Berikut Para Jenderal Bintang Tiga yang Berpeluang Jadi Kapolri Gantikan Tito

0
1
Berikut Para Jenderal Bintang Tiga yang Berpeluang Jadi Kapolri Gantikan Tito

Berita7.id Kapolri Jenderal Tito Karnavian turut memenuhi panggilan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan di momen pemanggilan kandidat menteri. Kehadirannya pun disebut untuk menerima jabatan baru.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal pada Senin (21/10) yang mendampingi Tito menyebut, kemungkinan ada jabatan baru untuk Kapolri.

Apalagi Ketua DPR Puan Maharani pada siang tadi, Selasa (22/10) sudah membacakan surat pemberhentian Tito yang dikirim Istana.

Isu kemudian menyeruak, Tito akan menempati posisi menteri. Kuat dugaan sebagai Mendagri. Tapi bila Tito menjadi Mendagri, siapa yang akan menjadi Kapolri menggantikannya?

AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri menjawab, penentuan akhir orang nomor 1 di Polri bergantung pada keputusan akhir Presiden Jokowi.

“Kami masih menunggu keputusan Presiden,” kata Eko, Selasa (22/10).

Bila Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Tito Karnavian sebagai menteri, posisi Kapolri kabarnya untuk sementara akan diisi Wakapolri Komjen Ari Dono dengan status pelaksana tugas (plt). 

Ari Dono sendiri akan memasuki masa pensiun, saat ini ia berusia 57 tahun, dan pada Desember tahun ini dia genap berusia 58 tahun.

Berdasarkan hasil dari Rapat Pimpinan Nasional TNI dan Polri, Selasa (29/1/2019), di Istana Negara, memutuskan pejabat utama Polri pensiun saat usia 58 tahun.

Lalu siapa yang pantas menggantikan posisi orang nomor 1 di Polri? Berikut ini kandidat calon Kapolri dirangkum dari berbagai sumber.

Komjen Ari Dono – Wakapolri

Komjen Ari Doni adalah Akpol ’85. Dia pernah menjadi Kabareskrim. Ari lahir pada 23 Desember 1961, dan kini berusia 57 tahun.

Komjen Agung Budi-Kabaintelkam Polri

Lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang lalu lintas. Sejak 26 April 2019 mengemban amanat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Lahir 19 Februari 1965, berusia 54 tahun. 

Komjen Arief Sulistyo-Kalemdiklat Polri

Lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Dia pernah menjadi Kabereskim, As SDM Kapolri, Kapolda Kalbar, dan Dir Tipideksus Bareskrim Polri. Sejak 22 Januari 2019 menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Lahir 24 Maret 1965 atau berusia 54 tahun. 

Komjen Dharma Pongrekun-Waka BSSN

Lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1988. Dharma berlatar belakang kepolisian di bidang reserse. Lahir di Palu, Sulawesi Tengah, pada 12 Januari 1966 atau berusia 53 tahun.

Komjen Heru Winarko-Kepala BNN

Lulusan Akpol 1985 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Deputi Penindakan KPK. Heru lahir 1 Desember 1962, usia saat ini 56 tahun, akan pensiun usia 58. 

Komjen Idham Azis – Kabareskrim

Lulusan Akpol 1988 ini pernah menjadi Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Sulteng. Dia aktif di Densus 88. Idham lahir pada 30 Januari 1963, dan kini berusia 56 tahun. Tapi pada Januari 2020 mendatang Idham akan berusia 57 tahun, artinya hanya satu tahun menjelang usia pensiun 58.

Komjen Condro Kirono – Kabaharkam

Komjen Condro Kirono pernah bertugas sebagai Kakorlantas Polri dan juga Kapolda Jateng. Condro, Akpol ’84 ini kini berusia 57 tahun, dan Desember mendatang akan berusia 58 tahun.

Komjen Suhardi Alius – Kepala BNPT

Komjen Suhardi adalah Akpol ’85. Dia lahir pada Mei 1962, dan kini berusia 57 tahun. Suhardi pernah menjadi Kabareskrim dan juga Kapolda Jabar

Komjen Moechgiyarto – Irwasum Polri

Komjen Moechgiyarto adalah Akpol ’86. Dia peraih Adhi Makayasa. Moechgiyarto pernah menjadi Kabaharkam dan juga Kapolda Metro Jaya. Moechgiyarto lahir pada Mei 1962, dan kini berusia 57 tahun.

Komjen M Iriawan – Sestama Lemhanas

Komjen Iriawan adalah Akpol ’84. Iriawan lahir pada Maret 1962, dan kini berusia 57 tahun. Iriawan pernah menjadi Kapolda Metro dan juga Kapolda Jabar [kp]
Komentar Anda
0/5 (0 Reviews)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here