Enam Fraksi DPR Tolak Hak Angket ‘Ahok Gate’

0
7

Berita7.id – Isu Hak Angket ‘Ahok Gate‘ semakin bergulir. Tidak semua menyetujui dikeluarkannya Hak Angket tersebut. Setidaknya ada enam Fraksi DPR yang menolak hal tersebut. Mereka adalah Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Golkar, Fraksi Hati Nurani Rakyat, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, dan Fraksi Nasdem.

‎Isu ‎Hak Angket ini mulau muncul setelah pemerintah kembali mengaktifkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi Gubernur DKI Jakarta. Para pengaju hak angket menganggap hal tersebut melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Di mana, kepala daerah harus diberhentikan sementara ketika menjadi terdakwa dengan pidana 5 tahun penjara.

Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang dalam konfrensi pers, di DPR, Jakarta, Selasa (14/2/2017), menegaskan kalau fraksi mereka yang berada di pemerintahan tidak melihat adanya urgensi angket. Agus juga memandang kalau keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengaktifkan kembali Ahok sudah berlandaskan hukum yang kuat.

“‎Kami sepakat kita siapkan forum dalam Komisi II jika diperlukan kami akan memerintahkan untuk mendukung jika dianggap perlu diundang Mendagri,” ujar Agus.

Keenam fraksi penolah Hak Angket tersebut juga mendukung Mendagri yang akan meminta Mahkamah Agung untuk memberikan penafsiran seputar penerapan UU Pemda ini. Meskipun Ketua MA sudah berkomentar soal tafsir tersebut dan mengembalikannya ke Kemendagri, namun Agus memandang perlunya menunggu pernyataan resmi dari pihak MA.

‎”Kita tinggal tunggu saja. Kami belum mendengar langsung. Pemerintah kan menyampaikannya secara tertulis, kita tunggu hasil tertulis dari MA,” Ujar Agus.

Usulan Hak Angket ‘Ahok Gate’ ini tetap bergulir dan akan dibawa ke paripurna terdekat. Utut Adianto, yang merupakan ketua Fraksi PDI Perjuangan mengatakan akan melakukan lobi supaya angket ini tidak terjadi.

Lalu bagaimana sikap Fraksi Partai Amanat yang mendukung pemerintah, namun ada sejumlah orang dari anggota fraksinya yang ikut menandatangani pengusulan hak angket ‘Ahok Gate’ ini?

“Tadi ketua umum (PAN) kan sudah bilang. Ketua Umum bilang menolak Angket. Karena dia ada di pemerintah, nggak mungkin dia melawan pemerintah,” Ujar Ketua Fraksi Nasdem Viktor Laiskodat.‎

Perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada sekitar 9‎0 orang anggota DPR dari empat Fraksi yang menyerahkan ‎tandatangan ke pimpinan DPR untuk pengajuan inisiatif hak angket ‘Ahok Gate’, Kemarin, Senin (13/2/2017).

Secara detail, 90 orang pengaju Hak Angket tersebut terdiri dari 22 orang dari Fraksi Gerindra, 42 orang dari Fraksi Demokrat, 16 orang dari Fraksi PKS, dan 10 orang dari Fraksi PAN.‎

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here