Posisi tidur ibu hamil di 3 bulan terakhir kehamilan – 400 kata

0
13

Posisi tidur ibu hamil di 3 bulan terakhir kehamilan
Posisi tidur ibu hamil di 3 bulan terakhir kehamilan sangat penting bagi ibu dan bayi. Posisi tidur di sisi kanan bolehkah dilakukan? Mari kita cari tahu jawabannya melalui artikel di bawah ini.
Kapan wanita hamil boleh berbaring di sisi kanan saat tidur?
Berbaring di sisi kanan adalah rutinitas tidur ibu sehari-hari, jadi ibu bisa tidur dalam posisi ini sampai pertengahan kehamilan. Selama 3 bulan pertama, ketika janin belum berkembang banyak, dampak pada tubuh ibu bisa diabaikan, ibu bisa berbaring telentang, asalkan tidak berbaring di perut atau tengkurap.
Selama trimester ketiga, saat janin berkembang, disertai dengan peningkatan ukuran plasenta, ibu bisa berpindah posisi tidur ke posisi kiri atau kanan. Tapi yang terbaik bagi ibu hamil di trimester terakhir adalah berbaring di sisi kirinya karena ini adalah posisi terbaik untuk janin.
Dalam 3 bulan terakhir kehamilan, jika ibu hamil sering tidur di sisi kanan, janin akan dua kali lebih mungkin meninggal daripada ibu berbaring ke kiri. Alasannya adalah bahwa selama tahap ini, rahim biasanya cenderung ke kanan. Jika posisi tidur ibu berada di sisi kanannya, janin mengalami tekanan yang besar karena terjepit, janinnya sulit bergerak dan berangsur-angsur menuju ke kematian.
Hal ini telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 450 wanita, dimana 155 bayi lahir mati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil di sisi kiri memiliki tingkat kehamilan sekitar 1,96%. Jumlah ini meningkat menjadi 3,93% untuk wanita di sisi kanan dan lebih tinggi saat ibu tidur dalam posisi terlentang.
Di sisi lain, para ilmuwan dari University of Auckland, Selandia Baru juga menemukan bahwa ibu yang tidur di sisi kanannya, aliran darah melalui pembuluh darah besar berkurang, secara langsung mempengaruhi suplai darah ke rahim.. Ini juga salah satu alasan terjadinya keterbelakangan, gawat janin, gawat janin, kelahiran mati, dll.
Catatan untuk membantu ibu tidur nyenyak
* Saat berbaring telentang, pinggul ibu masih tertekan dari perut. Agar lebih nyaman, ibu bisa letakkan bantal kecil di belakang punggung Anda. Hal ini juga akan mengurangi nyeri punggung, nyeri pinggul, nyeri pelvis saat hamil.
* Selain itu, pada akhir kehamilan, saat tidur, kaki harus tinggi dengan menambahkan bantal untuk membantu sirkulasi darah dari jantung ke arah yang lebih nyaman, sekaligus mengatasi fenomena bengkak kaki saat hamil.
* Selain itu, bantal bisa diletakkan di antara kaki untuk meringankan tekanan pada persendian lutut dan meningkatkan aliran darah ke kaki lebih cepat.
* Hal lain yang perlu diingat adalah ketika ibu hamil tidur, ibu tidak boleh berbaring di tempat tidur yang keras, dengan pakaian yang sempit atau kelebihan berat badan. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat tidur dan sering lelah setelah bangun tidur.
* Saat ini, ada beberapa bantal untuk wanita hamil, ibu bisa menggunakannya untuk membantu tidur nyenyak.
Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Posisi tidur ibu hamil di 3 bulan terakhir kehamilan. Semoga dengan informasi diatas ibu dapat tidur dengan nyenyak dan memiliki kehamilan yang sehat.

Komentar Anda