Warga Kaltim Akhirnya Gigit Jari, Jokowi Batalkan Proyek Kereta Api Borneo

0
15
kereta api borneo
Proyek kereta api Borneo yang diresmikan jokowi tahun 2015 akhirnya dibatalkan

Berita7.id – Masyarakat Kalimantan Timur, khususnya di Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur, harus gigit jari. Keinginan menikmati sarana transportasi masal kereta api tinggal jadi mimpi. Presiden Joko Widodo membatalkan proyek tersebut sebagai proyek strategi nasional (PSN).

Proyek Kereta Api Borneo itu termasuk satu di antara 14 proyek yang tercoret dari daftar PSN. Adapun total 14 proyek yang dicoret itu, semestinya menelan dana Rp246 triliun.

“Dari hitung-hitungan itu, di kuartal I 2018 ini, didrop 14 proyek, nilainya Rp264 triliun,” ujar Menteri Koordinator Pereknomian, Darmin Nasution.

Alasan pemerintah mengeluarkan 14 proyek dari daftar PSN karena seluruh proyek tersebut memang belum bisa direalisasikan.

Tanda-tanda Kereta Api Borneo tercoret dari PSN sudah muncul sejak Februari lalu. Saat itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kereta Api Borneo termasuk salah satu yang masuk daftar dievaluasi dan bakal dicoret dari PSN.

“Kami evaluasi kereta api di Kalimantan. Itu karena swasta minta jaminan. Padahal, ketentuan tidak ada jaminan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (21/2).

Komentar Anda