Ratusan Kotak Suara di KPU Cirebon Terendam Air

0
160
Kotak-KPU-terendam-air

Berita7.id – Ratusan kotak suara yang tersimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon basah akibat terendam air. Data sementara baru tercatat 696 kotak suara yang basah akibat kejadian tersebut.

KPU pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke KPU RI untuk segera dilakukan pergantian sambil terus melakukan pengecekan jumlah pasti kerusakan kotak suara. Atas kondisi itu, Bawaslu Jawa Barat, yang dipimpin Zaki Hilmi selaku Koordinator Divisi Pengawasan pun turun melakukan pengecekan ke lokasi gudang guna mencari alasan penyebab kejadian.

“Kami menyikapi masalah SOP kenapa bisa berbeda dengan daerah lainnya. Karena, untuk di daerah lain bagian alas gudang menggunakan falet, tapi ini tidak. Bawaslu Jabar pun memberikan sejumlah rekomendasi atas kejadian ini,” kata Zaki didampingi Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon lainnya, Minggu (10/2/2019).

Zaki menyebutkan, rekomendasi yang diberikan kepada KPU yakni untuk segera melakukan pendataan ulang perihal jumlah kotak suara yang rusak. Kemudian pemindahan terhadap sejumlah kotak lainnya kepada lokasi yang lebih aman, kemudian melakukan pengawasan ke KPU RI dalam proses dan mekanisme terkait regulasi dan SOP.

“Laporan awal baru tercatat sekitar 696 kotak suara yang rusak dan itu bisa saja lebih karena masih didata. Pengawasan terus kami lakukan guna memastikan bahwa Pemilu serentak nanti tidak ada kekurangan logistik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli masih melakukan pendataan dan pelaporan atas kejadian tersebut. Kotak suara basah, kata dia, akibat hujan deras yang turun pada Jumat (8/2/2019) malam. Sehingga membuat sekitar gudang KPU di Kecamatan Plumbon, tergenang air.

“Masih kami sortir, jadi untuk jumlah belum memastikan jumlah kotak suara yang basah. Tapi ada ratusan, sekitar 696 kotak,” katanya.

Kondisi kotak suara yang basah diketahui pihaknya setelah hujan. Dia mengungkapkan, genangan air menelusup ke celah-celah gerbang pintu gudang setinggi sekitar 5 cm, hingga membasahi bagian bawah kotak-kotak suara yang tersimpan di sana.

Di dalam gudang sendiri, tercatat sedikitnya 33.500 kotak suara guna keperluan Pemilu 2019 pada 17 April nanti. Secara umum, KPU masih kekurangan setidaknya 27 kotak suara.

“Di antara kotak suara yang basah memang ada yang rusak, tapi belum bisa kami pastikan jenis kerusakannya. Rata-rata, akibat air kotak suara itu jadi ‘melempem’,” akunya.

Dia menyebutkan, belasan kotak suara rusak dalam kejadian itu. Sejauh ini, pihaknya menjemur seluruh kotak-kotak suara yang basah di halaman gudang sebagai langkah awal penyelamatan.

Dia memprediksi, penjemuran akan memakan waktu dua sampai tiga hari kedepan tergantung cuaca. Bila kelak ditemukan kotak suara rusak akibat kejadian itu, pihaknya menjamin akan menggantinya dengan logistik baru.

“Kami akan mengganti kotak suara kalau memang ada yang rusak sampai tak bisa digunakan,” tegasnya.

Sumber

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of