Disuruh Stop Menenggelamkan Kapal, Menteri Susi: Bilang Pak Jokowi Sana!

0
0

Berita7.id – Susi Pudjiastuti, seorang yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menyebutkan secara pribadi, penenggelaman kapal yang melakukan tindakan ilegal (mencuri ikan) yang dilakukannya adalah perintah langsung yang dimandatkan padanya oleh presiden Joko Widodo.

“Kalau beberapa pihak ada yang merasa ini tak sesuai etika monggo bilang ke Presiden Jokowi,” ujar Susi dalam rekaman formal KKP, yang di upload ke Youtube, hari Selasa, tanggal 9 Januari 2018.
KKP.

Di channel bernama KKP News, Susi Pudjiastuti berbicara tentang pro dan kontra dari penenggelaman kapal ilegal yang mencuri ikan. Di rekaman yang panjangannya mencapai 5 menit lebih ini, Susi pun menjelaskan perihal ide penenggelaman kapal yang ternyata bukan idenya sebagai menteri KKP.

Selama ini, menurutnya, yang dia lakukan amat sesuai dengan undang-undang perihal Perikanan Nomor 45 tahun 2009. Ia menyebutkan, 363 kapal sudah ditenggelamkan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Kalau ada pihak yang tak sejalan dengan saya sok bilang sama Presiden Jokowi supaya memerintahkan menterinya mengatur ulang UU Perikanan, pasal penenggelaman supaya hilang,” sebutnya.

Susi bicara, selama ini aturan penenggelaman kapal ilegala yang ada di UU Nomor 45 tahun 2009 amat berhasil untuk mengatasi masalah illegal fishing yang agresif. Disamping itu, dengan menerapkan amanah undang-undang ini pemerintahan Jokowi bertujuan menjamin sumber daya alam laut Indonesia, yakni sisi dan sektor perikanan ditujukan sebagai pemakmuran rakyat Indonesia.

“Terutama ini dipersembahkan kepada nelayan,” katanya.

Susi bilang, kurang lebihnya 90 persen penenggelaman sudah terjadi adalah putusan dari pengadilan yang mewajibkan kapal ilegal dimusnahkan. Hal itu, karena kapal selain bukti kejahatan termasuk pula pelaku kejahatan.

“Karena kapal-kapal ini mempunyai kewarganegaraan, sama seperti kita,” ucapnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Susi Pudjiastuti tidak menenggelamkan kapal lagi tahun ini. Dia berujar daripada menenggelamkan kapal, pemerintah akan berfokus pada produksi untuk meningkatkan ekspor.

Facebook Comments