Desain

Berikut Materi Desain Grafis untuk Pemula yang Harus Dikuasai

×

Berikut Materi Desain Grafis untuk Pemula yang Harus Dikuasai

Sebarkan artikel ini
materi desain grafis
materi desain grafis

Bagi pemula yang ingin belajar desain grafis maka harus memperhatikan materi desain grafis untuk memudahkan dalam proses belajar. Salah satu hal yang menyenangkan adalah berkarya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Sebagai contohnya adalah desain grafis. Untuk berkarya di bidang desain maka Anda harus memahami dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu yang dapat digunakan oleh para pemula maupun profesional., seperti ilustrator, editor video, atau pembuat animasi.

Mengenal Apa Itu Desain Grafis

Sebelum membahas perihal materi desain grafis yang harus dikuasai untuk menjadi desainer, alangkah baiknya jika memahami terlebih dahulu pengertian desain grafis. Jadi, desain grafis merupakan proses kreatif untuk menghasilkan suatu karya yang berupa tampilan visual.

Hasil karya tersebut bisa berupa layout, tipografi, gambar, ilustrasi, animasi, atau elemen visual yang lainnya. desain grafis adalah bentuk komunikasi visual, sehingga terdapat pesan yang dapat disampaikan di dalam karya tersebut.

Materi yang Membahas Tentang Desain Grafis

materi desain grafis
materi desain grafis

Dalam mempelajari desain grafis terdapat dua hal yang menjadi prinsip dasar, diantaranya adalah unsur desain grafis dan prinsip desain grafis. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak tulisan ini hingga akhir.

1. Unsur-Unsur Desain Grafis

Dalam desain ini sendiri memiliki beberapa unsur yang harus Anda pahami sebelum membuat sebuah desain. Berikut adalah unsur-unsur yang terdapat dalam materi desain grafis.

  • Titik

Titik merupakan unsur desain grafis yang pertama. Memiliki bentuk kecil yang tidak memiliki dimensi. Titik biasanya cenderung ditampilkan dalam bentuk kelompok, dengan berbagai variasi jumlah dan susunan, serta kepadatan tertentu.

  • Garis

Garis merupakan unsur desain grafis yang terdapat dalam materi desain grafis yang mana garis adalah gabungan dari beberapa titik yang saling sejajar. Sehingga membentuk satu kesatuan. Unsur yang atau ini selalu ada di setiap desain.

  • Bidang

Bidang adalah garis yang ujungnya saling bertemu dan membuat area menjadi tertutup. Unsur desain grafis yang satu ini juga seringkali dimanfaatkan dalam desain. bidang tersebut nantinya akan menempati ruang dua dimensi.

  • Warna

Yang terdapat dalam materi desain grafis adalah warna yang mana termasuk dalam unsur desain grafis. Unsur yang satu ini merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam desain grafis. Unsur warna ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu warna timbul karena sinar dan warna dibuat unsur tinta.

  • Tekstur

Tekstur adalah visualisasi dari permukaan suatu objek yang bisa dinilai dengan dilihat dan juga diraba. Tekstur ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu tekstur visual dan tekstur taktil. Dengan menggunakan tekstur ini bisa menambah dimensi dan juga memperkaya layout.

  • Ruang

Unsur desain grafis yang selanjutnya adalah ruang. Biasanya unsur ini digunakan untuk membuat desain menjadi lebih menarik sehingga para desainer memasukkan beberapa objek. Ruang sendiri adalah jarak antara unsur-unsur desain grafis, seperti teks, objek, dan background.

2. Prinsip Desain Grafis

Setelah mempelajari unsur-unsur yang terdapat dalam materi desain grafis, selanjutnya adalah membahas perihal prinsip yang terdapat dalam desain grafis. Beberapa prinsip tersebut antara lain:

  • Kesatuan

Kesatuan dalam desain grafis ini bermakna sebagai kohesi, keutuhan, konsistensi, dan juga keselarasan terhadap semua unsur desain grafis. Dengan memperhatikan kesatuan dalam membuat desain akan membuat desain Anda menjadi lebih padu dan menghasilkan tema yang kuat.

  • Keseimbangan

Keseimbangan dalam desain grafis memiliki estetika yang baik dan juga lebih komunikatif. Terdapat dua pendekatan yang terdapat dalam nilai keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris, keseimbangan asimetris, keseimbangan sederajat, dan juga keseimbangan radial.

  • Proporsi

Prinsip yang terdapat dalam materi desain grafis adalah proporsi yang mana berfungsi sebagai perbandingan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. selain itu juga digunakan sebagai skala untuk membandingkan tiap unsur dalam desain grafis.

  • Penekanan

Penekanan adalah cara atau langkah untuk menentukan bagian mana yang akan menjadi bagian prioritas dalam desain yang hendak Anda buat. Umumnya bagian tersebut memberikan informasi atau kesan yang akan disampaikan kepada khalayak umum.

  • Irama

Irama merupakan pengulangan atau variasi yang terdapat dalam unsur desain. irama ini umumnya dihasilkan dari pengulangan unsur yang konsisten, atau unsur yang berbeda tapi memiliki bentuk pola yang seirama.

Jangan lupa untuk selalu banyak berlatih agar dapat menghasilkan desain yang bagus dan menarik. Dengan menguasai materi desain grafis di atas, Anda bisa belajar desain grafis tanpa harus membayar mahal untuk belajar di tempat bimbingan belajar.