Johannes Marliem, Saksi Kunci Korupsi E-KTP Meninggal di Amerika

0
7
johannes marliem

Berita7.idJohannes Marliem, saksi kunci perkara korupsi e-KTP, dikabarkan tewas. Hal ini dikonfirmasi Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah.

“Benar, yg bersangkutan, Johannes Marliem, mangkat dunia, akan tetapi kami belum bisa berita yang lebih rinci, karena terjadinya pada Amerika”, terang Febri di Gedung KPK, Jakarta, dalam Jumat, 11 Agustus 2017.

Marliem dianggap sebagai saksi kunci perkara megakorupsi ini karena ia mengantongi bukti pembicaraan para perancang proyek e-KTP selama empat tahun. Ia meyakini, rekaman pembicaraan itu dapat menjadi bukti buat menelisik korupsi yang merugikan negara hingga Rp dua,3 triliun tersebut.

Dalam dakwaan Irman & Sugiharto, Marliem dianggap menjadi penyedia produk automated finger print identification system (AFIS) merek L-1 buat proyek e-KTP. Ia pun sempat dimintai kabar sang penyidik KPK dalam Februari 2017 di Singapura & dalam Juli 2017 di Amerika Serikat.

Febri menyampaikan, penyidikan terhadap masalah korupsi e-KTP akan terus berjalan & kematian Johannes Marliem akan menjadi tanggung jawab aparat setempat. Terkait penyelidikan kematian yang bersangkutan, yg lebih rinci menjadi domain para penegak hukum setempat pada sana, kata beliau.


BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here