Lebih dari 34000 orang mengungsi akibat ancaman erupsi Gunung Agung

0
6
gunung agung

Berita7.id – Lebih dari 35.000 orang mengungsi akibat ancaman letusan gunung berapi di Pulau Bali Indonesia, mereka ketakutan karena akan meletus untuk pertama kalinya lebih dari 50 tahun seiring bertambah kuatnya getaran gunung tersebut.

Petugas setempat mengatakan pengungsi akan diprediksi akan terus bertambah hingga dua kali lipat dan masih terus bertambah. Warga-warga secara sukarela meninggalkan rumahnya untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman 9-12 Kilometer dari sekitar Gunung Agung.

Pihak berwenang menaikkan status gunung berapi tersebut menjadi “seiring “peningkatan besar” aktivitas seismik. Letusan Gunung Agung terjadi terakhir kali di tahun 1963 yang merenggut jiwa 1.100 orang.

Seorang warga setempat bernama Nyoman Asih diperintahkan untuk segera mengosongkan desanya. Nyoman dengan perasaan khawatir meningggalkan rumahnya beserta hewan ternaknya, yaitu babi dan sapi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memuji warga setempat yang dengan sukarela mau dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Ribuan pengungsi ada yang tinggal di penampungan sementara, Pusat olahraga, balai desa atau keluarga terdekat. Beberapa kembali ke zona bahaya pada siang hari untuk melihat hewan ternak mereka.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan 14 ton bantuan telah dikirim, termasuk tenda, selimut, kasur dan peralatan komunikasi portabel.

Pada tahun 1963, Gunung Agung dengan tinggi 3,031 meter (9,944 kaki) melontarkan abu setinggi 20 km (12 mil), menurut ahli volkanologi, saat itu gunung tetap aktif selama sekitar satu tahun. Lava bepergian sejauh 7.5 kilometer (4.7 miles) dan abu mencapai ibukota Indonesia, Jakarta, sekitar 1.000 kilometer (620 miles).

Gunung Agung, yang berjarak 72 kilometer (45 mil) di timur laut dengan pusat turis di Kuta, adalah satu dari antara 120 gunung berapi aktif di Indonesia.

Negara dengan ribuan pulau ini rentan terhadap pergolakan seismik karena letaknya di Pasifik “Ring of Fire,” busur gunung berapi dan garis patahan mengelilingi Basin Pasifik.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here