Fakta Menarik tentang Indonesia yang Akan Membuat Anda mengatakan OMG!

0
11
Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam bahasa daerah dan budaya, dan dari sini muncullah warisan yang kaya. Pulau-pulau di Indonesia telah menjadi rumah bagi berbagai budaya, yang telah lama berada di tanah ini. Bersama-sama, mereka membentuk warisan bangsa Indonesia.

Tahukah kamu?

Indonesia mengandung lebih banyak gunung berapi daripada negara lain di dunia.

# Nama Indonesia terdiri dari 2 kata, yaitu bahasa Yunani dan Latin. ‘Indo‘ berasal dari bahasa Indus Yunani dan Latin, sedangkan ‘nesia‘ berasal dari nesus, yang merupakan kepulauan di Yunani. Negara ini telah menyelenggarakan banyak kelompok agama dan etnis sejak berabad-abad; Beberapa kelompok menjadikannya koloni sementara yang lain masuk dan berkembang di sini sebagai pedagang.

FAKTA MENARIK TENTANG INDONESIA

# Indonesia adalah negara kepulauan; Ini adalah kelompok atau mata rantai kepulauan yang secara kolektif diberi identitas. Pulau-pulau di kepulauan ini total ada sekitar 17.500, 6000 di antaranya dihuni.

# Indonesia adalah negara terpadat ke-4 di dunia dan yang terbesar ke-16. Pulau terbesarnya adalah Kalimantan, Sumatera, Papua, Sulawesi, Jawa. Kalimantan adalah pulau ke 6 terbesar di dunia.

# Di Asia Tenggara, Indonesia adalah pusat ekonomi terbesar. Bahasa resminya adalah bahasa indonesia.

Ibu kota adalah Jakarta yang terletak di pulau jawa. Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia sementara Jawa adalah pulau terpadat di dunia. Di Indonesia, 58% penduduk tinggal di pulau ini.

# Secara global, Indonesia adalah negara Islam terbesar. Namun, provinsi Bali hampir seluruhnya terdiri dari orang-orang Hindu.

warga hindu bali

# Mayoritas warga negara Indonesia mengikuti agama Islam; Hampir 87% warga negara tersebut beragama Islam. Agama lain yang diikuti adalah agama Kristen, Hindu dan Budha.

# Indonesia adalah rumah bagi tingkat keanekaragaman hayati kedua tertinggi di dunia. Dengan demikian tidak mengherankan jika hutan meliputi hampir 60% dari negara ini.

Puncak tertinggi di negara ini adalah Puncak Jaya, dengan ketinggian 4.884 meter, terletak di Pegunungan Sudirman; danau terbesar adalah Danau Toba di Sumatera Utara; dan sungai terbesar adalah Kapuas di Kalimantan Barat, yang juga merupakan sungai pedalaman terpanjang di dunia.

Puncak jaya

# Kepulauan Indonesia terletak di tepian tiga lempeng tektonik: Pasifik, Eurasia dan Australia. Ini juga terletak di dalam Cincin Api Pasifik. Hal ini membuat negara ini sering terjadi kejadian gempa bumi dan gunung berapi. Terlepas dari tsunami 2004 yang dahsyat di Aceh, bencana terbaru yang tercatat di sini adalah gempa Yogyakarta pada tahun 2006.

# Setelah Australia, Indonesia memiliki jumlah spesies endemik terbanyak. 36% spesies burung Indonesia dan 39% spesies mamalia endemik. Dua contoh terkenal adalah Harimau Sumatera (subspesies harimau terkecil) dan badak jawa, yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia ini.

# Binatang Komodo hanya ditemukan di Indonesia. Ini adalah spesies kadal terbesar yang pernah ada. Titan Arum (Amorphophallus titanum) memiliki perbungaan yang tidak bercabang terbesar di seluruh dunia. Tanaman berbunga ini juga endemik di Indonesia.

komodo

# 140 dari total spesies asli dan endemik di Indonesia dinyatakan terancam oleh World Conservation Union. Selain itu, 9 dinyatakan kritis terancam punah. Kerusakan habitat diidentifikasi sebagai alasan utama di balik angka-angka menyedihkan ini.

# Setelah Australia, Indonesia memiliki jumlah spesies endemik terbanyak. 36% spesies burung Indonesia dan 39% spesies mamalia endemik. Dua contoh yang terkenal adalah Harimau Sumatera (subspesies harimau terkecil) dan badak jawa, yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia ini.

# Secara global, Indonesia berada pada posisi ketiga dalam memancarkan gas rumah kaca. Alasan di balik ini adalah penghancuran lahan gambut dan penggundulan hutan.

Ekspor utama: Peralatan listrik, minyak dan gas, karet, kayu lapis dan tekstil. Impor utama: Bahan kimia, mesin, bahan bakar dan bahan makanan.

Mitra ekspor terbesar Indonesia adalah Jepang, China, Singapura, A.S., Korea Selatan, India dan Malaysia. Demikian pula, mitra impor terbesar adalah China, Singapura, Jepang, Korea Selatan, A.S., Thailand dan Malaysia.

# Olahraga paling populer di Indonesia adalah sepak bola dan bulutangkis. Indonesia memiliki total 27 medali Olimpiade; 6 dari 27 medali tersebut adalah Emas, 10 adalah Silver dan 11 adalah Bronze.

# Silat adalah seni bela diri yang dibuat dan dikembangkan di Indonesia, khususnya di Sumatera dan Jawa. Seni bela diri ini digunakan secara ekstensif dalam pertarungan bebas yang melawan penjajah Belanda.

silat

# Beras adalah makanan pokok Indonesia. Bahan utama lainnya dalam masakan Indonesia adalah cabai, ikan, ayam dan santan. Masakan ini sangat dipengaruhi oleh masakan Timur Tengah, Cina dan India. Jejak masakan Eropa juga cukup signifikan.

# Indonesia adalah rumah bagi 8 Situs Warisan Dunia UNESCO sampai tahun 2013. 4 situs pertama yang disebutkan di bawah ini adalah yang alami dan yang tersisa 4 adalah budaya.

~ Taman Nasional Komodo
~ Lorentz National Pa
~ Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera
~ Taman Nasional Ujung Kulon
~ Candi Borobudur
~ Pemandangan Budaya Provinsi Bali: Sistem Subak sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana
~ Candi Prambanan
~ Situs Arkeologi Sangiran

# Pariwisata merupakan industri penting di Indonesia dengan Bali dan Borobudur menjadi tujuan wisata yang penting.

Indonesia secara bertahap semakin menonjol daripada yang ada di peta global. Hal ini terkenal dengan masakannya, budayanya, flora dan faunanya dan mungkin juga yang lainnya. Dengan mengunjungi keajaiban yang di Indonesia ini, dijamin pasti anda akan datang lagi dan lagi!

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here