Latihan Yoga Terbaik Untuk 3 Bulan Pertama Kehamilan

0
19
Latihan Yoga Terbaik Untuk 3 Bulan Pertama Kehamilan

Bagaimana cara melakukan yoga untuk wanita hamil dalam 3 bulan pertama kehamilan? Yoga adalah cara yang bagus untuk membantu wanita hamil memiliki tubuh yang kencang, mendapatkan banyak asupan oksigen dalam tubuh, meminimalkan stres dan mencegah gejala umum selama kehamilan seperti edema dan morning sickness. Selama kehamilan, wanita hamil bisa melakukan latihan yoga yang berbeda untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Latihan yoga terbaik untuk 3 bulan pertama kehamilan

1. manfaat yoga dalam 3 bulan pertama kehamilan

Yoga adalah latihan yang dapat dilakukan semua orang dan merupakan satu dari sedikit olahraga yang dapat dilakukan ibu hamil, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Yoga terdiri dari latihan lembut terutama dengan latihan pernafasan yang dikombinasikan dengan gerakan otot dan persendian pada tubuh untuk membantu tubuh yang lebih kuat dan nyaman. Bagi wanita hamil, yoga membantu ibu memiliki tubuh kencang dengan gerakan ringan dan lembut, karena persendian dan otot dalam latihan ini akan diregangkan sehingga dapat membuat punggung, bahu dan tulang belakang ibu hamil lebih kuat. Membantu ibu hamil untuk mengedarkan darah, mengurangi kemungkinan gejala kehamilan dan membantu ibu mempersiapkan diri lebih baik untuk kelahiran yang akan datang. Pada saat yang sama, Yoga juga merupakan cara untuk membantu ibu hamil menenangkan pikiran, melupakan kekhawatiran dan kesedihan kerja dan mengurangi stres dalam hidup.

2. Latihan yoga untuk wanita hamil dalam 3 bulan pertama hamil

Berikut adalah beberapa latihan Yoga untuk wanita hamil dalam 3 bulan pertama yang direkomendasikan para ahli Yoga :

Latihan # 1: Duduklah di alas latihan, dengan kedua tangan di lantai, telapak menghadap lantai dan ditempatkan secara horizontal pada pinggul. Kaki terbuka, telapak kaki ke depan, lakukan latihan 20 kali terus menerus. Ini membantu otot kaki untuk rileks dan mencegah pembengkakan pada kehamilan.

Latihan # 2: Berbaring telentang. Letakan bantal lembut, di bawah punggung bawah jika ibu merasa kesulitan. Seimbangan kaki Anda dengan tangan Anda, pegang kaki Anda sekuat mungkin. Latihan ini juga sangat bermanfaat bagi kaki ibu hamil.

Latihan # 3: Berdiri tegak, lutut ditekuk, kaki terbentang lebar selebar bahu, dengan kedua tangan di paha bagian atas atau berlutut di atas karpet, lengan melebar sebahu. Kemudian, buat tubuh melengkung. Tarik napas dalam-dalam. Ulangi latihan ini 4 kali.

Latihan # 4: Berdiri di lantai, condongkan tubuh ke depan. Tekuk lutut dan tahan. Tarik nafas dan keluarkan perlahan. Ulangi 4 gerakan pad setiap kaki.

Latihan # 5: tangan diletakan di pinggang, berlutut dengan lembut sehingga leher, punggung, dan paha lurus. Pelan-pelan turun. Tarik napas saat menurunkan badan dan hembuskan saat mengangkat tubuh. Ulangi latiohan ini 4 kali.

Latihan #6: Berbaringlah di satu sisi, kaki bagian bawah dilipat, telapak tangan melebar lebar dan ke atas. Bernapaslah dalam (tahan selama 3 detik), angkat kaki bagian atas, badan bagian atas dan lengan bawah. Buang napas (selama 3 detik), kaki, badan dan lengan bawah diangkat. Ayun-ayunkan dan ulangi 4-6 kali pada masing-masing sisinya.

3. Hal yang harus diperhatikan saat yoga untuk wanita hamil dalam 3 bulan pertama hamil

Wanita hamil dalam 3 bulan pertama akan memiliki banyak batasan dalam latihan karena masing-masing tubuh berbeda. Karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda dan perhatikan hal berikut:

  • Untuk tiga bulan pertama kehamilan harus melakukan gerakan dengan pelan dan lembut. Jangan terlalu kasar, saat meletakkan lutut di atas panggul, karena akan sangat mempengaruhi posisi janin, lakukan latihan yang tepat dan ikuti instruksinya dari pelatih.
  • Latihan pada kehamilan trimester pertama tidak memerlukan banyak waktu, latihan ini harus dipraktekkan selama 15-30 menit dan setelah berlatih, ibu harus berjalan kaki untuk merilekskan tubuh dan tidak langsung makan setelah latihan.
  • Selama trimester pertama kehamilan, ibu sebaiknya tidak melakukan latihan sendiri di rumah, untuk menghindari konsekuensi berbahaya yang bisa terjadi pada ibu hamil, ibu harus mengikuti kelas Yoga untuk melakukan latihan yang dirancang khusus untuk wanita hamil dan mendapatkan bantuan dari instruktur.
  • Selama berolahraga, jika Anda merasa lelah, stres, atau lebih serius mengalami pendarahan, segera berhenti berolahraga dan informasikan kepada instruktur sehingga Anda bisa mengubah latihan dengan lebih tepat.
  • Jika ibu memiliki gejala seperti tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah, kelahiran prematur, kehamilan, ancaman keguguran, pusing, mual, ibu sama sekali tidak boleh berlatih yoga, istirahatlah dan lakukan pernapasan dan relaksasi untuk memiliki pikiran yang rileks.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang latihan yoga terbaik untuk 3 bulan pertama kehamilan, semoga dengan adanya tips ibu hamil ini, ibu menjadi lebih sehat dan tetap dapat melakukan olahraga dengan aman tanpa membayakan janin.

Komentar Anda