Cara mengosongkan ruang di perangkat Android: 11 trik cepat

| |

Diperbarui 29 Juni 2020 untuk mencerminkan alat Android terbaru.

Beberapa hal dalam hidup ini sama menjengkelkannya dengan menemukan bahwa handset Android Anda menolak untuk menginstal pembaruan aplikasi lagi karena kehabisan penyimpanan. Tidak seperti banyak gangguan kecil dalam hidup, yang mudah diperbaiki. Anda tidak dapat melakukan apa pun tentang file sistem Anda, tetapi Anda dapat dengan cepat menghapus gigs berharga dengan menyapu unduhan basi, membasmi peta dan dokumen offline, menghapus cache, dan menghapus file musik dan video yang tidak dibutuhkan. Dan jika tips ini tidak berhasil, periksa pilihan kami untuk ponsel Android terbaik untuk setiap kebutuhan dan anggaran.

Hapus semua data aplikasi yang di-cache

cache bersih penyimpanan Android Michael Simon / IDG

Membersihkan cache tidak akan menghemat banyak ruang sekaligus tetapi akan bertambah.

Jika Anda menggali ke dalam layar pengaturan penyimpanan Aplikasi dan mengetuk satu aplikasi, Anda akan melihat bahwa setiap aplikasi memiliki simpanan data “cache” sendiri — di mana saja dari beberapa kilobyte hingga ratusan meg, atau bahkan lebih. Tembolok data ini pada dasarnya hanya file sampah, dan mereka dapat dihapus dengan aman untuk membebaskan ruang penyimpanan. Pilih aplikasi yang Anda inginkan, lalu Penyimpanan tab dan, akhirnya Bersihkan Cache tombol untuk mengeluarkan sampah.

Menjinakkan browser Chrome Anda

chrome penyimpanan android Michael Simon / IDG

Chrome dapat menggunakan sedikit ruang ponsel Anda.

Salah satu pengguna latar belakang terbesar dari ruang ponsel Anda adalah browser web. Setiap kali Anda mengunjungi situs, ia menyimpan sedikit untuk memuat lebih cepat, dan mereka dapat bertambah seiring waktu. Untuk memperkecil ukuran, buka Chrome di ponsel Android Anda, ketuk menu di sudut kanan atas, dan buka Pengaturan. Lalu pergi ke Pengaturan Situs dan gulir ke bawah ke Penyimpanan. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat Bersihkan penyimpanan situs pilihan. Ketuk itu dan Anda mungkin membebaskan beberapa ratus megabyte.

Bersihkan Unduhan Anda

unduhan penyimpanan android Michael Simon / IDG

Ponsel Anda menyimpan semua yang pernah Anda unduh sehingga Anda perlu menghapusnya sesekali.

Sama seperti pada PC atau Mac, perangkat Android Anda memiliki folder Unduhan. Anda akan menemukan di dalam aplikasi File di sebagian besar ponsel — meskipun ini disebut File Saya di Ponsel Galaxy — dan Ini adalah tempat persembunyian favorit untuk file sampah aneka yang diunduh dari web atau aplikasi lain. Ketika Anda menemukannya, ikon menu tiga-baris di sudut atas layar dan mengurutkan daftar unduhan berdasarkan ukuran, lalu lihat apa yang paling memonopoli ruang penyimpanan. Kemudian cukup ketuk dan tahan untuk memilih yang tidak Anda inginkan dan buang mereka.

Foto sampah yang sudah dicadangkan

Salah satu fitur terbaik aplikasi Foto Google adalah kemampuannya untuk mencadangkan seluruh pustaka foto Anda ke akun Google daring Anda. Setelah foto-foto Anda dicadangkan dengan aman, Foto-foto dapat zap semua gambar yang disimpan secara lokal untuk membebaskan lebih banyak ruang. Buka aplikasi Foto, ketuk tombol menu tiga baris di sudut kiri atas layar, lalu ketuk Kosongkan ruang. Aplikasi Foto akan memberi tahu Anda berapa banyak gambar yang dapat dihapus dari penyimpanan lokal dan berapa banyak ruang yang akan Anda simpan. Keran baik untuk menarik pelatuk.

catatan: Jika Anda menggunakan pengaturan “Kualitas tinggi” untuk penyimpanan cloud yang tidak terbatas tetapi beresolusi lebih rendah dari foto yang dicadangkan, ingatlah bahwa fitur “Kosongkan perangkat penyimpanan” akan menghapus dokumen asli resolusi penuh Anda. Pastikan Anda menyimpannya di tempat lain sebelum mengetuk tombol OK.

Kelola musik, film, dan podcast yang diunduh

Pengisap ruang terbesar di ponsel Android Anda adalah file media. Album-album yang Anda unduh untuk perjalanan berkemah atau film untuk perjalanan jauh yang Anda lupa bisa menghabiskan banyak data. Untungnya mereka mudah ditemukan dan dihapus. Pertama, buka tab Storage di Pengaturan dan periksa folder Audio dan Video untuk melihat apakah ada file yang dapat dihapus.

Share on:
Previous

Ahok Lelang Batik saat Sidang Penista Agama, Novel: Pengalihan Isu Dirinya yang Gagal di Pertamina

Jokowi Cuci Tangan Hadapi Pandemi Corona, Salahkan Para Menterinya

Next

Leave a Comment