Polda Sulsel Kecewa Vonis Bebas Bandar Sabu 3,4 Kg

0
189
Polda Sulsel

Berita7.id – Kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Selatan, merasa kaget mendengar bandar besar narkoba lintas provinsi, Syamsul Rijal alias Rijal alias Kijang bin Abdul Hamid, divonis bebas oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Bahkan Polda Sulsel kecewa atas sikap hakim yang membebaskan pemilik barang 3,4 Kilogram itu dan putusan bebas itu dikeluarkan oleh majelis hakim pada Selasa, 8 Januari 2019 lalu.

Dir Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan sangat menyayangkan hal tersebut. Karena menurutnya, kasus tersebut telah memenuhi unsur pidana.

“Wah, sangat disayangkan itu kalau dia divonis bebas,” kata Hermawan dengan wajah yang terlihat kaget, di Polrestabes Makassar, Sulsel, Selasa (12/2/2018).

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menerangkan bahwa polisi telah berbuat maksimal dalam penyidikan kasus narkoba. Terkait bebasnya bandar besar asal Sidrap yang ditangkap Polda Sulsel, 20 Mei 2018 lalu itu, ia meminta agar masyarakat menilainya sendiri.

“Silahkan masyarakat menilai sendiri, mengapa kasus bandar narkoba bisa bebas,” pungkasnya.

Sebelumnya, bandar narkoba asal Kabupaten Pinrang tersebut merupakan DPO sejak tahun 2016 silam. Tersangka dilakukan penangkapan oleh anggota Direktorat Narkoba Polda Sulsel di perbatasan Indonesia-Malaysia, Pulau Sungai Nyamuk, Desa Bambanga, Kecamatan Sabati, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada 20 Mei 2018 lalu.

“Pada saat itu, kami duluan di TKP menunggu pelaku. Saat Kijang datang langsung dilakukan penangkapan. Dan saat itu tidak ada perlawanan karena mungkin dia sadar tidak bisa berbuat bayak dengan kondisinya (hanya satu tangan),” ucap Kasubdit I Ditres Narkoba Polda Sulsel AKBP Ucuk Supriadi, saat konferensi Kamis (24/5/2018) lalu.

Akibat perbuatan tersangka, Polda Sulsel menjerat dengan pasal 114 ayat (2) Subs pasal 112 ayat (2) Lebih Subs Pasal 131 Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI NO.35 TH 2009 Tentang Narkotika.

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of