Menko Airlangga Godok Rencana Turunkan Bunga KUR

    0
    1
    Menko Airlangga Godok Rencana Turunkan Bunga KUR



    Berita7.id –  Di tengah perlambatan ekonomi global, Indonesia mestinya menjaga daya tahan ekonomi domestik, terutama daya beli dan konsumsi.

    Salah satu sektor yang mendapatkan perhatian, yakni UMKM. Sektor ini perlu didukung dengan berbagai kebijakan, termasuk pemangkasan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku akan menggodok kembali formula KUR sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Upaya tersebut dilakukan demi membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapatkan akses modal usaha dengan bunga murah.

    “Kami mau menurunkan (tingkat bunga KUR). Prinsipnya, jumlah (penyaluran) diperbanyak, saluran diperluas, interest diturunkan. Tapi ini kami akan bahas dulu,” ungkapnya, Senin malam (11/11).

    Diharapkan KUR banyak menyasar sektor produktif, seperti pertanian, perikanan, kehutanan, dan lainnya.

    Sementara itu, Presiden Jokowi ingin agar penerima KUR bisa diperluas dengan kerja sama UMKM yang ada di masing-masing kementerian/lembaga.

    Tak ketinggalan, dia juga ingin penyaluran KUR turut melibatkan para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga swasta.

    Menurut Jokowi, saat ini kementerian/lembaga, BUMN, dan swasta sebenarnya memiliki program pemberdayaan UMKM masing-masing.

    Sayangnya, program itu tidak disinergikan, sehingga dampaknya tidak terasa secara besar. (Rmol)

    Komentar Anda
    Loading...