Ganjar Senewen Anies Kalahkan Ridwan Kamil Diajang Pemilihan “Gubernur Indonesia”

0
1295
Ganjar Senewen Anies Kalahkan Ridwan Kamil Diajang Pemilihan

Berita7.id – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Anies terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

APPSI sendiri merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional yang anggotanya adalah para Gubernur se-Indonesia. Anies menggantikan Ketua Umum Sementara APPSI periode sebelumnya, yaitu Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

“Teman-teman APPSI, para Gubernur, memercayakan untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023. Dan saya sampaikan kepada semua, ini adalah sebuah kehormatan. Karena ini dititipkan, saya Insya Allah akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” ujar Anies usai serah terima jabatan.

Anies menambahkan, langkah pertama yang akan dilakukannya sebagai Ketua Umum APPSI adalah membentuk tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan. Selain itu, Anies akan berusaha memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan dari seluruh Gubernur Indonesia untuk menjadi bahan pertimbangan Presiden Joko Widodo, seperti penghitungan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU).

“Pemerintah daerah lewat APPSI bisa berdiskusi, memberikan formula-formula untuk menjadi pertimbangan bagi pemerintah pusat. Hal itu agar pemerintah pusat dalam memberikan pertimbangan lewat DAK dan DAU itu memasukkan variabel-variabel yang mungkin belum dipertimbangkan,” pungkasnya.

Dalam pemilihan yang digelar di arena Munas APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa sore (26/11), Anies mengungguli pesaingnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pemilihan hanya diikuti oleh 23 provinsi. Adapun 11 provinsi lainnya dinyatakan tidak bisa ikut memilih karena tidak dihadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur.

Dari 23 suara yang diperebutkan, Anies memperoleh 13 suara. Sementara Ridwan mendapat 9 suara dan satu suara memilih abstain.

Adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memilih abstain itu. Usai pemilihan, Ganjar mengatakan, dirinya lebih suka kalau pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat.

“Masa urusan 23 orang enggak bisa musyawarah. Kita mesti kasih contoh. Siapa pun boleh. Kita baik dan ketawa-ketawa saja, toh. Kita nanti bekerja bersama-sama,” ujarnya. Anies akan memimpin APPSI yang berdiri sejak Juni 2000 itu untuk periode 2019 hingga 2023.

Dalam hal ini, sambungnya, dia menerima masukan dari provinsi-provinsi di timur Indonesia agar ada perubahan variabel penghitungan alokasi pembangunan dari sebelumnya daratan minded, menjadi memberikan perhatian pada laut sebagai komponen penting di sebuah provinsi kelautan.

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum APPSI, Anies akan menyusun kepengurusan yang nanti dilantik Presiden Joko Widodo. [mc]
Komentar Anda
5/5 (1 Review)