yang baik dengan pembeli, akan memberikan peluang yang besar, bahwa pembeli tersebut akan melakukan repeat order terhadap produk anda, hingga mengajak teman – temannya, secara sukarela untuk membeli produk yang anda jual.

4. Mencari pihak yang tepat

Satu lagi hal yang penting untuk anda ketika akan mempromosikan barang jualan anda via media sosial, carilah pihak yang tepat untuk anda promosikan. Contohnya seperti ini, jika anda akan menjual produk pakaian muslimah misalnya, maka follower anda atau teman – teman anda di jejaring sosial, mestinya mereka yang merupakan para muslimah yang senang akan berbelanja fashion, atau juga jika anda menjual makanan, carilah follower atau teman, yang aktif atau memang seorang pecinta kuliner. Cara mengetahuinya, dari melihat akun media sosial miliknya. Maka jika hal ini terpenuhi, kemungkinan besar promosi anda pun juga akan menuai kesuksesan.

Demikian beberapa tips dan cara dalam memasarkan produk melalui media sosial. Dan yang terpenting adalah, jangan sampai anda melakukan Spam, atau promosi secara berlebihan, dan bukan pada tempatnya, selain tidak efektif, orang – orang justru tidak akan respek terhadap apa yang anda jual, karena hanya dianggap sebagai Spam saja.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here