DesainTips dan Trick

8 Langkah Belajar Desain Grafis Otodidak Anti Gagal

×

8 Langkah Belajar Desain Grafis Otodidak Anti Gagal

Sebarkan artikel ini
belajar desain grafis
belajar desain grafis

Tidak semua hal harus dipelajari di sekolah, salah satunya adalah belajar desain grafis yang dapat Anda lakukan secara otodidak. Hal ini sangat membantu bagi Anda yang penasaran cara belajar tanpa harus mengenyam bangku sekolah atau belajar di bimbingan belajar.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mempelajari perihal desain grafis alangkah baiknya jika Anda memahami tren yang sedang berlangsung. Tujuannya adalah agar proses belajar yang tengah Anda tekuni akan lebih terarah.

8 Langkah Belajar Desain Grafis Otodidak

belajar desain grafis
belajar desain grafis

Meskipun belajar dengan cara otodidak, namun Anda juga harus mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan. Hal ini umumnya dilakukan agar Anda mengerti seberapa besar pencapaian Anda selama mempelajarinya.

1. Memahami dasar desain

Langkah yang pertama adalah untuk membuat desain yang bagus, seorang desainer grafis harus belajar berbagai elemen yang terdapat dalam desain grafis tersebut. Beberapa elemen tersebut antara lain, simbol, pemilihan warna, grid system, dan juga tipografi.

2. Memanfaatkan Google

Cara belajar desain grafis yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tombol pencarian atau google. Hal ini berfungsi ketika Anda memerlukan bantuan ketika mengalami kesulitan atau bertanya pada orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Namun, bagi Anda yang belajar otodidak Anda bisa memanfaatkan Google untuk membantu permasalahan Anda. Masukkan pertanyaan secara spesifik supaya Anda mendapatkan jawaban sesuai yang diinginkan.

3. Mengumpulkan desain yang menginspirasi

Cara mempelajari desain grafis secara otodidak yang selanjutnya adalah dengan mengumpulkan desain yang menurut Anda menginspirasi atau menarik. Sumbernya pun dapat bermacam-macam, seperti media sosial, media cetak, atau yang lainnya.

4. Membedak proses desain

Dengan melakukan bedah pada proses desain merupakan langkah belajar desain grafis yang selanjutnya. Anda harus membedah satu per satu desain tersebut, mulai dari simbol-simbol yang dimasukkan, warna yang digunakan, hingga proses dalam pembuatan desain tersebut.

Dengan melakukan langkah yang satu ini maka Anda akan memahami desain grafis lebih dalam lagi. Selain itu Anda juga bisa melakukan bedah proses desain yang dapat memungkinkan Anda menjadi lebih memahami langkah yang harus dilakukan.

5. Buat ulang desain yang menurut Anda terbaik

Ini bertujuan untuk menghasilkan karya yang bagus. Apabila sudah menemukan desain yang menurut Anda terbaik dan membedahnya, langkah yang selanjutnya adalah dengan membuat ulang desain tersebut.

Karena untuk mendapatkan desain yang bagus umumnya membutuhkan waktu dan masa percobaan yang tidak sedikit. Oleh sebab itu janganlah takut untuk mencoba membuat desain.

Selain itu Anda juga bisa mengikuti dari tutorial desain yang sekarang ini banyak tersedia di YouTube. Biasanya langkah-langkah bagi pemula merupakan langkah yang simple agar memudahkan dalam proses belajar.

6. Memilih dan mempelajari tools

Hal penting lainnya selain mempelajari cara membuat adalah dengan mempelajari tools yang terdapat dalam aplikasi desain grafis. Dalam belajar desain grafis maka Anda harus menguasai tools yang dibutuhkan untuk menunjang karir desain grafis Anda.

Para desain grafis umumnya memanfaatkan tools untuk membuat sebuah desain. Sebagai contohnya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan aplikasi yang lainnya.

7. Mempelajari dasar-dasar warna

Warna dalam belajar desain grafis adalah satu unsur yang tidak kalah penting dalam mempelajari perihal desain grafis. Warna tersebut dapat memberi makna dan juga tema pada sebuah desain.

Untuk mendapatkan hasil karya yang menarik, maka Anda harus memilih warna yang tidak boleh asal-asalan. Umumnya para desainer akan membuat warna pallete atau sekumpulan warna yang dipadukan. Sehingga dapat menghasilkan kombinasi warna yang menarik dan tentunya unik.

8. Mengikuti komunitas desain grafis

Untuk menunjang hasil belajar desain grafis secara otodidak, Anda bisa mengikuti komunitas desain grafis. Biasanya kekurangan dalam belajar secara otodidak ini adalah sulitnya dalam mendapatkan umpan balik yang memadai atas desain hasil karya Anda.

Padahal Anda dapat memperbaiki berbagai hal melalui umpan balik yang bisa Anda dapatkan. Itulah sebabnya mengapa komunitas desain grafis tersebut penting untuk Anda ikuti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan umpan balik yang bersifat membangun.

Jangan lupa untuk meminta kritik dan saran hasil karya yang telah Anda hasilkan. Meski dengan belajar desain grafis secara otodidak Anda bisa menghasilkan karya yang bagus dan tentunya menarik perhatian.