Ustaz Abdul Somad Ditanya Kenapa Istrinya Cuma Satu

0
1
Ustaz Abdul Somad Ditanya Kenapa Istrinya Cuma Satu

Berita7.id Ustaz Abdul Somad atau UAS mendapat pertanyaan nyeleneh ketika dirinya berceramah di Universitas Abulyatama, Aceh, pada 4 April 2019.

Dalam Channel YouTube berjudul ‘The Way of Life’, Senin, 19 Agustus 2019, UAS mendapat pernyataan dari umatnya di Tanah Rencong.

Pertanyaan nyeleneh muncul ketika pada menit ke 7:31, di mana Ustaz Abdul Somad ditanya, mengapa punya istri cuma satu. “Mengapa ustaz istrinya cuma satu?” ungkap UAS, sembari membaca secarik kertas di atas panggung.

Sempat terdiam, UAS lalu menjawabnya dengan mengutip ayat dari Surat An-Nisa. “Nikahilah perempuan dua, tiga, empat. Tapi, kalau tidak bisa sanggup bersikap adil, maka cukup satu. Only one!” tegas Ustaz Abdul Somad.

Ia kemudian melemparkan pertanyaan tersebut ke umatnya. Apakah suaminya bisa berbuat adil, boleh menikah dua atau tiga kali. Serentak dijawab tidak. UAS pun melempar tawa.

“Tak berhasil menjebak mereka,” kata Ustaz Abdul Somad, disambut gelak tawa umat.

“Jadi hukum asalnya (menikah) satu. Kalau kaya, duit banyak, orangnya adil, baik dan amanah. Macam raja-raja dulu (boleh istrinya lebih dari satu),” lanjut UAS.

Ia lalu mencontohkan Sultan Iskandar Muda, yang meski sudah memiliki istri di Aceh, ketika pergi naik kapal ke Malaka kemudian singgah di sebuah Tanjung, ia menikah dengan Siti Ungu Selendang Bulan, putri dari Raja Pinang Awan yang bergelar Marhum Mangkat di Jambu.

“Dari pernikahannya itu lahirlah anak laki-laki bernama Abdul Jalil. Dialah yang menjadi Sultan Kerajaan Melayu Asahan. Lalu, berkembanglah Islam mulai dari Aceh, Langkat, Melayu Deli, Melayu Asahan. Jadi ini bagian dari dakwah,” tutur Ustaz Abdul Somad.

0/5 (0 Reviews)
Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of