Google Bawa Teknologi ARCore ke China Dalam Kemitraan dengan Xiaomi

0
163
Teknologi ARCore

Berita7.id – Google meningkatkan upayanya untuk kembali ke China. Awal tahun ini, raksasa pencarian ini berencana untuk membawa teknologi ARCore – yang memungkinkan augmented reality dan realitas virtual – ke telepon di China dalam minggu ini dengan bekerjasama dengan mitra pertamanya, Xiaomi.

Awalnya teknologi ini akan tersedia untuk perangkat Xiaomi Mix 2S melalui aplikasi di Xiaomi App Store, tetapi Google memiliki rencana untuk menambahkan lebih banyak mitra di Daratan China dari waktu ke waktu. Huawei dan Samsung adalah dua nama yang dikonfirmasi yang telah mendaftar untuk mendistribusikan aplikasi ARCore di tanah China.

Layanan inti Google tetap diblokir di China tetapi aplikasi ARCore dapat berfungsi di sana karena teknologi itu sendiri berfungsi pada perangkat tanpa Cloud, yang berarti bahwa setelah aplikasi diunduh ke telepon, tidak ada yang dapat dilakukan oleh sensor internet China untuk mengganggu mereka.

Daripada perangkat lunak, tantangan utamanya adalah distribusi. Google Play Store dibatasi di China, dan di tempatnya Cina memiliki lanskap yang terfragmentasi yang terdiri dari lebih dari selusin toko aplikasi pihak ketiga Android . Itu menjelaskan mengapa Google telah membuat kesepakatan dengan mitra-mitra seperti Xiaomi dan Huawei, yang mengoperasikan toko aplikasi mereka sendiri yang – terinstal di perangkat mereka – dapat membantu Google menjangkau konsumen.

ARCore
Demo teknologi ARCore milik Google

Strategi ARCore untuk China, meskipun halus, adalah bagian dari dorongan berkelanjutan untuk meningkatkan kehadiran Google di China. Sementara itu tidak berarti menghidupkan kembali Google Play Store – meskipun banyak spekulasi di media – Google telah menggenjot produksinya di area lain.

Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan telah menjalin kemitraan dengan Tencent, setuju untuk berinvestasi dalam angka startup yang berbasis di China – termasuk biotech-focused XtalPi dan layanan live-streaming Chushou – dan mengumumkan laboratorium AI di Beijing . Selain itu, Google memperoleh kehadiran teknologi besar di Taiwan melalui selesainya pengambilalihan sebagian dari HTC, dan membuka kehadiran di Shenzhen kota Cina yang dikenal sebagai ‘Silicon Valley of hardware.’

Akhirnya, juga menjadi tuan rumah program ‘Demo Day’ yang pertama untuk startups di Asia dengan acara yang direncanakan untuk Shanghai, China, September mendatang. Aplikasi untuk ambil bagian dalam startup telah dibuka minggu lalu.

Komentar Anda