Igor Akinfeev Jadi Pahlawan, Rusia Pulangkan Spanyol

0
106

Berita7.id – Igor Akinfeev jadi pahlawan Rusia setelah menyelamatkan dua dari tendangan adu penalti untuk menyingkirkan Spanyol di Piala Dunia 2018 sekaligus menyemen satu tempat di babak perempat-final dalam laga yang berakhir 1-1 di Moskwa.

Sepakan Koke dan Iago Aspas sukses dibaca kiper andalan Rusia tersebut dengan jawara Piala Dunia 2010 itu, yang mendominasi bola tanpa menciptakan peluang bersih sepanjang laga, kalah 4-3 dalam drama adu tos-tosan.

Ada pun kiper Spanyol David De Gea gagal membendung empat penalti yang dihadapinya, lantas begitu sepakan Aspas dapat diblok Akinfeev, praktis para penggawa Rusia dan staf pelatih tumpah ruah di lapangan merayakan keberhasilan melaju ke babak berikutnya di hadapan publik sendiri.

Performa Spanyol terbilang membosankan sepanjang 90 menit. Namun, mereka mengawali laga dengan spirit positif ketika Sergej Ignashevich membuat gol bunuh diri. Berawal dari tembakan bebas yang dilepas Isco, membuat Ignashevich terlibat kontak fisik dengan Ramos lalu bola pada akhirnya melewati Akinfeev setelah mengenai tumit bek veteran itu. Ramos coba menghentikannya, tetapi gagal.

Ignashevich pun tercatat sebagai pencetak gol bunuh diri tertua dalam sejarah Piala Dunia di usia 38 tahun. Spanyol memegang kendali dengan keunggulan 1-0.

Rusia sukses merespons ketertinggalan saat pertandingan paruh pertama menyisakan empat menit lagi ketika Gerard Pique melakukan handball di kotak terlarang.

Artem Dzyuba, yang tandukannya diblok oleh tangan bek Barcelona itu, membuat publik tuan rumah larut dalam kegembiraan setelah tendangan 12 pasnya menyeimbangkan skor.

Skor 1-1 ini bertahan sampai 90 menit berlalu dan laga dilanjutkan ke babak extra-time. Di fase ini, Spanyol terlihat frustrasi karena kesulitan menembus tembok pertahanan Rusia. La Furia Roja sempat hendak mendapatkan penalti, tetapi VAR kemudian menolaknya.

Di babak adu penalti, Spanyol pada akhirnya menyerah 4-3 setelah tendangan Koke dan Aspas gagal bersarang di gawang Akinfeev yang membuat dua penyelamatan gemilang.

Komentar Anda