Belum Resmi Jadi Cagub dan Cawagub, SBY Janji Akan Endorse Kader Demokrat

0
2

Berita7.id – Partai Demokrat mempunyai caranya sendiri dalam menyikapi jagat pemilu yang sebentar lagi akan diselenggarakan serentak di beberapa wilayah Indonesia. Ketum Partai Demokrat yang juga mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan bahwasanya partai Demokrat tidak akan mengundang calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung oleh partai Demokrat pada saat pengumuman bakal calon.

Susilo Bambang Yudhoyono menyebut para Cagub dan Cawagub akan diundang setelah penetapan KPU keluar pengumumannya.

Luar biasa!

“Setelah KPU menetapkan beliau-beliau itu sebagai calon tetap kami akan undang secara resmi di Jakarta untuk saya, sebagai pemimpin Partai Demokrat memberikan endorsement,” kata SBY Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2018).

Pada tubuh partai Demokrat sendiri, saat ini terhitung total 17 pasangan cagub dan cawagun yang diumumkan langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Namun hanya cagub yang juga sebagai calon petahana, Ganjar Pranowo yang hadir pada saat pengumuman di partai Demokrat.

Tentu saja ini sangat berbeda prakteknya bila dibandingkan dengan partai-partai lain yang saat ini sudah siap dengan calon kuat masing-masing dan sudah mengumumkannya secara publik di hadapan cagub dan cawagub tersebut.

SBY mengatakan, ada 4 kriteria dari Partai Demokrat untuk menentukan cagub-cawagub. Keempat kriteria itu adalah integritas, kapasitas, kecakapan, dan elektabilitas.

Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Partai juga menyebutkan, totalnya ada empat kriteria penting dari partai Demokrat perihal menentukan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur. Apa kriteria tersebut? Antara lain, kapasitas, integritas, kecapakan dan elektabilitas.

Yap, hanya empat kriteria itu.

“Tidak ada pembahasan tersembuyi, apalagi rahasia, semua dilakukan secara transparan dan akuntabel juga dilihat oleh semua pihak langsung dalam tubuh partai Demokrat. Tidak ada satupun calon yang saya buang walaupun calon yang tersedia hanya beberapa,” sebut SBY.

Bila dilihat sekilas, ternyata komposisi calon yang diusung oleh partai Demokrat kebanyakan dari kader Demokrat sendiri. Dari total 17 calon, mayoritas berasal dari tubuh partai Demokrat sendiri.

Facebook Comments